Naomii Simbolon

Official Writer
443


Ketiak merupakan area tubuh yang kebersihannya harus dijaga karena di dalam ketika itu ada kelenjar keringat yang cairannya membuat bau nggak sedap. Nah, maala ini bisa membuat kita nggak percaya diri.

Tetapi,  nggak hanya di situ, kondisi ketiak bisa memberikan tanda peringatan pada kita mengenai kesehatan lho. Jadi jangan dianggap sepele dan harus diperhatikan ya.

Apalagi kalau ketiak kamu sudah sampai berjerawat dan hitam. Buat perempuan, hal ini sangatlah risih, bisa mempengaruhi konsep diri alias gambar diri. Benar nggak?

Iya, soalnya rata-rata perempuan ingin mendambakan ketiak yang putih tanpa bulu, kalau kemudian berbulu, atau mungkin hitam dan berjerawat itu bisa tanda bahwa kamu alami beberapa penyakit lho.

Nih, dibawah ini beberapa kendali yang sering dialami ketiak dan masalahnya :

1. Adanya benjolan atau jerawat pada ketiak

Apakah ketiak kamu suka ada benjolan? Apakah benjolan di ketiak kamu menyerupai bisul kecil dan berwarna merah? Jika iya, maka benjolan kecil seperti itu terjadi karena adanya infeksi bakteri yang dipicu karena kebiasaan kamu yang suka mencukur dan mencabut bulu ketiak. Sedangkan jika benjolan tersebut bermata dan menyerupai jerawat maka bisa dipastikan bahwa benjolan tersebut adalah jerawat.

2. Ketiak menghitam dan sulit diputihkan meski sudah memakai produk pemutih ketiak

Meskipun mungkin sering dibersihkan, tapi kalau ketiak kamu tetap menghitam maka itu artinya ada masalah pada hormon kamu dan jangan langsung panik ya karena hal seperti ini normal kok. Tapi meski demikian, tetap perhatikan penggunaan anti perspirant kamu, takutnya nggak cocok denganmu sehingga menimbulkan perangsangan pada kulit ketiakmu. 

Untuk mengobatinya, coba deh mencari produk dengan kandungan yang sesuai dengan ketiak kamu dan tentunya rendah alkohol.

BACA JUGA : Dianggap Enteng, 4 Sifat Ini Bikin Kamu Gampang Terserang Penyakit Lho!

3. Ketiak gatal

Sensasi gatal di ketiak itu umum terjadi pada siapapun apalagi abis cukur kemudian bulu-bulunya mulai tumbuh kembali. Biasanya itu adalah tanda bahwa kulit mengalami iritasi karena luka pisau cukur atau bisa juga reaksi terhadap bahan kimia pada beberapa krim dan deodoran.

Tapi kalau gatal terus menerus disertai bintik merak dan sel-sel mati, itu artinya adanya pertumbuhan jamur pada daerah kulit. Sebaiknya pergilah ke dokter dan berkonsultasilah untuk mendapatkan perawatan.

4. Ketiak nyeri

Pernah nggak sih kamu mengalami sakit nyeri pada ketiak kamu? Nah, hal ini bisa terjadi karena kamu mengalami ketegangan secara fisik karna angkat bebas terlalu berat atau berolahraga terlalu berat selama rutinitasmu.

Jenis sakit seperti ini bisa hilang sendiri asal kamu istrahat kok. Kalau itu terus menerus menjadi masalah dan rasa sakitnya meningkat maka sebaiknya berkonsultasilah dengan dokter ya. Bisa jadi itu pertanda kelenjar getah bening atau lesi yang membengkak di daerah itu. Jadi, untuk memastikannya sebaiknya ke dokterlah.

Itulah 4 tanda yang harus kamu ketahui mengenai ketiak kamu. Jangan anggap remeh ya, cepatlah hindari kebiasaan jorok dan jika sudah tak nyaman, segeralah ke dokter.

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra April Week 3


7253

Banner Mitra April Week 2