Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
593


Untuk menjalani pernikahan yang bahagia dan juga sejahtera,  maka sangat perlu untuk terus menjaga komunikasi dengan pasangan kita. Kebayang nggak sih bahwa setiap hari dalam satu rumah,kamu dan pasangan hanya bicara sekali dalam sehari,dan itupun kalau ada yang penting dibicarakan lho.
Kalau sebuah pernikahan memutuskan untuk melakukan demikian maka yang terjadi bahwa pernikahan akan berubah menjadi beku dan kaku, alhasil Iblis pun mulai masuk dan menyerah pernikahan kamu sehingga terjadilah kesalahpahamanan bahwa bisa sampai jatuh ke dalam dosa perselingkuhan dan berakhir kepada perceraian.

Jadi, sangat jelas bukan bahwa komunikasi merupakan komponen terpenting dalam sebuah kehidupan pernikahan yang sehat dan sejahtera.

Baik komunikasi secara verbal maupun non verbal, maka tetap saja bahwa kita memerluakan komunikasi untuk saling berbagi pikiran, emosi, dan ide satu ama lain sehingga kita bisa saling memhami pribadi satu sama lain dan semakin intim.

Tetapi ada juga beberapa orang yang sudah memahami bahwa komunikasi begitu penting dalam sebuah pernikahan, namun sayangnya mereka tidak bisa berkomunikasi dengan baik, secara positif.
Dikutip dari Marriage.com, dibawah ini ada beberapa cara bagaimana kita bisa berkomunikasi secara positif dalam menjalani hubungan pernikahan kita :
1. Saling mendorong atau mendukung satu sama lain

Kita harus sadari satu hal bahwa dalam pernikahan, kamu tidak berjalan sendirian namun kamu berjalan bersama-sama pasangan kamu. Ingat bahwa pasangan memiliki sebuah kebutuhan yang harus kamu berikan yaitu dukungan dan doronganmu.
So, untuk mendapatkan hubungan yang sehat, penting bagi kalian untuk saling mendorong daripada saling mengkritik terus menerus.
Tapi  untuk mendapatkan hubungan ini dengan komunikasi tetap positif dan baik, maka kita harus membiasakan diri untuk bersikap lembut mendengarkan satu sama lain dengan penuh perhatian dan memvalidasi satu sama lain.
Entah itu sedang memuji, menawarkan diri untuk membantunya atau sedang memberinya masukan maka kita perlu menjadi sosok yang lemah lembut agar tidak emosi.

2. Saling memahami bahasa tubuh masing-masing.

Memang sih, untuk membaca perasaan pasangan melalui bahasa tubuh itu nggak mudah. Kadang kala kita  nggak begitu peka, atau mungkin tidak begitu perduli.
Tetapi untuk mendapatkan hubungan yang baik dan sehat, kita  harus serius mempelajari kebiasaan-kebiasaan atau bahasa tubuh pasangan ketika dia sedang marah, ingin dipuji dan lain sebagainya.
Tau nggak sih, beberapa pernikahan penuh dengan salah paham hanya karena sang pasangan tidak peka dengan mood pasangannya.
Jadi dari sekarang, kita perlu memperhatikan dan belajar mengenai bahasa tubuh pasangan, bahkan nada bicara pasangan, supaya kita bisa semakin memahami satu sama lain dan bisa berespon dengan baik dalam komunikasi satu sama lain.
Nggak mungkinkan, kamu diam saja ketika melihat pasanganmu kelihatan lelah pulang dari kantor. Dalam hal ini, kamu harus peka dan mengajaknya bicara, menghiburnya bahkan sembari memijit badannya.
Sehingga terciptalah keharmonisan satu sama lain.

3. Tunjukin kepada pasanganmu bahwa dia sangat penting 

Dalam sebuah pernikahan, memang tidak selalu menjanjikan kebahagiaan selamanya. Dalam prosesnya, sering sekali ada banyak hal yang perlu diperbaiki. So, untuk menjalani kehidupan pernikahan yang sukses, kamu perlu mengevaluasi hal-hal ini dan memperhatikannya.
Kamu harus menunjukkan bahwa pasangan kamu itu penting, bahkan pendapat, perasaan  yang mereka miliki sangat penting bagi kamu. Pastikan ketika kamu dan pasangan bicara, lakukan kontak mata yang menunjukkan betapa kamu sangat menghargai perasaan dan pikiran mereka.
Perhatikan ketika dia sedang bicara, dan dengarkan dengan sedemikian rupa agar mereka tahu bahwa kamu perduli, memperhatikan dan mendengarkannya.
Kamu juga bisa menunjukkan bahwa dia sangat penting dengan meninggalkan apapun yang kamu sedang lakukan untuk fokus menunjukkan perhatian kepadanya.
Itulah 3 cara yang bisa kamu lakukan agar mampu berkomunikasi secara positif dengan pasangan kamu demi sebuah hubungan yang sehat, sejahtera, harmonis dan memberkati banyak orang. Terpujilah Tuhan yang memberikan kamu kekuatan dan damai sejahtera sehingga pada hari ini kamu pun tetap bersukacita dalam pernikahanmu.

Sumber : jawabancom


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

16. Rayhan Gardner 28 January 2020 - 10:09:46

Tokoh dalam buah roh

0 Answer

Alexander Edwardson 27 January 2020 - 08:33:26

Paus fransiskus kecam upah

0 Answer

wong jowo 26 January 2020 - 22:23:30

Peminjam tidak boleh...kepada orang lain

0 Answer


Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Ika Wiji 20 January 2020 - 17:14:09
Mohon bntuan doa dan dukungannya. Saat ini saya se... more..

King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

advertise with us


7268

advertise with us