Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
297


Ketika kita mendengar kata mandul, apa yang langsung terbesit dalam pikiran? Nggak bisa dipungkiri kalau kehadiran seorang anak memang sangat dinantikan oleh sebagian besar pasangan yang menikah. Bahkan, ada yang berpendapat bahwa rumah tangga seolah belum lengkap tanpa kehadiran seorang anak.

Kondisi mandul dikaitkan kepada pasangan yang tidak bisa mendapatkan keturunan. Biasanya, mandul ini akan dikemukakan langsung oleh dokter setelah menjalani beberapa pemeriksaan. Untuk itu, bersama dengan JC Channel, yuk kita bahas mengenai kemandulan bersama dengan dokter di RSCM, dr. Mikhael Sinaga.

Ketika pasangan dinyatakan sehat, tetapi belum juga punya keturunan, apakah itu bisa disebut sebagai mandul?

"Anak itu kita percaya (sebagai) sebuah anugerah. Tuhan mempercayakan sebuah keturunan itu adalah hadiah dari Tuhan," terang dr. Mikhael. Untuk bisa mempunyai keturunan, sel telur itu harus dibuahi oleh sperma. Proses itu terjadi saat terjadi singkroninasi antara perempuan dan laki-laki.

Kalau ternyata dari fungsi anatomi, fungsi hormon, semuanya normal pada pria; jumlah spermanya normal atau tidak, apakah anatomis pada pria itu normal atau tidak, juga fungsu dan anatomi dari wanitanya itu normal atau tidak. Semua itu perlu pemeriksaan lebih lanjut. Memang ada beberapa kondisi yang seringkali memungkinkan tidak terjadi pembuahan itu tadi.

Ketika semuanya normal tetapi kita tetap tidak bisa memperoleh keturunan, maka hal yang harus kita lakukan adalah meminta kepada yang memberikan anugerah.

Hal kedua yang perlu kita perhatikan adalah dengan menambahkan kapasitas kita. "Tambahkan kapasitas kita, untuk layak menerima anugerah," terang dr. Mikhael. Ia menjelaskan, kalau memiliki anak bukan hanya sekedar melahirkannya, tetapi juga membesarkannya sesuai dengan Kerajaan Allah.

Firman Allah mengungkapkan agar kita meningkatkan kapasitas sebagai orang tua, sehingga kita nantinya menjadi ornag yang layak untuk menerima anugerah yang Tuhan beri.

Apakah mandul bisa sembuh?

Mengenai sembuh atau tidaknya, kita harus mengetahui penyebab mandul itu sendiri. Contoh, ternyata sel telur dari wanita tidak matang, sehingga tidak siap untuk dibuahi, maka kita bisa melakukan terapi hormonal. Contoh lainnya,  semisal anatomis dari rahimnya yang tidak cocok untuk mengalami pembuahan, maka kita bisa menggunakan bayi tabung.

Sementara kalau dari pihak pria, misalnya jumlah spermanya yang kurang, atau bisa juga bentuk dari spermanya tidak baik untuk membuahi, maka terapi hormonal juga bisa dilakukan. WHO mencatat bahwa kemandulan merupakan pasangan suami istri yang tidak berpisah, dalam kondisi bersama, yang sudah menikah selama 18 bulan, berencana punya anak, tetapi juga belum punya anak.

Belajar dari tokoh Alkitab seperti Rahel, Ribka, Sara dan istri Manoa, bisa memberikan pengharapan buat kita yang belum juga memperoleh anak sampai hari ini. Namun, rasa kesepian karena belum hadirnya seorang anak pasti akan tetap muncul.

Apakah mandul itu datang dari Tuhan?

"Saya percaya kalau apa pun yang terjadi dalam kehidupan itu, Tuhan campur tangan," ungkapnya. Dalam Roma 8:28, "Kita tahu sekarangm bahwa Allah turut bekerja dalam segala sesuatu untuk mendatangkan kebaikan bagi mereka yang mengasihi Dia, yaitu bagi mereka yang terpanggil sesuai dengan rencana Allah."

Kita tidak bisa menjamin kebahagiaan itu hanya datang dari keberadaan seorang anak. Bisa jadi, ketika kita belajar untuk menunggu, sabar, dan memiliki pengharapan, Tuhan justru memberikan seorang anak dalam waktu kurun waktu yang paling tepat. Tuhan pasti punya waktu yang paling tepat buat mendatangkan kebaikan buat kita.

Jadi, tugas kita adalah menunggu waktu Tuhan itu untuk datang, sekaligus melakukan setiap pilihan dan usaha yang bisa dilakukan.

Buat nonton video lengkapnya, yuk klik link yang ada di gambar.

Apakah kamu memiliki pergumulan dengan kehidupan rumah tanggamu atau masalah hidup lainnya dan rindu pertolongan Tuhan, yuk hubungi Sahabat24 sekarang juga di SMS/WA 081703005566 atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240 bisa juga email ke [email protected] atau lewat  Live Chat dengan KLIK DISINI.


 

Sumber : JC CHANNEL


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erlan Atandima 14 December 2019 - 10:58:36

Ciri ciri lahir kemabali

0 Answer

Shanty Nurvita 13 December 2019 - 22:07:07

Tiga kali umur Airin di kurangi umur Amel lebih da.. more..

0 Answer

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra Desember week 2


7265

Banner Mitra Desember week 2