Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
433


Agak pusing ya ketika ditanyain orangtua tentang kapan menikah. Apalagi bentar lagi tahun yang baru.

"Kapan menikah? Jangan lama-lama lagi. Kalian ini pacaran kalah sama cicilan mobil. Terlalu lama."

Belum lagi kalau orangtua sudah ngobrolin soal umur dan menakut-nakuti kita.

"Hey nak, jangan kelamaan nikah. Umur kamu sudah segini, lewat segini susah punya anak lho. Memang mau, mama sampai mati nggak nimang cucu dari kamu?"

Waduh, sungguh membingungkan. Kadang-kadang ya, urusanpacaran  itu tidak adil jika selalu ditagih menikah. Karena menikah itu tidak semudah yang dipikirkan, dan ada banyak hal yang perlu di pertimbangkan.

Tetapi meski demikian, di jaman sekarang ini ada banyak orang yang memutuskan menikah karena tidak ingin kehilangan kekasihnya, karena tidak ingin sendiri atau kesepian menjalani hari-harinya seperti di masa lalu, karena ingin memiliki superhero yang membantu keuangannya bahkan ada yang memutuskan menikah demi memiliki anak dan mendapatkan kebahagiaan.

Padahal menikahi orang lain itu tidak seindah yang kita bayangkan dan kita jalani dalam pernikahan kita.

Saya memiliki banyak teman yang memutuskan menikah karena kesepian. Mereka ingin kehidupan mereka diisi dengan orang dan mereka ingin menikmati kesenangan bersama pasangan mereka tersebut dan menyedihkannya, banyak diantara mereka yang hanya bahagia di 2-4 tahun pernikahan, dan selanjutnya mereka berjuang dalam kekacauan karena suaminya sudah tidak sama lagi, karena dia tidak merasa puas atas kehadiran suaminya bahkan beberapa memutuskan berselingkuh dari suaminya demi mendapatkan kesenangan dan mengisi kesepiannya.

Teruntuk kamu para single, jangan menikah dengan motivasi demikian ya. Sadarilah bahwa Tuhan tidak ingin kompromi dengan alasan begitu,. Penuhilah dirimu dengan kasihNya agar kamu mengalami kepenuhan di masa single ini.

BACA JUGA : Dear Single, Tujuan Menikah Bukan Untuk Bahagia Sebab Ia Tidak Ada Disana!

Nah, sementara si dia ingin mengajakmu menikah, atau kamu sedang PDKT dengan seseorang yang mengajakmu serius dalam membangun hubungan, maka tanyalah beberapa pertanyaan ini hati kamu ya :

1. Apakah kamu malah jauh dan melukai hati Allah dalam menjalani hubunganmu sekarang?

Coba lihat, apakah setelah berpacaran dengannya kamu malah jauh dari Tuhan? Apakah hubunganmu dengan Tuhan jauh lebih baik ketika kamu single? Jika iya, maka janganlah memutuskan menikah dengannya dulu. Break dan merenunglah. Lebih dekatlah dengan Allah dan kuduslah dalam hubunganmu.

2. Seberapa sering si dia membangun hubungan dengan hal-hal yang rohani?

Oh, kamu harus memperhatikan hal ini. Kamu harus tahu tentang seberapa sering si doi berdoa, membaca renungan, mempelajari Alkitab, dan menginjil. Jika dia tidak pernah melakukan, bagaimana dia akan memimpin kamu dalam pernikahan kelak. Ingat, merubah orang ketika menikah itu tidak mudah lho. Sifatnya saat ini, bisa lebih parah ketika sudah menikah.

3. Apakah hubungan kalian ini membantumu bertumbuh secara rohani

Nah, sama halnya seperti nomor satu, apakah kalian sama-sama bertumbuh atau justru setelah bersamanya kamu menjadi jatuh ke dalam dosa? Lupa berdoa? Jarang gereja?

Jika iya, evaluasilah kembali. Buat apa hubungan ini seperti ini diperjuangkan?

4. Jika dia tahu, hubungan kamu dengan Tuhan jauh karena hubungan kalian sekarang, lantas apakah dia mau mencintai Tuhan dan menjauh darimu untuk beberapa lama dan memastikan kamu berjalan bersama Tuhan karena berjalan bersama Tuhan itu penting?

Tidak banyak orang yang taat melakukan nomor 4 ini. Tetapi jujur, saya dan pasangan baru melakukannya. Kita berhenti berkomunikasi dan bertemu untuk waktu sebulan demi lebih dekat kepada Tuhan dan teman-teman, karena jujur selama berpacaran 3 tahun dengannya, ada banyak hal yang terhilang. Meski setiap hari membicarakan visi dan hati Tuhan namun tampaknya kita tidak memiliki hubungan yang dekat dengan Tuhan seperti di masa single dikarenakan kita sibuk dengan quality time dan kencan kita. Jadi, coba deh ngobrol ke pacarmu sebelum kalian benar-benar mantap menikah.

Dari pada salah menikahi orang, mending sakit sekarang kan? Karena pacaran bisa putus, sementara menikah tidak bisa bercerai. Ayuk lakukan sesuatu sebelum terlambat. 

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erlan Atandima 14 December 2019 - 10:58:36

Ciri ciri lahir kemabali

0 Answer

Shanty Nurvita 13 December 2019 - 22:07:07

Tiga kali umur Airin di kurangi umur Amel lebih da.. more..

0 Answer

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7265

Banner Mitra Desember week 2