Naomii Simbolon

Official Writer
828


Setiap orangtua, pastilah mendambakan anak-anaknya bertumbuh dengan baik, pintar, dan mandiri dalam segala hal.

Saat ini, kebanyakan orangtua akan rela melakukan apa saja demi memenuhi kebutuhan si anak, apalagi di era digital dan globalisasi sekarang ini yang menuntut semuanya serba cepat.

Orang tua yang biasanya menuruti keinginan anaknya demi membahagiakan mereka tidaklah baik, karena hal ini bisa menumbuhkan sifat manja dan kurang mandiir. Nah, sebagai orangtua kita perlu untuk berhati-hati dalam mendidik anak dalam setiap perkembangannya lho,  karena setiap didikan yang kita lakukan sedari diri sangat berpengaruh besar bagi kehidupan mereka di masa depan.

Nah, teruntuk ibu, ini nih beberapa kebiasaan yang bisa kamu lakukan untuk ditiru oleh anakmu tersayang :

1. Bangun dari tempat tidur, setiap pagi.

Ketika kamu bangun pagi, ajaklah mereka bangun bersamamu. Hal pertama, ajarkan mereka turun dari tempat tidur dengan kaki kanan. Itu penting buat mereka melangkah dan bisa terus teratur.

2. Praktikkan kebiasaan bagi mereka untuk minum air yang banyak.

Selain bagus bagi kulit, minum air yang banyak akan membuat mereka terhindar dari dehidrasi dan membantu perkembangan otak mereka sehingga jauh dari penyakit-penyakit.

Ajaklah mereka untuk mengenali warna pipis mereka. Kalau pipisnya berwarna kuning, itu artinya mereka kurang minum. Jika penting, berikan mereka petunjuk untuk mengenal warna-warna pipis agar mereka tahu kapan harus minum air banyak dan kenapa harus meminum air banyak.

3. Mulailah setiap hari dengan membaca Firman Allah.

Setelah beranjak dari tempat tidur, kemudian minum air putih, cuci wajah dan sikat gigi, maka saatnya untuk membaca firman Allah sebelum melakukan aktivitas lainnya.

Ajaklah anakmu untuk membaca Firman Allah bersama atau jika mereka belum bisa membaca, setidaknya bacakanlah untuk mereka dan ceritakan kepada mereka.

4. Setelah itu, berdoalah bersama

Doa adalah nafas orang percaya. Biarkan anakmu mengetahui hal ini dan memahami artinya. Ajaklah mereka untuk berdoa bersama, baik itu sebelum memulai aktivitas, ketika makan, bahkan ketika mereka bertemu orang yang sakit hingga sebelum tidur.

Ajarlah mereka memahami bahwa tidak ada yang paling kuat di dunia ini kecuali Tuhan, dan biarkanlah mereka bersandar kepada Tuhan lewat doa dan membaca Firman.

BACA JUGA : Tidak Harta Berjibun, Tapi Inilah Yang Anak Inginkan Dari Orangtua di Tahun 2020 Ini!

6. Ajarlah mereka untuk berdiri tegak.

Sebenarnya ini adalah hal yang sangat simple dan cukup sederhana, sehingga banyak orangtua yang menganggap remeh dan tidak terlalu mempraktikkannya.

Padahal, berdiri tegas dan duduk tegak itu adalah sebuah cara untuk memberitahu kepada mereka kepercayaan diri dan membuat penampilan mereka lebih baik.

Bayangkan saja kalau berdiri dan nunduk? Duh, nggak banget kan Mom!

7. Olahraga

Mungkin beberapa dari kamu akan berpikir, "untuk apa mengajarkan olahraga kepada anak masih kecil?"

Olahraga yang saya maksud bukan pergi ke gym saja lho, tapi bisa jalan cepat, lari sore, jalan kaki dan lain sebagainya.

Olahraga itu gunanya untuk sehat, biarkan anakmu mengetahui itu. Bukan untuk cantik ya, tapi untuk sehat.

Ajak mereka olahraga ringan sejak kecil, supaya di masa depannya mereka rajin olahraga dan tubuh mereka tetap sehat dan lincah.

8. Cara berhemat dan menabung

Nah, kegagalan orangtua adalah tidak mengajarkan kepada anak cara berhemat dan menghargai uang sejak kecil. Sehingga ketika mereka dewasa dan mulai bekerja, mereka menjadi cinta uang atau berfoya-foya menghabiskan uang.

Beritahulah kepada mereka, bahwa uang harus bisa dikuasai dan dimanfaatkan dengan baik. Bukan untuk kesenangan belaka tapi untuk hari depan, kebutuhan dan juga memberkati orang lain.

Ajar mereka menabung ketika mereka mendapat uang. 20 persen untuk belanja dan memberi kepada orang kemudian 80 persen untuk ditabung.

Percaya deh, jika kamu berhasil mengajar mereka menghargai uang maka di masa depan mereka akan bisa menghargai apa yang ada pada mereka.

Mendidik anak bukanlah perihal yang mudah, tapi bagaimana pun kamu harus terus berjuang ya. Andalkan Tuhan dan terus doakan mereka.

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7241

Banner Mitra Juli 1-2