Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
433


Belakangan ini, dunia hiburan di Korea Selatan memang sedang banyak disorot oleh media. Bukan hanya karena prestasi dan karyanya yang meroket sampai ke telinga dunia, tetapi juga berita duka yang melanda beberapa artis. Ada dua idoa yang memilih untuk mengakhiri hidupnya setelah berjuang dengan kondisi mental mereka. 

Banyak orang yang kemudian menjadikan hal ini sebagai sebuah pembelajaran kalau kesehatan mental seharusnya tidak dibiarkan begitu saja. Artis, meski kita melihat mereka seperti orang yang berada di atas awan karena sudah mendapatkan ketenaran, harta, juga bisa melakukan apa pun yang mereka suka, ternyata punya segudang masalah seperti juga kita. 

Penyanyi solo K-pop bernama Hyuna membagikan pengalaman mengenai perjalanannya bersama dengan kesehatan mentalnya. Dirinya pernah mengalami sinkop vasovagal, sebuah kondisi yang membuat penderitanya jadi mudah pingsan karena tubuh beraksi berlebihan jika terpacu sesuatu hal tertentu. 

Hyuna membagikan pengalamannya tersebut melalui media sosial Instagramnya. Mantan anggota girl group 4Minute itu menceritakan kalau dirinya mendapatkan diagnosa tersebut pada tahun 2016 lalu, dengan diagnosis depresi dan gangguan panik. Hyuna mengira kalau diagnosa inilah yang menjadikan dirinya jadi mudah sekali pingsan. 

Namun, setelah ia memeriksakan pada dokter mengenai kondisinya, ternyata gangguan panik bukanlah penyebab dirinya sering pingsan. Namun, kondisi yang bernama sinkop vasovagal inilah yang menjadikannya mudah sekali pingsan.

Penyakit itu, namanya sinkop vasovagal

Dikutip dari Alodokter, sinkop merupakan sebuah kondisi kehilangan kesadaran sementara yang berhubungan dengan kurangnya aliran darah ke otak. Jadi, sinkop sendiri merupakan istilah medis dari pingsan.

Sementara sinkop vasovagal merupakan salah satu dari lima jenis kondisi sinkop. Sinkop yang juga dikenal dengan nama sinkop kardio -neurogenik ini disebabkan oleh penurunan darah ke otak secara tiba-tiba. 

Misalnya, ketika kita berdiri, gravitasi akan menyebabkan darah mengendap di bagian bawah tubuh, tepatnya di bagian bawah diafragma. Ketika hal itu terjadi, jantung dan sistem saraf otonom bekerja untuk menjaga tekanan darah kita jadi lebih stabil. 

Biasanya, kondisi ini hanya membuat penderitanya pingsan dalam waktu yang cukup singkat. Ketika penderita terpacu akan sesuatu, tubuh jadi bereaksi berlebih akan hal itu. Contoh pemicunya adalah ketika tidak kuat melihat darah, atau memiliki tekanan emosional yang cenderung ekstrim. 

Gejala-gejalanya 

Meski kejadiannya cukup cepat, tapi orang yang mengalami pingsan karena singkop ini akan mengalami beberapa gejala di bawah ini. 

Terlihat pucat

Sakit kepala

Penglihatan buram

Mual

Badan hangat

Bidang penglihatan menyempit, yang terlihat biasanya hanya objek yang berada dalam jarak dekat

Faktor-faktor penyebabnya 

Selain karena ketakutan atau pemicu lainnya, beberapa faktir lain juga bisa menjadikan kita mengalami singkop ini. 

Berdiri terlalu lama

Terkena paparan panas dalam jangka waktu lama

Melihat darah

Setelah diambil darah

Melihat luka tubuh atau hal-hal mengerikan

Terlalu kencang saat mengejan

Setelah tahu pengertian, gejala, sekaligus penyebabnya, yuk kita jadi lebih awas terhadap kondisi kesehatan kita. Kalau memang dirasa kita jadi lebih sering pingsan, jangan ragu buat memeriksakannya ke dokter agar bisa ditindak segera, ya.. 


Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Elisebanadya Widyatomo 24 February 2020 - 18:38:13

Cara menemukan pacar yang seiman

1 Answer

Alfan Septian 24 February 2020 - 14:33:04

Rido menabung di bank pada 3 bulan dengan nominal .. more..

1 Answer

novinus tarigan 23 February 2020 - 18:56:55

Saya sering merasa kuatir akan masa depan dan terk.. more..

0 Answer


adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7263

Banner Mitra Februari 2020 (3)