Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
679


Di artikel sebelumnya, kamu sudah membaca lima doa berkat yang bisa setiap orangtua minta ke Tuhan. Nah, di artikel ini kamu juga bisa berdoa untuk lima area ini untuk anak-anakku.

Sampaikanlah doa-doa ini dengan harapan bahwa Tuhan sudah mendengar keinginanmu dan akan mengerjakan bagian-Nya dalam kehidupan anak-anakmu.

6. Tuhan, aku berdoa supaya anakku mendengar suaraMu

“Domba-domba-Ku mendengarkan suara-Ku dan Aku mengenal mereka dan mereka mengikut Aku, dan Aku memberikan hidup yang kekal kepada mereka dan mereka pasti tidak akan binasa sampai selama-lamanya dan seorangpun tidak akan merebut mereka dari tangan-Ku.” (Yohanes 10: 27-28)

Di masa ini, ada begitu banyak suara-suara yang membuat telinga kita gak lagi bisa mendengar suara Tuha. Salah satunya adalah media sosial yang jadi perhatian utama semua orang dari usia muda sampai tua. Karena itulah, orangtua perlu berdoa supaya anak-anaknya peka kepada suara Tuhan. Berdoalah supaya saat mereka mendengar suara itu mereka segera meresponinya dengan tindakan.


Baca Juga: Doa Adalah Berkat, Berkati Anak-anakmu Dengan 10 Ayat Alkitab Ini (Part 1)


7. Tuhan, aku berdoa supaya anak-anakku membuat pilihan yang bijak saat berada dalam tekanan

“Jika engkau makan atau jika engkau minum, atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.” (1 Korintus 10: 31)

Tantangan terbesar yang dihadapi anak-anak kita saat ini adalah tindakan kekerasan. HHal ini bisa mereka alami baik secara mental, psikis dan juga fisik. Karena itulah sangat penting untuk meminta pertolongan dari Tuhan supaya saat anak menghadapi perlakuan yang tak enak baik dari orang terdekat maupun teman-teman sebayanya, anak bisa meresponi dengan tepat. Hal yang paling penting adalah bagaimana anak bisa menghadapinya dengan berani. Bagaimana dia bisa membela diri dengan cara yang benar dan mengambil pilihan yang tepat.

Ada banyak anak korban kekerasan memilih bunuh diri karena merasa gak tahan diperlakukan dengan tidak baik oleh teman sebaya. Dan pilihan ini nyata terjadi kepada beberapa anak. Akibatnya, mereka memilih solusi yang salah yaitu dengan bunuh diri.

Tentu saja semua orangtua gak mau hal serupa terjadi kepada anaknya. Karena itulah, berdoalah supaya anak selalu mengambil keputusan dengan bijak bahkan di tengah tekanan.

8. Tuhan, aku berdoa supaya pikiran anakku tidak disusupi dengan hal-hal yang jahat

“Jagalah hatimu dengan segala kewaspadaan, karena dari situlah terpancar kehidupan.” (Amsal 4: 23)

Sebagai orang Kristen, saat berdoa kita pasti akan selalu mendoakan perlindungan atas orang-orang yang kita cintai. Sebagai orangtua, kamu pastinya gak akan bisa berada bersama anak sepanjang 24 jam. Dia harus ke sekolah dan orangtua harus bekerja. Karena itulah penting untuk orangtua menyerahkan sepenuhnya keamanan dan perlindungan anak kepada Tuhan.

Persiapkanlah anak untuk siap hidup di dunia nyata dan percayalah kalau Tuhan akan melindungi mereka dari kuasa si jahat yang berusaha menyerang hati, pikiran dan tindakan mereka.

9. Tuhan, aku berdoa supaya anakku dipenuhi oleh belas kasihan

“Hendaklah kamu saling mengasihi sebagai saudara dan saling mendahului dalam memberi hormat.”(Roma 12: 10)

Kadang orangtua begitu naif. Mereka berpikir kalau sudah mengajarkan anak tentang kasih maka mereka gak akan bertindak egois lagi. Tapi satu-satunya hal yang bisa mengubah hati manusia adalah Tuhan sendiri.

Karena itu, percayakanlah Tuhan untuk menjamah hati anak-anakmu dengan kasih-Nya yang lemah lembut. Sehingga anak bukan hanya mengasihi karena mereka memang diajarkan untuk mengasihi orang lain. Tapi anak menyadari kalau mereka memang harus melakukannya karena mereka sudah lebih dulu dikasihi dengan kasih yang gak terbatas oleh Tuhan.

10. Tuhan, aku berdoa supaya anakku mengasihimu dengan segenap hati, jiwa dan pikirannya

“Kasihilah Tuhan, Allahmu, dengan segenap hatimu dan dengan segenap jiwamu dan dengan segenap akal budimu.” (Matius 22: 37)

Inilah tantangan bagi kebanyakan dari kita, termasuk anak-anak kita. Karena itu mintalah Tuhan untuk membantu anak-anak kita supaya mengasihi Tuhan dengan segenap hati, pikiran dan jiwanya.

Bagaimanapun, ada banyak harapan yang ditaruhkan orangtua kepada setiap anak-anaknya. Dan untuk melihat anak tumbuh dalam pemeliharaan dan pimpinan Tuhan mulailah berdoa dan memberkatinya kapanpun dan dimanapun dia berada. Percayakan Tuhan untuk sepenuhnya memegang kendali atas hidupnya. Selain itu, orangtua juga perlu jadi teladan bagi anak sehingga mereka bisa lebih mudah mengenal pribadi Tuhan melalui kehidupan orangtuanya. Tanpa teladan yang benat, mustahil anak akan jadi pribadi yang mengasihi Tuhan.

Sumber : Biblestudytools.com | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Itin N 21 February 2020 - 02:41:08

Cara berhenti dari kecanduan judi

0 Answer

Tommy Suherman 17 February 2020 - 08:40:37

Siapa menegur orang akan kemudian lebih disayangi .. more..

0 Answer

Bbyfox fox 15 February 2020 - 22:48:11

Arti kata logos

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (2)


7264

Banner Mitra Februari 2020 (2)