Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
426


Seorang anak perempuan terlihat dekat sekali dengan ibunya. Setelah diperhatikan cukup lama, saya langsung membantin, "Kayaknya punya anak perempuan itu enak, yaa.."

Sebagian ibu milenial berpikir kalau asyiknya jadi ibu bagi anak perempuan adalah seperti punya seorang teman yang baru. Sebagai ibu, kita pengin jadi sahabat yang baik untuk anak perempuan kita kelak. Namun, itu hanya bisa terjadi kalau kita bisa menjadi figur seorang ibu, sekaligus jadi role model buat anak kita nantinya.

Buat para ibu, ini lho beberapa cara kita untuk menjalani peran sebagai ibu bagi anak perempuan.

1. Berikan peluang bagi anak untuk menjalani kehidupannya

Sebagai ibu, kita pasti pengin anak-anak perempuan kita ini tumbuh menjadi anak yang punya peran dalam lingkungan sekitarnya. Hal tersebut nggak akan terjadi kalau kita nggak membuka pintu peluang bagi anak-anaknya tersebut.

Amsal 22:6, "Didiklah orang muda menurut jalan yang patut baginya, maka pada masa tuanya pun ia tidak akan menyimpang dari pada jalan itu.”

Namun, ini nggak berarti kita harus memaksakan kehendak kita karena merasa sudah berpengalaman. Peluang itu bisa diciptakan dengan memberinya kesempatan untuk mengejar mimpi sesuai dengan keinginannya.

2. Tahu tempat dan waktu kapan menjadi ibu, kapan pula menjadi seorang sahabat

Seorang sahabat menaruh kasih setiap waktu, dan menjadi seorang saudara dalam kesukaran” (Amsal 17:17). Titus 2:4-5 menyatakan, “Dan dengan demikian mendidik perempuan-perempuan muda mengasihi suami dan anak-anaknya, hidup bijaksana dan suci, rajin mengatur rumah tangganya, baik hati dan taat kepada suaminya, agar Firman Allah jangan dihujat orang.”

Sebagai ibu untuk anak perempuan, kita harus punya dua peran ini. Di mana ibu bisa mendengarkan layaknya sahabat, tetapi juga mengasihi dan mengurus anak-anak dengan penuh cinta.

3. Menjadi seorang role model agar anak bisa kuat dan harus percaya diri

Kebanyakan ibu cenderung memanjakan anak perempuannya. Putri kita pengin membangun identitas, juga pengin bisa bersuara sendiri. Kita tahu kalau setiap anak itu unik dan berbeda. Sebagai ibu, kita bisa mengajarkan banyak hal yang bisa membuat karakternya terbangun secara positif.

Cobalah untuk menunjukkan nilai-nilai dan sikap mengenai bagaimana seharusnya wanita bersikap. Misalnya, kesetiaan, rasa hormat, integrasi, toleransi, bagaimana bisa percaya diri. Pelajaran-pelajaran ini tidak hanya didapat di sekolah, tapi justru kita juga punya peran penting untuk menanamkan nilai-nilai tersebut.

4. Jadilah seorang istri yang baik

Hubungan yang harmonis antara kita dan suami bisa menjadi gambaran buat hubungannya dengan pria di masa depan. Selain itu, mengacu dari ayat di atas, kita tahu kalau anak akan mencontoh kita sebagai ibu. Agar ia menjadi ibu yang baik kelak, kita harus bisa memberikan contoh yang baik juga pada anak.

Hubungan antara ibu dan anak perempuannya itu sangatlah unik. Bukan hanya karena kita telah mengandung anak itu selama sembilan bulan. Sebagai anak perempuan sendiri pun, kita tahu betul kalau sebagai anak, kita punya kedekatan dengan orang tua.

Misalnya, ketika kita punya masalah, tanpa perlu menjelaskannya pun, ibu kita selalu berusaha untuk menghibur dan tahu kalau kita sedang mengalami sebuah pergumulan.

Ibu juga adalah seorang sahabat yang baik. Apa pun yang terjadi pada kita sekarang ini, nggak terlepas dari sosok ibu yang selalu mau mendukung kita dalam segala hal. Ibu bisa menjadi pribadi pertama yang menjelaskan apa itu cinta. Jadi, yuk sama-sama kita menikmati peran sebagai ibu untuk putri kita. 

 

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

16. Rayhan Gardner 28 January 2020 - 10:09:46

Tokoh dalam buah roh

0 Answer

Alexander Edwardson 27 January 2020 - 08:33:26

Paus fransiskus kecam upah

0 Answer

wong jowo 26 January 2020 - 22:23:30

Peminjam tidak boleh...kepada orang lain

0 Answer


Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

[email protected] 22 January 2020 - 18:35:12
Saya sedang ada masalah financial, mohon bantu did... more..

Ika Wiji 20 January 2020 - 17:14:09
Mohon bntuan doa dan dukungannya. Saat ini saya se... more..

King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

advertise with us


7268

advertise with us