Buat Kamu Yang Ingin Bahagia, Yuk Bermurah Hati Kepada Sekelilingmu

Buat Kamu Yang Ingin Bahagia, Yuk Bermurah Hati Kepada Sekelilingmu

Puji Astuti Official Writer
2531

Tahukah kamu bahwa menurut penelitian, kemurahan hati meningkatkan kebahagian dan meningkatkan kualitas hubungan dengan sesama? Ya, kebaikan yang kamu bagikan tidak hanya berdampak bagi orang lain yang menerimanya,  tapi juga berdampak positif kepada dirimu sendiri.

Selain itu, kemurahan hati adalah salah satu karakter Allah yang wajib kita miliki, seperti yang tertulis dalam 6:36 ini:Hendaklah kamu murah hati, sama seperti Bapamu adalah murah hati.

Kemurahan hati mendekatkan kita pada orang lain

Menurut Jason Marsh dan Jill Suttie dari Greater Good Science Center, “Ketika kita memberi kepada orang lain, kita tidak hanya membuat mereka merasa dekat dengan kita; kita juga merasa dekat dengan mereka.”

Hal ini karena saat kita bermurah hati dan peduli hal itu mendorong kita melihat orang lain daari sisi positif serta membuat kita terhubung dengan komunitas atau masyarakat.

Baca juga : 

Menabur Dalam Kemurahan Hati, Menuai Ucapan Syukur

Menyebarkan Benih Kemurahan Hati

Kemurahan hati membuat kita merasa lebih baik terhadap diri sendiri

Yang ini penting nih, bermurah hati kepada orang lain akan meningkatkan kepercayaan diri kita dan juga menghancurkan rasa benci kepada diri sendiri. Dengan memfokuskan kepada memberi daripada pada menerima, kita menciptakan orientasi keluar kepada orag lain, dan tidak terfokus kepada diri sendiri

Dengan meningkatnya kepedulian ini, kita membangun keseimbangan yang sehat tentang kepedulian pada diri sendiri dan sensitifitas kepada kebutuhan orang lain.

Selain itu kemurahan hati juga akan mengalihkan suara kritikan yang sering kita ucapkan pada diri sendiri di pikiran kita dan menggantinya dengan kata-kata positif. Ketika kita melihat kebahagian orang lain yang menerima kemurahan hati kita, maka suara di pikiran kita atau nurani kita tidak bisa mengkritik kita.

Bagaimana kita menerapkan kemurahan hati? 

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Ikuti Kami