Naomii Simbolon

Official Writer
775


Di jaman sekarang ini, ada banyak orang yang menyangsikan keberadaan sahabat sejati. Apakah kamu salah satunya?

Mereka bilang kalau sahabat sejati itu hampir mustahil ditemukan. Bahkan, banyak dari mereka yang mempercayai bahwa hubungan persahabatan yang baik dan membangun dan tak lekang oleh waktu itu hanya ada di dalam buku cerita dan film belaka.

Nyatanya, tidak juga. Kamu bisa kok mematahkan pemikiran itu dengan memulai menjadi sahabat yang baik.

Karena bagaimana pun, sebagai orang Kristen kita harus menjadi berkat tanpa menungu orang lain memulainya dahulu kan?

Tapi, sebelum kamu menjadi sahabat yang baik, kamu harus mengerti dulu beberapa hal dibawah ini :

1. Sahabat yang sejati dan baik itu akan membantu orang lain beroleh sukacita di dalam Tuhan.

Persahabat yang benar itu harus selalu memperdalam sukacita kita.

Misalnya, film favorit memang seru jika ditonton sendirian, tapi ketika ada sahabat, film itu jauh lebih seru untuk di tonton. Penuh sukacita dan ramai.

Sama seperti sukacita yang lainnya, sukacita  di dalam Tuhan pun akan menjadi penuh ketika kita membagikannya dengan orang lain. Sahabat Kristen yang baik itu adalah sahabat yang membantu kita dan membantu orang lain menikmati Tuhan dengan menikmati bersama.

2. Sahabat Kristen yang sejati itu adalah membuka atau mengungkapan dosa yang ada di dalam diri kita yang menjauhkan kita dari Allah.

Amsal 27:6 berkata,"Seorang kawan memukul dengan maksud baik, tetapi seorang lawan mencium secara berlimpah-limpah"

Dosa adalah penipu, dia sangat menipu kita. Dia membuat kita kehilangan pemahaman akan kebenaran dan membuat kita menjadi bodoh. Itulah sebabnya kita membutuhkan seorang teman atau sahabat.

Kita membutukhkan mereka untuk memberitahu dan menunjukkan dosa kita dengan penuh kasih. Kita membutuhkan sahabat untuk berbicara jujur mengenai dosa kita dan kebodohan kita.

Matius 18:15, "Apabila saudaramu berbuat dosa, tegorlah dia di bawah empat mata. Jika ia mendengarkan nasihatmu engkau telah mendapatnya kembali."

Seorang sahabat sejati juga harus memiliki belas kasihan yang lembut dan memberitahukan kita kebenaran mengenai diri kita sendiri bahkan ketika kita nggak pengen mendengarnya.

Efesus 4:15, "Tetapi dengan teguh berpegang kepada kebenaran di dalam kasih kita bertumbuh di dalam segala hal ke arah Dia, Kristus, yang adalah Kepala."

BACA JUGA : Meski Tidak Mudah, Tapi Beginilah Cara Tuhan Mengubahmu Jadi Lebih Baik. Ketahuilah!

3. Sahabat sejati akan mendorong sahabatnya untuk menaati Tuhan.

Jadi, kalau kamu punya sahabat yang 'katamu' sahabat namun dia mengajakmu untuk jatuh ke dalam dosa dan menghiburmu dengan cara yang salah, maka dia bukanlah sahabat yang baik.

Sahabat yang baik itu adalah orang yang membantu dan mendorong kita untuk taat kepada Tuhan. Jika kamu ingin disebut sebagai sahabat yang sejati di dalam Kristen, maka lakukanlah itu.

Sahabat sejati tidak mengintimidasi, melainkan memberikan pujian dan inspirasi dan mengajak bertumbuh dan mempermuliakan Tuhan lewat hidup.

4. Sahabat sejati akan membawa kita lebih dekat kepada Tuhan ditengah kelemahan kita.

Lukas 5:18-19 berkata, "Lalu datanglah beberapa orang mengusung seorang lumpuh di atas tempat tidur; mereka berusaha membawa dia masuk dan meletakkannya di hadapan Yesus. Karena mereka tidak dapat membawanya masuk berhubung dengan banyaknya orang di situ, naiklah mereka ke atap rumah, lalu membongkar atap itu, dan menurunkan orang itu dengan tempat tidurnya ke tengah-tengah orang banyak tepat di depan Yesus."

Berjalan melalui kehidupan di dunia yang kerap meremehkan Tuhan ini sering sekali membuat daging kita penuh dosa, dan sulit sekali untuk bangkit darinya.

Ketika kita sendiri, kita penuh dengan intimidasi dan mulai mempercayai kebohongan si Setan.

Seperti orang lumpuh, kita membutuhkan bantuan orang percaya untuk membawa kita kepada Tuhan.

Yap, itulah gunanya sahabat. Mendengarkan sahabat ketika mengakui dosanya yang tersembunyi dan membasuhkan dengan kebenaran bahwa Kristus sudah menghapus dosanya dan menjadikannya utuh.

Sahabat sejati dalam Kristen itu adalah sahabat yang membawa saudarinya kepada Allah di dalam doa, dan meminta Allah melakukan hal yang bersa di dalam hidupnya.                                                                    

Jadi, itulah yang harus kamu pahami. Bahwa jika kamu ingin mendapatkan sahabat yang sejati, maka jadilah sahabat yang sejati dulu dengan mengerti dan meniru 4 cara di atas. Ayo terus jadi berkat di masa mudamu ya!

Sumber : Jawabancom


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Bestina 123 1 April 2020 - 06:38:40

Apa arti Tuhan mengindahkan Elkana dan Hana

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:45:14

Cara bebas utang kartu kredit

0 Answer

Sriyanna 31 March 2020 - 23:44:30

Cara bebas utang

0 Answer


Dans Beem 23 March 2020 - 22:36:34
Dsni saya memohon agar abang saya di doain, untuk ... more..

Nining Bella 23 March 2020 - 01:52:16
shallom saudara seiman,..saat ini keluargaku terli... more..

Edward Harjono 17 March 2020 - 22:54:24
Dukung doa anak saya Evan spy komitment dalam renc... more..

adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Banner Mitra Maret Week 3


7269

Banner Mitra Maret Week 3