Lori

Official Writer
636


Selama bertahun-tahun, orang Kristen merayakan Natal dengan beragam persiapan. Salah satunya adalah merayakan minggu advent.

Ini adalah masa dimana orang Kristen mempersiapkan diri untuk menyambut kelahiran Yesus sang Juruslamat dunia. Persiapan yang paling utama itu dimulai dengan membenahi kehidupan kita seperti hati, pikiran, hubungan, tindakan dan berbagai aspek hidup kita, termasuk pernikahan.

Advent bisa jadi momen dimana pasangan suami istri mengalami transformasi dalam pernikahannya. Saat pasangan merayakan advent dengan penuh kesungguhan hati, maka 5 transformasi ini bisa terjadi dengan cara yang ajaib.

1. Advent menawarkan rekonsiliasi

Waktu Yesus lahir ke dunia, dua hanya membawa satu tujuan yaitu untuk mendamaikan manusia dengan Tuhan. Dia gak memilih tinggal di surga. Sebaliknya, dia memutuskan untuk datang ke dunia. Dia hadir di dunia untuk membangun hubungan yang dekat dengan kita, manusia.

Rekonsiliasi juga berlaku dalam pernikahan. Dimana suami istri juga harus mendekatkan diri satu sama lain baik secara emosional maupun fisik. Saat ada masalah, berilah ucapan maaf dan saat hubungan tampak hambar, mulailah saling memberikan warna. Mari undang Tuhan untuk membawa damai dalam pernikahanmu.

2. Menumbuhkan cinta kasih

Karena begitu besar kasih Allah akan dunia ini, sehingga Dia mengaruniakan anak-Nya yang tunggal (Yohanes 3: 16) dan dia melakukannya sekalipun kita adalah pendosa (Roma 5: 8).

Kamu lebih tahu siapa dirimu lebih dari siapapun, termasuk pasanganmu. Menyadari ketidaksempurnaanmu akan membuatmu mau menerima pasanganmu. Advent adalah masa dimana kita harus menanggalkan segala keduniawian kita yang kuat dan mengundang Tuhan untuk meruntuhkannya. Setelah itu, bukalah hatimu untuk mengalami cinta kasih yang baru, baik untuk Tuhan maupun untuk pasangan.


Baca Juga: 3 Alasan Umat Kristen Rayakan Minggu Adven Menjelang Natal


3. Advent memampukan kita untuk hidup tanpa kedok

Kasih artinya mau terbuka. Inilah tipe kasih Yesus yang ditunjukkannya untuk kita. Waktu kita pengalami karunia-Nya, kita sepenuhnya hidup di dalam kebenaran. Hal ini akan membuat kita hidup tanpa kedok di balik dosa. Kita akan jauh lebih terbuka mengakui kesalahan kita dan perbuatan kita.

Saat suami istri mengasihi Tuhan, maka gak ada alasan bagi keduanya untuk menutupi kesalahannya. Dan hal inilah yang akan mampu memperkuat hubungan di dalam pernikahan.

4. Suami bisa belajar kerendahan hati

Saat seorang pria diubahkan karena Tuhan, maka dia akan mejadi sepenuhnya pribadi yang rendah hati. Kerendahan hati inilah yang akan dia tunjukkan kepada istrinya dan memperlakukannya sebagai satu tubuh.

Sama seperti Yesus, sekalipun Dia punya kuasa untuk memerintah tapi Dia memilih untuk menjadi hamba. Kerendahan hati Yesus jadi teladan terbaik yang bisa dihidupi oleh setiap suami. Dan di masa advent ini, para suami bisa meminta untuk dibentuk menjadi rendah hati seperti Yesus.

“Dan dalam keadaan sebagai manusia, Ia telah merendahkan diri-Nya dan taat sampai mati, bahkan sampai mati di kayu salib.”(Filipi 2: 8)

Setiap suami dipanggil untuk mengasihi istrinya sama seperti Yesus mengasihi gerejaNya. Jadi, gak ada alasan bagi suami untuk tidak mengasihi dan hidup dalam kerendahan hati.

5. Istri belajar tentang menghormati

Natal bisa membantu seorang istri untuk mengingat tentang penghormatan kepada suami. Sama halnya seperti Yesus tunduk kepada Bapa, bukan karena Dia lemah tapi karena seorang anak memang harus menghormati Bapa-nya.

“Hai isteri, tunduklah kepada suamimu seperti kepada Tuhan, karena suami adalah kepala isteri sama seperti Kristus adalah kepala jemaat. Dialah yang menyelamatkan tubuh.” (Efesus 5: 22-23)

Jadi, advent adalah momen dimana istri belajar tentang penghormatan dan hal itu bukan berarti karena istri lemah.

Jadi, kalau kamu benar-benar mau mengalami transformasi dalam pernikahanmu, inilah waktunya! Jangan sia-siakan masa advent ini. Mulailah melibatkan suami dalam berdoa maupun merenungkan kembali firman Tuhan.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7246

Banner Mitra Juli 1-2