Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
205


Banyak dari kita yang percaya kalau tujuan merupakan salah satu api yang mengantarkan kita pada kesuksesan. Sebenarnya, nggak salah kok. Kalau menurut buku Atomic Habit yang ditulis oleh James Clear, ketika kita menetapkan tujuan, kebanyakan dari kita juga mengalami kegagalan.

Hasilnya, kita merasa kalau sebenarnya tujuan kita yang besar itu nggak benar-benar mempengaruhi kesuksesan kita. Tujuan merupakan hasil yang pengin kita capai, sementara sistem merupakan proses yang mengantarkan kita pada hasilnya tersebut.

Yuk kita simak beberapa contoh di bawah ini.

Pekerjaan kita sebagai seorang pelatih membuat kita menetapkan tujuan untuk memenangkan sebuah pertandingan. Kemudian, sistemnya akan berkaitan dengan orang-orang yang kita rekrut, bagaimana kita bisa mengelola praktek, dan lain sebagainya.

Atau ketika kita merupakan seorang wiraswasta, tujuan kita adalah untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya. Sistem yang harus kita bangun adalah dengan mencari tahu produk yang sedang baik dipasaran, mempekerjakan karyawan yang berpotensi, juga bagaimana menjual produk tersebut.

Ketika kita merupakan seorang musisi, tujuan kita adalah untuk menjadikan musik yang kita buat itu sampai ke telinga banyak orang. Maka sistemnya adalah dengan mengelola hambatan yang diterima, praktek dengan keras, juga bagaimana kita bisa mendengarkan instruktur kita.

Lantas apakah tujuan itu salah?

Tujuan atau goals itu nggak salah, hanya saja, banyak dari kita menetapkan sebuah tujuan tanpa membangun sistem yang baik. Kalau kita nggak punya perencanaan, gimana bisa kita mencapai kesuksesan dengan cara yang terukur?

Sementara ketika fokus pada sistemnya, kita pasti akan mengalami sedikit banyak perubahan. Contohnya, saat melatih sebuah tim basket dari kota A, kita fokus pada latihan, mengembangkan diri pada masing-masing individu dalam tim, dan lain sebagainya. Kita fokus pada latihan itu sendiri. Maka hal ini menjadikan tim kita semakin kuat setiap harinya.

James Clear dengan jelas mengatakan kalau kita pengin hasil yang lebih baik, cobalah untuk sedikit abaikan tujuan kita. Kita harus bisa fokus pada prosesnya. Tujuan itu baik untuk menetapkan jalan mana yang harus kita ambil.

Namun, sistem nggak kalah penting sebab bisa menjadikan kita terus bertumbuh setiap harinya. Ketika kita menghabiskan banyak waktu untuk mencapai tujuan, maka kita jadi nggak punya waktu untuk membuat sistem yang paling tepat untuk mencapai tujuan tersebut.

Di bawah ini merupakan masalah yang bisa ditimbulkan saat kita hanya memiliki tujuan tanpa sistem yang jelas.

1 Baik pemenang atau yang kalah punya tujuan yang sama

Kita pasti tahu kalau semua peserta yang mengikuti pertandingan pasti pengin memenangkan medalinya. Mau kita sukses atau tidak, kita semua pasti pengin punya kehidupan yang jauh lebih baik. Tujuan hidup seseorang bisa sama satu dengan yang lain.

Bedanya ada pada sistem yang mereka bangun. Kalau saja kita bisa berproses dengan lebih baik, misalnya latihan lebih banyak, belajar untuk meraih kesuksesan dan lain sebagainya, hasilnya juga pasti akan lebih berbeda.

2. Mencapai sebuah tujuan hanya mengubah hidup kita untuk satu waktu tertentu

Sekarang, coba bayangin kalau kamar kita sedang sangat berantakan. Tujuan kita adalah untuk membereskan kamar kita tersebut. Kalau kita punya energi buat beberes, ya kita bisa menyelesaikannya dalam satu waktu tertentu.

Namun, kalau kita tetap saja punya kebiasaan yang buruk dengan menaruh barang dimana saja, jarang menyapu kamar, dan kebiasaan buruk lainnya, maka tujuan untuk punya kamar bersih bisa jadi sebuah jadi hal yang mustahil.

Mendapatkan tujuan hanya mengubah hidup kita dalam satu waktu tertentu. Sementara mengerjakan sistem membuat kita terus menjadi lebih baik setiap harinya. Coba kalau kita membangun sebuah sistem yang baru, dimana kita menetapkan untuk tidak meletakkan barang di mana pun.

Hari ini, kita belajar untuk menaruh pakaian di tempat yang tepat. Esoknya, kita belajar untuk menyapu kamar setiap hari. Kalau diteruskan, maka kita akan punya kamar yang bersih setiap hari, sebab kita fokus pada sistemnya.

Fokus pada sistemnya

Ketika kita nggak bisa mencapai tujuan, maka bukan tujuannya yang harus diubah, melainkan sistem yang kita miliki. Coba fokus pada sistem yang kita miliki. Cukup mengubah satu kebiasaan, terus mencoba untuk menjadi lebih baik setiap harinya, maka tanpa sadar, kita sudah memperbaiki diri menjadi versi yang lebih baik. Jadi, kalau kita merasa diri ini nggak kunjung capai target, yuk coba luangkan waktu untuk kembali mengevaluasi sistem apa yang harus kita miliki. 

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erlan Atandima 14 December 2019 - 10:58:36

Ciri ciri lahir kemabali

0 Answer

Shanty Nurvita 13 December 2019 - 22:07:07

Tiga kali umur Airin di kurangi umur Amel lebih da.. more..

0 Answer

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7265

advertise with us