Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
1414


Belakangan ini, banyak banget berita yang ungkapkan kalau musim penghujan membuat ular berjenis kobra jadi mudah ditemukan di beberapa daerah. Misalnya di Depok, Jawa Barat. Bahkan, banyak warga yang diimbau untuk tidak menaruh sepatu di luar rumah, sebab sepatu bisa menjadi tempat ular bersembunyi.

Menurut salah seorang ahli, fenomena banyaknya ular kobra yang berkeliaran di lingkungan warga nggak terlepas dari musim telur ular ini.

Selain karena memang sedang musim menetas, ular juga mengalami kerusakan habitatnya. Hal ini yang menyebabkan ular tersebut pergi ke pemukiman warga sekitar. Kemungkinannya, kerusakan tersebut membuat ular-ular tersebut tidak bisa menemukan habitat aslinya.

Mengenai ular ini dikemukakan langsung oleh Panji Petulang, selaku orang yang memang menyukai ular, sekaligus banyak mengamati tentang ular. Panji menejelaskan kalau habitat asli kobra ini sebenarnya dekat dengan pemukiman warga, yang merupakan daerah persawahan. Hanya saja, sekarang ini, banyak sawah yang dijadikan rumah, tempat industri, atau jalanan yang berimbas pada habitat dari ular-ular tersebut.

Karena banyak orang yang mengungkapkan kalau banyak menemukan telur kobra atau malah anak kobra di sekitar rumahnya, maka banyak pula berita yang mengutarakan soal penangkal racun dari bisa ular ini. Berbagai informasi kesehatan di media sosial pun semakin marak. Mulai dari beberapa cara alternatif, sampai menggunakan bawang merah sebagai penangkal racunnya.

Belum terbukti secara medis

"Ambil bawang terus dikunyah lembut dan balurkan ke bagian yg luka. Alhasil 5 menit kemudian langsung kempes. Semoga bisa membantu tuk semua orang. Trimakasih," tulis satu pengguna Facebook pada Selasa (17/12/2019) dan sudah dibagikan lebih dari 400 kali.

Tulisan tersebut kemudian mendapatkan respon dari seorang dokter umum yang bernama Amalia. Dirinya sendiri menjelaskan kalau ini merupakan kali pertama dirinya mendengar bawang merah bisa dijadikan sebagai antivenom.

Menurutnya, hal ini bisa saja hanya sekedar kepercayaan masyarakat yang belum bisa dibuktikan secara medisnya.

"Kita harus banyak belajar, orang awam juga mungkin bisa baca-baca. Jangan sampai karena bawang, micin, dan lain-lain malah membuat kesempatan hidup pasien berkurang," ungkap dr Lia saat dihubungi detikcom, Rabu (18/12/2019).

"Hat-hati kalau kata saya mah. Lebih baik ke pusat kesehatan terdekat," pungkas wanita yang sebelumnya dua tahun mengabdi di daerah Boven Digoel, Papua, berkutat dengan berbagai jenis ular berbisa ini.

Nah, buat sekarang, mending kita mencari cara untuk mencegah agar ular kobra tidak masuk ke rumah kita.

Menaburkan garam tidak efektif

Sebagian orang percaya kalau garam bisa menjadi salah satu alternatif untuk mengusir ular dari rumah. Padahal, ular kobra itu tidak takut terhadap garam. Cara ini hanyalah sebuah mitos belaka.

Memberi pengharum pada ruangan dan rajin bersihkan rumah

Memberi pengharum pada tempat-tempat lembab juga bisa menjadi salah satu cara untuk mencegah ular kobra agar tidak berdiam di rumah. Kebanyakan ular akan menetap di bagian pojok pintu atau tempat lembab lain. Perlu diketahui kalau kobra tidak suka dengan wangi yang menyengat. Jadi, rajin-rajin menyemprotkan wewangian yang cukup menyengat bisa jadi alternatif, tuh.

Menggunakan kamper atau kapur barus

Kapur barus atau kamper punya bau yang cukup kuat. Caranya cukup mudah, yaitu cukup menggerus kapur atau kamper dan menyebarkannya di bagian-bagian rumah yang lembab, juga di pintu-pintu masuk rumah.

Lantas, bagaimana kalau ular sudah terlanjur masuk ke rumah?

Tetap tenang

Biasanya, ular secara alamiah akan menghindar dan pergi ketika bertemu dengan manusia. Hal ini bisa terjadi asalkan kita tidak panik. Sebab, ketika kita panik dan mengambil gerakan gegabah, ular akan mengira kita sebagai ancaman, dan ia tidak akan segan untuk menyerang kita.

Langsung semprotkan wewangian

Pengharum kamar mandi adalah satu wangi-wangian yang tidak disukai oleh ular karena baunya yang menyengat. Ketika melihat ular masuk, cobalah untuk langsung menyiramnya dengan wewangian ini untuk mengusirnya.

Hindari memegangnya dengan tangan kosong

Kalau kita bukan profesional, ada baiknya untuk menghindari memegang ular dengan tangan kosong. Pakailah kayu atau besi yang melengkung di bagian ujungnya ketika kita hendak menangkapnya.

Panggil bantuan

Kalau kita mendapati ularnya dalam jumlah banyak, maka kita bisa memanggil pemadam kebakaran untuk ikut membantu mengevakuasi ular-ular tersebut. 

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Hendriawan Purnama 21 January 2020 - 22:30:41

Sodom

0 Answer

shierly halim 21 January 2020 - 10:16:15

contact us

0 Answer

Enda Napitupulu 19 January 2020 - 12:18:53

Bolehkan kita bekerja di lembaga syariah?

1 Answer


Ika Wiji 20 January 2020 - 17:14:09
Mohon bntuan doa dan dukungannya. Saat ini saya se... more..

King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Dianawaty 16 January 2020 - 15:05:05
apa yg harus ak lakukan hununganku dengan kakak yg... more..

sea_regardz 16 January 2020 - 10:12:26
Shalom bapak/ibu terkasih. Mohon sekali doa-doany... more..

Banner mitra januari 4


7265

Banner solusi talks