Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
759


Jangankan hubungan pernikahan, hubungan pacaran saja bisa bosan lho.

Saya ingat kisah seorang teman yang memutuskan untuk putus dengan kekasihnya setelah berpacaran 3 tahun karena alasan bosan dan tidak cinta lagi.

Menurut kamu wajar nggak sih kalau dalam hubungan baik itu berpacaran apalagi yang sudah menikah selama bertahun-tahun memasuki masa "bosan dan tidak cinta lagi' ?

Entah karena suami atau isteri memiliki sikap yang tidak berubah selama bertahun-tahun, atau mungkin pasangan sibuk dengan anak dan menterlantarkan suami.

Nah, biar tahu apa yang harus dilakukan, dibawah ini ada beberapa tanda bahwa kamu dan dia sudah tidak saling cinta atau cinta kalian sudah memudar.

Yuk periksa dan segera sembuhkan

1. Kamu dan pasangan sibuk dengan urusan lain dan kurang tertarik menghabiskan waktu bersama.

Menurut Jane Greer, Ph.D, seorang terapis keluarga dan pernikahan dari American Psycholigical Associations, ketidakbahagiaan dalam pernikahan muncul ketika pasangan nggak memenuhi kebutuhan kamu hanya karena adanya sesuatu yang nggak diselesaikan dengan baik atau membuat kamu kecewa.

Nah, kalau hal ini dibiarkan terus menerus maka rasa cinta bisa berkurang seiring waktu. Dan kamu pun mulai ogahan untuk bertemu dia, menghabiskan waktu bersama dan lebih memilih bersama teman atau pun anak.

2. Mulai malas untuk melakukan hubungan intim sebagai suami.

Selain nggak mau menghabiskan waktu bersama lagi, tanda kamu dan pasangan sudah tak cinta lagi adalah keintiman berkurang atau jarang melakukan hubungan intim sebagai suami.

"Mulai dari berpelukan hingga bercinta, keintiman fisik adalah metode komunikasi yang kuat," kata Amica Graber, pakar hubungan untuk situs pengecekan latar belakang TruthFinder.

Meski komunikasi secara verbal itu perlu dalam hubungan pernikahan, komunikasi secara fisik juga sangat perlu lho.

BACA JUGA : Sulit, Tapi Tanpa Kelemahlembutan Maka Pernikahanmu Tak Akan Harmonis!

3. Pasangan sudah bukan orang yang spesial.

Ketika kamu merasa bahwa pasanganmu bukan lagi orang yang spesial atau istimewa, itu bisa menjadi pertanda bahwa kamu sudah mulai mengabaikan hubungan tersebut lho.

Pasangan yang saling jatuh cinta bakalan menghargai pasangannya dan menjadikan mereka istimewa dan juga spesial.  Kamu akan memasak enak buat dia, kamu akan mendahulukan dia dari pada yang lain dan kamu ingin selalu bersama dia dan memastikan dia aman.

4. Udah mulai males membahas soal masa depan kalian apalagi anak-anak

Mungkin, dulu kamu dan pasangan terbiasa membuat rencana liburan weekend yang menyenangkan atau bersemangat sekali membicarakan masa depan. Tapi, mama bisa melihat bahwa tanda pasangan nggak saling cinta lagi adalah ketika ia berhenti membicarakan hal-hal yang berkaitan dengan masa depan.

“Ketika pasangan Anda mulai hilang cintanya pada Anda, mereka mungkin mulai membuat rencana masa depan yang tidak melibatkan Anda. Jika Anda mencoba mendiskusikan masa depan dengannya, mereka mungkin akan terlihat tidak nyaman atau menghindari topik itu sama sekali,” ujar Kelli Tellier, seorang pakar kencan dan hubungan.

Jika kamu dan pasangan sudah tak saling cinta, maka perceraian tetaplah bukan jalan untuk menyelesaikannya. Karena sebagai pernikahan Kristen, tidak ada perceraian.

Segeralah menemukan akar permasalahan kalian. Jika karena luka, maka mulailah berkomunikasi dan saling mengampuni, jika karena ada orang yang lain maka mulailah bertobat dan jika karena pasangan bosan dengan sifatmu maka berubahlah dan jadi yang lebih baik. Salah satu akar kenapa pernikahan bisa bosan dan tak lagi cinta adalah karena pasangan tak berkeinginan untuk berubah dan egois. Berilah yang terbaik untuk pasanganmu seperti untuk Tuhan serta maulah untuk di proses.

 

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Elisebanadya Widyatomo 24 February 2020 - 18:38:13

Cara menemukan pacar yang seiman

0 Answer

Alfan Septian 24 February 2020 - 14:33:04

Rido menabung di bank pada 3 bulan dengan nominal .. more..

0 Answer

novinus tarigan 23 February 2020 - 18:56:55

Saya sering merasa kuatir akan masa depan dan terk.. more..

0 Answer


Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7261

Banner Mitra Februari 2020 (3)