Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
844


Kata adven berasal dari bahasa Latin artinya ‘datang’. Dalam artian dimana orang percaya bersiap untuk menantikan kedatangan Yesus ke dunia.

Di awal abad keempat Masehi, adven muncul sebagai tradisi dimana orang Kristen akan berpuasa selama minggu-minggu menjelang Natal dan diakhiri dengan perayaan kelahiran Yesus pada 25 Desember.

Bagi orang Kristen, perayaan adven sendiri ditandai dengan penyalaan lilin, mulai dari dua lilin ungu, lalu diikuti dengan liling ungu dan merah muda. Dan di minggu keempat lilin warna warni ini akan dinyalakan sekaligus.

Sayangnya, tradisi ini mulai mengalami pergeseran tata cara, khususnya di dalam gereja Protestan dan Karismatik. Pergeseran ini terjadi karena pandangan terkait tradisi kuno yang dimasukkan ke dalam gereja.

Ada 3 alasan kenapa orang Kristen rayakan adven.

1. Adven adalah persiapan menuju Natal

Adven adalah musim persiapan untuk menyambut kehadiran Yesus ke dunia. Biasanya orang Kristen akan merayakannya selama empat minggu sebelum Natal. Ada yang melakukannya dengan melakukan puasa, doa dan  pengakuan dosa.

Dan di minggu kelima, tepatnya menjelang tanggal 25 Desember orang Kristen akan mengakhiri masa adven dengan penyambutan kelahiran Yesus.

2. Adven menjadi gambaran gereja dalam menantikan Juruslamat

Selain sebagai masa penantian, adven juga dilambangkan sebagai kondisi dimana gereja sedang menantikan kedatangan sang juruslamat. Sama halnya seperti kondisi bangsa Israel di akhir Perjanjian Lama, ketika mereka dalam pengasingan dan penantian. Bangsa Israel pun kemudian merefleksikan kebaikan Tuhan di masa lalu dalam hidup mereka dimana mereka telah dipimpin keluar dari tanah Mesir dan dengan cara yang sama, bangsa Israel juga berseru meminta Allah untuk bertindak menyelamatkan mereka.

Hal inilah yang dilakukan gereja selama adven yaitu merefleksikan kembali kelahiran Yesus 2000 tahun yang lalu dan dengan penyalaan lilin dan mengumandangkan nyanyian ‘Datanglah Immanuel’.


Baca Juga: 3 Alasan Umat Kristen Rayakan Minggu Adven Menjelang Natal


3. Adven melatih disiplin rohani

Beberapa gereja merayakan adven dengan pembacaan liturgi setiap hari, sementara beberapa gereja lainnya merayakannya hanya dalam ibadah minggu saja. Tapi dengan cara apapun itu, adven bisa jadi momen dimana umat Tuhan diperlengkapi secara rohani melalui firman dan doa.

Sepanjang empat minggu, mereka yang merayakan adven akan mengkhususkan diri untuk berpuasa dan berdoa. Hal ini tentu saja baik untuk membangun sisi kerohanian seseorang. Sehingga saat perayaan Natal, mereka siap secara rohani untuk menantikan apa yang Tuhan akan lakukan dalam hidup mereka.

Untuk alasan apapun setiap gereja merayakan adven, mari melihatnya dari sisi positif. Dan tentunya momen ini akan membantu kita untuk lebih fokus kepada esensi Natal yang sebenarnya.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Teresia 18 January 2020 - 09:39:24

Shalom. Adakah rekomen rehabilitasi Kristen yg bag.. more..

0 Answer

chelynn amarissa 16 January 2020 - 20:14:52

Terjemahkan dalam bahasa indonesia

0 Answer

Desty Christian 16 January 2020 - 16:18:35

bebas hutang

0 Answer


King Wardi 16 January 2020 - 20:07:08
Saya mohon didoakan, agar saya mendapatkan pekerja... more..

Dianawaty 16 January 2020 - 15:05:05
apa yg harus ak lakukan hununganku dengan kakak yg... more..

sea_regardz 16 January 2020 - 10:12:26
Shalom bapak/ibu terkasih. Mohon sekali doa-doany... more..

Varris Sitio 7 January 2020 - 10:34:31
Syaloom, mungkin ini kedengaran seperti biasa namu... more..

Banner Mitra januari 3


7264

Banner Mitra januari 3