Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
248


Setelah sebelumnya kita membahas mengenai kejatuhan Israel yang dimulai dari masa pembuangan, kali ini, kita akan memulainya dengan kepulangan bangsa Israel dari Babel ke Yerusalem. Buat yang belum baca episode pertama, boleh langsung klik link di sini, yaa.

Nasib Israel setelah kembali dari pembuangan

Pada masa ini, pembangunan Bait Suci kedua telah selesai di bawah kepemimpinan empat nabi terakhir orang Yahudi, yaitu Ezra, Hagai, Zakharia, dan Maleakhi yang disetujui dan dibiayai oleh kekaisaran Persia.

Alkitab mencatat kalau setelah setelah kembali dari pembuangan di Babel di bawah pimpinan Zerubabel, pengaturan segera dilakukan untuk menata kembali Provinsi Yehuda yang ditinggalkan kosong setelah runtuhnya Kerajaan Yehuda tujuh puluh tahun sebelumnya.

Rombongan jemaat yang terdiri dari 42.360 orang yang telah menyelesaikan perjalanan yang panjang dan suram selama sekitar empat bulan dari tepi sungai Efat ke Yerusalem, bertugas untuk membangun tembok Yerusalem yang sudah roboh menjadi Bait Allah.

Konstruksi Bait Allah baru dimulai sejak tahun 535 SM. Pembangunannya selesai pada 12 Maret 515 SM. Seperti yang sudah dijelaskan dalam Kitab Ezra, pembangunan kembali Bait Allah disusun oleh Koresy yang Agung dan disahkan oleh Darius yang Agung.

Kitab Nehemia mengungkapkan kehidupan setelah bangsa Israel bebas dari Babel menuju tanah perjanjian di tanah Kanaan. Di bawah pimpinan Nehemia, bangsa Israel berhasil membangun kembali tata agama dan politik, juga membangun tembok yang mengelilingi Yerusalem sekaligus mengadakan upacara pembaruan perjanjian antara umat Israel dan Allah Israel.

Tidak sampai disitu, Raja Koresy yang Agung juga memberikan dana untuk membangun kembali Bait Suci di Yerusalem. Kepulangan sekaligus perbaikan ini dilaksanakan secara bertahap, saling terjalin dan juga terarah. Bait Suci yang berdiri ditengah-tengah kota Yerusalem dikelilingi oleh tembok kota Yerusalem.

Nabi Nehemia bertugas untuk membangun tembok Yerusalem. Sementara Nabi Ezra, Hagai, dan beberapa nabi, imam, dan ahli Taurat yang ikut dalam rombongan kedua yang pulang dari pembuangan, lebih banyak mengurusi pembangunan Bait Suci kedua.

Wahyu mengenai penguasa di dunia

Sekembalinya bangsa Israel ke tanah Kanaan atau Yerusalem, Daniel mendapatkan wahyu dari Tuhan mengenai masa depan kekaisaran di dunia.

 (2) Oleh sebab itu, aku akan memberitahukan kepadamu hal yang benar. Sesungguhnya, tiga raja lagi akan muncul di negeri Persia, dan yang keempat akan mendapat kekayaan yang lebih besar dari mereka semua, dan apabila ia telah menjadi kuat karena kekayaannya, ia akan berusaha sekuat-kuatnya untuk melawan kerajaan Yunani.

Penglihatan ini disebutkan terjadi pada Tahun ketiga Pemerintahan Koresh/cyrus the great raja Persia ( Daniel 10:1), disebutkan pada Daniel 11:2 bahwa “… 3 raja lagi akan muncul di negeri Persia”.

Dari sejarah kita mengetahui penerus pemerintahan Cyrus / Koresh adalah Cambyses anak dari Cyrus the great yang meninggal pada saat berusaha memadamkan pemberontakan,kemudian Bardiya dan yang ketiga adalah Darius I/Darius Hystaspes.

