Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
230


Bagi warga ibukota momen Tahun Baru malah jadi masa yang cukup sulit. Pasalnya, derasnya curah hujan sepanjang hari menimbulkan bajir di beberapa titik. Akibatnya, bukan hanya tak bisa merasakan meriahnya perayaan Tahun Baru. Tapi juga sebagian besar warga Jakarta yang tidak pulang kampung harus jadi korban banjir.

Bukan hanya dirugikan secara fisik, tapi banjir Jakarta juga menyebabkan para pekerja di beberapa bidang harus kehilangan mata pencahariannya. Hal ini dialami oleh para pekerja ojek online, baik pengendara mobil maupun motor.

Banjir pun menyebabkan penghasilan para pengemudi ojol ini turun drastis. Apalagi jika lokasi banjir berada di sekitar pangkalan tempat operasinya. Penurunan ini terjadi karena genangan air menyebabkan kendaraan mogok sehingga gak lagi bisa beroperasi. Dan untuk menghindari kondisi inilah, sebagian pengendara ojol terpaksa mematikan aplikasi pesanannya sampai banjir surut.

Sebagai pekerja yang penghasilannya bergantung pada aktivitas kerja, tentunya ini jadi masalah besar bagi sebagian pengemudi ojol. Karena itulah penting sekali untuk mengatasi permasalahan yang mereka hadapi saat motor mogok karena banjir.

Pertama, saat motor mati total. Jangan langsung panic sebaliknya dorong motor ke tempat yang lebih kering. Lalu periksa businya. Pengemudi mungkin perlu menunggu beberapa waktu lamanya sampai kondisi motor benar-benar kering dan bisa dihidupkan kembali.

Kedua, lakukan kick starter tanpa busi yang menancap pada motor. Lakukan beberapa kali lalu pasang kembali busi motor.

Ketiga, cek filter karburator. Bagi yang kurang mengerti cara untuk melakukannya, kamu hanya perlu membuka bagian saringan udara motor. Karena itu bawalah selalu kunci ganda di motor. Supaya lebih memudahkan untuk membongkarnya. Setelah terbuka, keringnya saringan air.

Keempat, cek knalpot motor. Air yang masuk dari bagian saluran pembuangan akan membuat motor mati tiba-tiba. Jadi, bawalah motor ke tempat yang kering lalu pasang standar tengah dan posisikan knalpot diposisi yang lebih rendah.

Kelima, setelah melakukan beberapa langkah di atas. Cobalah menghidupkan motor dan memanaskannya beberapa waktu. Gunakan kick starter atau starter manual untuk menyalakannya. Lalu tunggu sampai motor benar-benar panas dan mesin kering kembali.

Beberapa cara di atas memang butuh waktu yang gak cepat. Tapi jika kamu benar-benar gak bisa menghindari kondisi ini saat terjebak banjir, ini adalah cara terbaik yang bisa dilakukan untuk bisa mengoperasikan kembali motormu.

Jadi, bagi pengendara ojol tetap semangat, semoga banjir Jakarta bisa ditangani dengan segera sehingga gak merugikan lebih banyak pekerja.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Hendriawan Purnama 21 January 2020 - 22:30:41

Sodom

0 Answer

shierly halim 21 January 2020 - 10:16:15

contact us

0 Answer

Enda Napitupulu 19 January 2020 - 12:18:53

Bolehkan kita bekerja di lembaga syariah?

1 Answer


Ika Wiji 20 January 2020 - 17:14:09
Mohon bntuan doa dan dukungannya. Saat ini saya se... more..

King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Dianawaty 16 January 2020 - 15:05:05
apa yg harus ak lakukan hununganku dengan kakak yg... more..

sea_regardz 16 January 2020 - 10:12:26
Shalom bapak/ibu terkasih. Mohon sekali doa-doany... more..

Banner mitra januari 4


7265

Banner solusi talks