#FaktaAlkitab – Seri Kisah Murid-murid Yesus dan Kematian Mereka, Rasul Andreas

#FaktaAlkitab – Seri Kisah Murid-murid Yesus dan Kematian Mereka, Rasul Andreas

Puji Astuti Official Writer
2411

Tahukah JCers kalau hampir semua rasul atau murid-murid Yesus tewas dengan mengenaskan. Walau demikian, para rasul malah merasa bahwa mengalami penganiayaan dan kematian yang mengerikan adalah sebuah kehormatan karena mereka bisa merasakan sebagian dari penderitaan yang Yesus alami.

Kali ini JC Channel akan membahas penderitaan yang dialami oleh murid-murid Yesus ini, mulai dari murid yang pertama, yaitu Andreas.

Andreas adalah saudara dari Simon Petrus, arti nama Andreas adalah jantan. Yang menarik, nama Andreas atau dalam Bahasa Inggris Andrew berasal dari Bahasa Yunani, bukan Bahasa Aram.

Salah satu fakta menarik lainnya adalah Andreas merupakan murid pertama Yesus. Namun sebelum jadi murid Yesus, Andreas adalah murid Yohanes Pembabtis. Sewaktu Yesus datang kepada Yohanes untuk dibabtis, Yohanes memperkenalkan siapa Yesus kepada murid-muridnya seperti yang ditulis dalam Yohanes 1:35-40 ini:

Pada keesokan harinya Yohanes berdiri di situ pula dengan dua orang muridnya.

Dan ketika ia melihat Yesus lewat, ia berkata: "Lihatlah Anak domba Allah!"

Kedua murid itu mendengar apa yang dikatakannya itu, lalu mereka pergi mengikut Yesus.

Tetapi Yesus menoleh ke belakang. Ia melihat, bahwa mereka mengikut Dia lalu berkata kepada mereka: "Apakah yang kamu cari?" Kata mereka kepada-Nya: "Rabi (artinya: Guru), di manakah Engkau tinggal?"

Ia berkata kepada mereka: "Marilah dan kamu akan melihatnya." Merekapun datang dan melihat di mana Ia tinggal, dan hari itu mereka tinggal bersama-sama dengan Dia; waktu itu kira-kira pukul empat.

Salah seorang dari keduanya yang mendengar perkataan Yohanes lalu mengikut Yesus adalah Andreas, saudara Simon Petrus.

Setelah Andreas mengikut Yesus, dia memperkenalkan Petrus kepada Tuhan Yesus (ayat 41-42).

Kota asal Andreas adalah Bethsaida, dekat danau Galilea, namun ia kemudian pindah ke Kapernaum untuk menjadi penjala ikan.

Seberapa dekat Andreas dengan Yesus?

Dalam Injil dan kisah Sinoptik, kedua belas rasul selalu ditulis secara berkelompok yang terdiri dari empat orang. Satu kelompok yang paling dekat dengan Yesus mencakup dua pasang saudara, yang pertama adalah Petrus dan Andreas yang adalah putra-putra Yunus dan kedua adlah Yakobus dan Yohanes, putra-putra Zebedeus.

Dengan demikian Andreas adalah salah satu dari empat murid yang paling dekat dengan Yesus Kristus. 

Sumber : JC CHANNEL

Ikuti Kami