Inta

Official Writer
950


Penelitian Cancer Research UK (CRUK) menjelaskan kalau tumor dapat menghasilan hormon yang menyebabkan cairan menumpuk di jari. Penyebab pastinya sendiri sampai saat ini masih belum jelas, tapi beberapa pertanda kanker bisa kita lihat melalui jari-jari tangan.

Ada sebuah tes yang cukup sederhana untuk mengetahui kita mengidap penyakit kanker paru-paru yang bisa kita lakukan sendiri, yaitu dengan melekatkan kuku jari telunjuk kanan dan kiri. Setelahnya, kita coba lihat apakah ada celaj yang dihasilkan di bagian kedua kuku yang ditempelkan tersebut.

Kalau kita bisa melihat celah kecil yang berbentuk berlian, itu bisa berarti kalau kita normal. Sementara kalau tidak ada celah, bisa jadi kita punya masalah kesehatan tertentu.

Detik Health menjelaskan kalau tes ini disebut sebagai Schamroth window test, diungkapkan oleh seorang perawat onkologi di Inggris.

"Kebanyakan orang dengan kanker paru-paru tidak tahu bahwa jari-jari mereka berdenyut kecuali mereka tahu secara khusus untuk mewaspadai hal itu. Tetapi Schamroth window test ini adalah cara yang sangat mudah untuk memeriksa kondisi potensial yang mendasarinya," ungkap Emma Norton, perawat onkologi di Inggris dikutip dari Huffington Post.

Apa itu kanker paru-paru?

Dikutip dari Alodokter, kanker paru-paru adalah kondisi ketika sel ganas (kanker) terbentuk di paru-paru. Kanker ini banyak dialami oleh perokok. Di Indonesia, kanker paru-paru merupakan salah stau dari tiga jenis kanker yang paling sering terjadi.

Meski demikian, perokok pasif tidak berarti terbebas dari kanker paru-paru. Asap dari perokok aktif yang terus-terusan terhisap oleh perokok pasif pun memperbesar kemungkinan kanker paru-paru ini. Selain itu, orang yang sering terkena paparan zat kimia di lingkungan kerja pun bisa menjadi salah satu penyebab kanker paru-paru.

Gejala kanker paru-paru

Biasanya, kanker paru-paru baru diketahui ketika tumor sudah cukup besar atau sudah menyebar ke jaringan sekitar. Selain mencoba hal di atas, kalau kita mengalami batuk kronis, batuk darah, penurunan berat badan yang drastis, sering nyeri dada dan tulang, juga sesak napas, maka kita harus segera memeriksakan diri ke dokter.

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer

Ning Ng 21 April 2020 - 01:06:59

Kesaksian mendapat anak

0 Answer


Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Stella sherly 13 April 2020 - 13:56:27
Salam sejahtera ... mohon dukungan doanya saudara2... more..

Banner Mitra April Week 3


7259

Banner Mitra April Week 2