Lori Mora

Official Writer
1026


Natal telah tiba. Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, sebulan menjelang Natal umat Kristen akan sibuk dengan beragam persiapan. Entah pernak-pernik Natal maupun persiapan perayaannya.

Sayangnya, perayaan Natal ini gak selalu berjalan dengan mulus. Ada saja beberapa hal yang dianggap salah oleh pihak tertentu terkait Natal. Dan setiap tahunnya dua hal ini pasti selalu muncul.

1. Larangan Atribut Natal

Pada tanggal 25 November 2019, sebuah mall di kota Malang menerbitkan surat edaran yang menghimbau supaya seluruh karyawannya tidak memakai atribut Natal.

Larangan ini dibuat dengan alasan untuk mencegah aksi sweeping dari kelompok tertentu. Karena dalam empat tahun belakangan, pihak mall mengaku belajar dari pengalaman karena pernah mendapat teguran dari kelompok tertentu.

Sayangnya, Wali Kota Malang Sutiaji membantah adanya sweeping terkait larangan penggunaan atribut Natal di kota tersebut. Dia berpendapat kalau kerukunan umat beragama di Kota Malang terpelihara dengan baik. Sehingga tak ada larangan terkait atribut menjelang perayaan Natal.

Jaringan Islam Antidiskriminasi (JIAD) Jawa Timur sendiri menyampaikan penolakan terkait tindakan pihak mall. Mereka menilai surat edaran tersebut hanya akan menciderai kehidupan beragama yang selama ini sudah tumbuh baik di Malang.

Namun mencatat beberapa pengalaman terkait penggunaan atribut Natal ini di tempat-tempat public, bukan hanya dari pihak mall Malang yang melakukannya. Tapi sejumlah kelompok keagamaan tertentu juga menyatakan sikapnya dengan tegas menolak jika perusahaan mewajibkan karyawannya mengenakan atribut Natal.

Di tahun sebelumnya, larangan ini bahkan ditetapkan secara resmi oleh MUI.

Pastinya kita menyayangkan jika penggunaan atribut Natal bahkan harus diurusi oleh pihak-pihak tertentu yang tidak merayakan Natal. Karena itu, jangan tersulut dengan masalah semacam ini. Mari tetap fokus pada perayaan Natal supaya hati siap dan dipenuhi sukacita sepanjang bulan menjelang Natal.


Baca Juga:

Pemerintah Bentuk Panitia Natal Nasional 2019, Berikut Lokasi, Tema dan Tanggalnya

Ini Pesan Natal PGI-KWI, Salah Satunya Meminta Umat Kristen Lakukan Hal Ini…


2. Ucapan Selamat Natal

Umat Kristen pasti menunggu untuk mendapatkan ucapan ‘Selamat Natal’ di bulan Desember ini.

Tapi sama halnya seperti di tahun-tahun sebelumnya, ternyata gak semua orang dengan senang hati mau mengucapkannya. Meskipun kita adalah negara dari beragam keyakinan, sebagian masyarakat Indonesia rupanya masih enggan untuk mau merayakan hari keagamaan saudara berbeda keyakinan dengan ucapan.

Bagi sebagian agama, mengucapkan Selamat Natal dianggap haram dan melanggar iman. Dan hal inilah yang membuat umat Kristen merasa harus berlapang dada untuk tidak menerima ucapan Selamat Natal dari saudara berbeda iman.

Tapi mengejutkannya, Wakil Presiden Ma’ruf Amin menyampaikan pendapatnya terkait ucapan ini sesuai dengan keyakinannya. Dengan tegas dia membebaskan siapapun yang mau mengucapkannya tanpa harus dijadikan sebagai fatwa yang wajib diikuti.

“Menurut saya tidak perlu ditajam-tajamkan. Kembali saja ke masing-masing mau mengucapkan silakan. Kalau tidak, tidak masalah. Enak gitu, dibikin enak saja lah,” katanya saat berada di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Kamis (28/11).

Sementara bagi umat Kristen sendiri, mendapat atau tidak mendapat ucapan Selamat Natal dari saudara berbeda sama sekali bukan masalah. Karena inti dari perayaan Natal adalah merayakan kelahiran juruslamat dunia. Dan jika Dia sendiri ternyata tidak diakui oleh keyakinan berbeda, itu adalah hak mereka sendiri.

Jadi, bagi semua orang Kristen mari tetap dewasa dalam menyikapi beragam polemik yang muncul menjelang Natal. Siapapun dan pihak manapun yang sengaja dan mencoba membesar-besarkan masalah yang tidak terlalu berarti seperti di atas, berusahalah untuk menanggapinya dengan bijak.


Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra Juni Week 1-2


7253

Banner Mitra Juni Week 1-2