‘… yang keempat akan mendapat kekayaan yang lebih besar …..ia akan berusahan sekuat2 nya untuk melawan kerajaan Yunani’

Setelah Darius Hystaspes, Raja keempat setelah Cyrus/Koresh adalah Xerxes I/Xerxes The great.

Xerxes I berusaha untuk menguasai kerajaan Yunani. Sebenarnya, dia berhasil menang pada pertempuran terkenal yang bernama Battle of Thermopylae. 300 pejuang Spartan yang pemberani dipimpin oleh Raja Leonidas berhasil menahan serangan invasi dari pasukan Persia.

Sayangnya, mereka dikalahkan karena pengkhianatan yang dilakukan oleh Ephialtes yang menunjukkan jalan masuk alternatif ke tentara Xerxes. Xerxes akhirnya menerima kekalahan besar pada pertempuran Salamis pada tahun 480 SM, dan tentara Persia akhirnya kembali ke negaranya sendiri.

(3) Kemudian akan muncul seorang raja yang gagah perkasa, yang akan memerintah dengan kekuasaan yang besar dan akan berbuat sekehendaknya.

Seorang Raja yang gagah perkasa akan muncul, dimana raja perkasa itu tak lain adalah Alexander Agung, Raja kerajaan Yunani yang menginvasi kerajaan Persia. Dirinya membunuh Bessus/ Artaxerxes V Raja persia dan menguasai Persia pada tahun 330 SM.

Kerajaan Persia dipimpin oleh kurang lebih 9 Raja. Pada penglihatan ini kita lihat bahwa terjadi kekosongan nubuat yang cukup lama yakni dari tahun berakhirnya pemerintahan xerxes I sampai pada berakhirnya pemerintahan Artaxerxes V yakni dari tahun 465 SM sampai dengan 329 SM.

Penting buat diketahui kalau Alexander the Great merupakan seorang Yunani yang berumur 20 saat dirinya baru diangkat menjadi raja. Alexander the Great meninggal di usianya yang ke 32 tahun. Meski usianya tergolong singkat, tapi dirinya bisa menjadi raja yang agung karena ia berhasil melakukan ekspansi dan menguasai imperium yang besar, yaitu Persia, Media, Mesir, bahkan sampai India di antara tahun 336-323 SM (sesuai dengan nubuatan Kitab Daniel 8 dan 11).

Jadi, bisa dikatakan kalau akhirnya pada tahun 331 SM, Persia jatuh, sehingga membuat kekaisaran Yunani berhasil menguasai Israel. Pada tahun 320 SM, Yunani terpecah menjadi 4 kerajaan: Tolemayos (Suriah Selatan, Mesir, Israel), Seleukos (Suriah Utara, Mesopotamia), Lisimakhos (Asia Kecil/Turki), Kasanndros/Makedonia

Bagi orang Israel, inilah yang disebut sebagai masa The Silent Age, dimana masa berakhirnya masa Perjanjian Lama dan terjadi sebelum masa Perjanjian Baru, yaitu zaman Yesus Kristus. Jarak antara Perjanjian Lama ke Perjanjian Baru adalah 380 tahun.

Sejarah mengenai kejatuhan Israel ini akan dibagi menjadi 6 artikel, ya. Nantikan artikel selanjutny ayang membahas soal kependudukan Israel oleh Khalifah Umar, sekaligus dibangunnya Masjid Kubah Emas di Israel yang berujung pada Perang Salib.

Jangan sampai terlewat. Buat kamu yang mau nonton video lengkapnya, boleh juga langsung klik gambar di atas, ya J

 

Sumber : JC CHANNEL

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Nurul Huda 10 December 2019 - 07:38:17

Kepanjangan dari LAKPESDAMNU adalah …. *

0 Answer

Susi Salfia 9 December 2019 - 15:20:13

Jelaskan apakah orang yang sudah lahir baru ada ke.. more..

0 Answer

Chrisman_ Panjaitan 9 December 2019 - 10:14:37

Saya mohon dukung dia agar saya terlapas dari kesu.. more..

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra Desember week 2


7262

Banner Mitra Desember week 2