Puji Astuti

Official Writer
1827


Iran saat ini  sedang bergejolak,di tengah tekanan dari Amerika dan negara-negara sekelilingnya, dan juga adanya gejolak karena ketidakpuasan masyarakat dengan pemerintahan saat ini yang berujung beberapa demo ricuh.

Namun tahukah kita bahwa negara Iran ini adalah salah satu negara penting yang dicatat dalam Alkitab?

1#  Persia, nama kuno negara Iran

Nama Persia adalah sebuah negara yang ditakuti dan sangat luas wilayahnya pada ribuan tahun lalu, ini adalah cikal bakal dari negara Iran. Kata “Iran” sediri pertama kali ditemukan dalam sebuah teks kuno yang menggunakan Bahasa Iran kuno yang digunakan diwilayah utara Iran, yang sekarang menjadi negara Turmenistan dan Tajikistan.

Selain Iran dan Persia, nama lain yang identik dengan wilayah ini adalah Media, atau Media Persia.

2#  Kehidupan Nabi Yahudi yang terkait dengan negara Persia

Benang merah hubungan sejaran antara Iran dan Israel sudah terjalin beberapa ribu tahun lalu. Perang adalah salah satu aktivitas yang membuat kedua negara ini bertemu, dan kebanyakan adalah bagaimana Persia menaklukan Israel dan membawa barang rampasan dan membawa tawanan ke negaranya kembali.

Karena hal ini, ada beberapa nabi dan tokoh Alkitab yang tidak asing dengan kita yang  merupakan sosok berpengaruh di masa Iran kuno, atau masa kerajaan Persia berkuasa. Beberapa nama  tokoh Alkitab tersebut adalah Daniel, Sadrakh, Mesakh , Abednego, Yeremia, Nehemia, Ezra, Mordekhai dan Ester.

3#  Orang Iran hadir pada hari Pantekosta

Di Perjanjian Baru, tepatnya di Kisah Para Rasul 2:9 dituliskan bahwa , “kita orang Partia, Media, Elam, penduduk Mesopotamia.” Dengan demikian, pada masa itu diperkirakan mereka adalah orang Yahudi asal Persia atau Iran, atau sebaliknya, mereka adalah orang-orang yang percaya kepada Tuhan berkebangsaan Iran yang datang ke Yerusalem.

4#  Nubuatan atas Iran, pertempuran Gog dan Magog

Apa yang ditulis oleh Nabi Yehezkiel dalam Yehezkiel 38 dipercaya sebagai nuatan akan terjadinya perang antara aliansi negeri Persia, akan melakukan serangan terhadap Israel. Namun perang dengan aliansi besar itu akan dihancurkan oleh campur tangan Allah dalam menyelamatkan Israel.

Dalam kitab Wahyu 20, juga dituliskan tentang Gog dan Magog setelah masa seribu tahun dimana Gog dan Magog bersekutu dengan Setan. Apakah ini berkaitan dengan Iran, hal ini masih belum bisa diartikan.

Lalu, bagaimana dengan perkembangan ketegangan yang terjadi di Iran dan Timur Tengah kali ini? Kita hanya bisa kembali kepada Alkitab dan berdoa agar kedaulatan Tuhan yang jadi.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7237

Kanan Agustus