Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
274


Entah apa yang terjadi kepada anak-anakmu, tampaknya dia selalu saja membuat kamu kesulitan. Mulai dari kelas 1 SMA hingga kuliah dan sampai detik ini, mungkin dia selalu saja membuatmu kesal dan malu.

Entah karena bolos kuliah sampai di panggil ke kampus, entah anak yang selalu melawan, diajak ke gereja nggak mau hingga anak yang memiliki pergaulan bebas dan memberontak ketika diingatin.

Saya mengerti bahwa salah satu kegagalan kita menjadi orangtua adalah ketika anak tidak bertumbuh dengan baik, melainkan bertumbuh begitu nakal dan merugikan banyak orang.

Dalam situasi ini, kerap sekali kita menjadi menyalahkan diri sendiri, merasa lelah mengurus anak, hingga membiarkan anak bebas sendirinya sampai kena batunya baru deh bertobat.

Tapi sebagai orangtua Kristen, tentu saja itu bukan pilihan yang harus kita komitmenin, setidaknya berdoalah bagi mereka. Atau, apakah kalian sudah berdoa, namun tak kunjung ada perubahan?

Ya, ingatlah bahwa doa bukanlah mantra maupun sihir yang dimana setelah kamu berdoa, anakmu berubah menjadi orang baik, berubah menjadi anak yang pintar, anak yang kuat dan sukses dalam satu minggu atau satu bulan.

Tidak selalu begitu, ketika hari ini doamu tak kunjung di jawab Tuhan mengenai anak-anakmu, teruslah berharap itulah yang Allah kehendaki, dan berdoalah terus dengan sungguh-sungguh.

1. Ketika berdoa, percayalah kepada Tuhan bukan persepsi kita sendiri.

Berdoalah dengan percaya penuh kepada Tuhan bahwa Dia memiliki rencana yang besar kepada anakmu, melebihi rencana yang kamu pikirkan, melebihi dari persepsi kamu ketika melihat anak orang yang lain mungkin bertumbuh dan melayani dan lain sebagainya.

Jangan menyalahkan dirimu karena kamu sedang dalam sebuah proses dan merasa bahwa kamu memang orangtua yang tidak pantas untuk membesarkan mereka. Percayalah kepada Tuhan bahwa Dia sangat mempercayaimu dan anak-anakmu berada dalam genggamanmu, Dia ingin memakaimu lebih sehingga anak-anakmu benar-benar bisa berubah.

Matius 6:30 mengatakan, "Jadi jika demikian Allah mendandani rumput di ladang, yang hari ini ada dan besok dibuang ke dalam api, tidakkah Ia akan terlebih lagi mendandani kamu, hai orang yang kurang percaya?"

Memang, apa lagi sih yang kamu ragukan dengan Tuhan? Tidakkah kamu sadar bahwa Tuhan begitu mengenalmu dan begitu mengasihimu?

Ibrani 2:24-25 berkata," Tetapi Yesus sendiri tidak mempercayakan diri-Nya kepada mereka, karena Ia mengenal mereka semua, dan karena tidak perlu seorangpun memberi kesaksian kepada-Nya tentang manusia, sebab Ia tahu apa yang ada di dalam hati manusia."

2.  Berdoalah untuk dirimu sendiri dan jadilah contoh bagi mereka.

Mengasuh anak adalah sebuah kehormatan dari pada Tuhan.  Bayangkan bahwa Tuhan mempercayaimu manusia untuk kamu didik dan bersama-sama bertumbuh menjadi manusia yang takut akan Allah.

Tetapi, jika itu tidak dimulai dari dirimu sendiri, maka anakmu tidak akan berubah dan tidak akan melakukan apapun. Jadi, berdoalah untuk dirimu sendiri, mintalah pengertian dari Tuhan dan taatlah kepada firmanNya. Tunjukkanlah kepada anak-anakmu bahwa memiliki hubungan dan hidup dalam takut akan Tuhan adalah sebuah kehormatan yang luar biasa.

Selain itu, berpikirlah positif. Jika anak-anakmu hidup dalam takut akan Tuhan maka kamu tidak akan diproses dan diberikan kerendahan hati ataupun kesungguhan berdoa bagi mereka kan? Betapa ajaibnya Tuhan kita. 

BACA JUGA : 3 Kalimat Yang Paling Dirindukan Dari Sang Ayah. Penting Banget Buat Pertumbuhannya Lho!

3. Teruslah bertanya, mencari dan mengetuk

Dalam situasi seperti inilah, imanmu sebagai orangtua sedang di uji. Apakah kita benar-benar berdoa dan mengasihi anak-anak kita sama seperti Yesus mengasihi kita orang berdosa atau tidak. Apakah kita benar-benar mengasihi mereka dengan segenap hati, jiwa, pikiran dan kekuatan kita dan menganggap mereka mutiara yang berharga sekalipun mereka sangat nakal dan menyakiti hatimu.

Ketahuilah bahwa dengan situasi seperti ini, Tuhan sedang melakukan hal yang besar, Dia ingin menunjukkan diriNya kepada anak-anakmu. Jadi tetaplah berdoa, bertanya, mencari dan mengetuk hati Tuhan. Ada misteri kedaulatan Tuhan yang tidak kamu tahu sehubungan dengan anak-anakmu. Percayalah atas itu!

"Sebab semua orang yang dipilih-Nya dari semula, mereka juga ditentukan-Nya dari semula untuk menjadi serupa dengan gambaran Anak-Nya, supaya Ia, Anak-Nya itu, menjadi yang sulung di antara banyak saudara. Dan mereka yang ditentukan-Nya dari semula, mereka itu juga dipanggil-Nya. Dan mereka yang dipanggil-Nya, mereka itu juga dibenarkan-Nya. Dan mereka yang dibenarkan-Nya, mereka itu juga dimuliakan-Nya." (Roma 8:29-30)

Jadi, teruntuk orangtua, jangan pernah lelah ya dan berdirilah teguh untuk anak-anakmu dan percayalah bahwa hidup mereka ada di tangan Tuhan Sang Pencipta langit dan bumi ini.

"Karena itu, saudara-saudaraku yang kekasih, berdirilah teguh, jangan goyah, dan giatlah selalu dalam pekerjaan Tuhan! Sebab kamu tahu, bahwa dalam persekutuan dengan Tuhan jerih payahmu tidak sia-sia." ( 1 Korintus 15:58)

Sumber : desiringgod


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erlan Atandima 14 December 2019 - 10:58:36

Ciri ciri lahir kemabali

0 Answer

Shanty Nurvita 13 December 2019 - 22:07:07

Tiga kali umur Airin di kurangi umur Amel lebih da.. more..

0 Answer

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7265

Banner Mitra Desember week 2