Inta

Official Writer
1188


Di Indonesia, kita punya berbagai suku dan adat istiadat. Hampir setiap suku punya adat istiadatnya masing-masing. Adat itu terkait dengan kehidupan kita sehari-hari di keluarga, hubungan masyarakat, atau lain sebagainya. Di beberapa daerah, ada masih dipertahankan, bahkan masih punya pengaruh yang kuat bagi masyarakatnya.

Kalau kamu sendiri, apa sih adat istiadat yang masih sering dilakukan? Kali ini, bersama dengan Fezz Montezuma, JC Channel akan membahas mengenai adat istiadat versus Firman Tuhan.

Contoh di Alkitab mengenai adat yang bertentangan dengan Firman Tuhan

Pastor Fezz yang merupakan associate pastor di GBI Gandaria City, menjelaskan kalau sebenarnya adat dibuat oleh manusia, agar kehidupan manusia menjadi lebih teratur atau ketertiban manusia pada sata itu.

Di dalam Kristen sendiri, peraturan dan adat itu saling punya keterikatan. Contohnya, di dalam Perjanjian Lama, kita bisa melihat banyak adat yang dilakukan oleh bangsa Israel. Namun, pada waktu itu yang mereka lakukan itu bertentangan dengan Firman Tuhan. Sebab, mereka banyak menyembah tuhan yang lain, bukanlah Allah yang benar.

Sejarah juga mengungkapkan ketika Musa memimpin bangsa Israel, bangsa Israel justru tetap melakukan adat-istiadat dari nenek moyang yang sebenarnya bertentangan dengan hukum Taurat.

Tidak hanya Perjanjian Lama, Perjanjian Baru pun mengisahkan cerita serupa. Misalnya ada pertentangan antara adat yang dilakukan oleh orang Farisi, yang merupakan ahli Taurat. Dari sini, kita tahu sendiri kalau Yesus sendiri mengkritisi apa yang mereka lakukan.

Orang Farisi dan ahli-ahli taurat melakukan adat istiadat mereka. Adat mereka sebenarnya sudah sesuai dengan hukum Taurat mereka, hanya saja mereka tidak menerapkan hukum itu sendiri. Jadi, kita bisa menemukan banyak kisah tentang manusia yang melakukan adat-istiadatnya, ada pula orang Yahudi yang melakukan adat, yang bertentangan dengan Injil dan Firman Tuhan.

Walau pun dari pernyataan Pastor Fezz di atas kita mengetahui ada banyak adat yang bertolak belakang dengan isi Firman Tuhan itu sendiri, ada beberapa suku yang masih mempertahankan hal tersebut.

Sebagai bagian dari masyarakat dan tahu akan kebenaran, ini sikap yang harus kita ambil

Pastor Fezz menjelaskan kalau ada tiga sikap yang bisa kita lakukan dalam menghadapi adat. Pertama, ada orang yang benar-benar menolak adat itu sendiri. Ada juga orang yang kompromi dengan adat, yang tetap mengikuti adat, walau pun ia sebenarnya tahu kalau adat itu bertentangan dengan firman Tuhan.

Sementara sikap terakhir, ada double standart. Artinya, orang ini ketika berada di gereja, ia benar-benar menolak adat yang bertentangan dengan firman Tuhan, tetapi ketika dia menjalani kehidupan sehari-hari, ia akan bertindak kompromi pada adat tersebut. Tiga hal yang terjadi secara umum di atas bisa dibilang itu tidak sehat.

Hal yang dilakukan orang Kristen terhadap adat

Sebaiknya, kita menghindari tiga hal di atas. Sebagai orang percaya, kita harus bisa menyaring adat itu, tetapi tidak menolak habis-habisan adat yang berlaku tersebut.

Prinsipnya ada 4:

1. Sesuai dengan Mazmur 150, dimana kita harus berfokus kepada Tuhan, yaitu memuji dan memuliakan Tuhan.

2 Jangan menyembah berhala

3 Menjaga kekudusan

4. Tetap mengasihi Tuhan dan juga sesama.

Hal-hal di atas harus kita lakukan agar kita layak untuk berada di hadapan Tuhan. Di dalam kita meresponi adat ini, kita harus tetap menjaga adat itu, bukan menolak habis-habisan adat yang berlaku.

Kita harus ingat bahwa jangan jadikan adat itu sebagai berhala buat kita. Artinya, jangan sampai adat itu membuat hidup kita tidak kudus. Kita harus menjaga poin nomor satu sampai tiga, sehingga kita bisa mengasihi Tuhan dan mengasihi sesa,.

1 Korintus 10:23, "Segala sesuatu diperbolehkan." Benar. tetapi bukan segala sesuatu berguna. "Segala sesuatu diperbolehkan" Benar. Tetapi bukan segala sesuatu membangun."

Dalam kita menyaring adat, maka standar yang harus kita miliki adalah firman Tuhan. Kita harus tahu kalau tidak semua adat itu bisa diterima. Nah buat kamu yang mau nonton video lengkapnya, yuk langsung klik gambar yang ada di atas..

 

Sumber : JC CHANNEL


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Kanan Agustus


7234

advertise with us