Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
533


Jimat atau disebut juga dengan Azimat atau Tamimah adalah benda atau barang yang dipakai di bagian tubuh atau ditaruh di bagian rumah tertentu yang sudah dibubuhi dengan ilmu gaib tertentu. Biasanya benda ini diperlukan untuk tujuan penangkal sial, penolak bala maupun pelindung diri si pemilik.

Dalam kata lain, jimat adalah benda gaib yang dikenakan oleh seseorang untuk tujuan melindungi diri dari energi negatif, kejahatan, maupun juga membawa keberuntungan.

Beberapa jimat dikemas dalam bentuk gelang, kalung, salib, tulisan gantung atau kertas gulung dan batu-batu Kristal. Jimat dalam bentuk batu sendiri dianggap punya kekuatan mistis yang konon dipercaya bisa memberikan perlindungan, kesuksesan dan kekayaan. Batu Kristal juga dipercaya bisa menyembuhjan dan memberikan rasa damai dan tenang.

Di Alkitab sendiri, penggunaan jimat cukup populer. Tapi Tuhan sendiri menyampaikan pandangan-Nya terkait penggunaan jimat ini.

Diantaranya ditulis dalam Yesaya 2: 6, “Sungguh, telah Kaubuang umat-Mu, yakni kaum keturunan Yakub, sebab di mana-mana mereka melakukan tenung seperti yang di Timur dan sihir seperti orang Filistin, dan orang-orang asing di antara mereka terlalu banyak.”

Selain itu, di Yesaya 3: 18-20 juga menyampaikan bahwa pada waktunya Tuhan akan mengambil semua perhiasan, gelang kaki, jamang, anting-anting, pontoh-pontoh, kerudung, tali pinggang, wewangian dan jimat-jimat yang dipakai wanita Sion.

Di masa itu, bisa dibayangkan bagaimana orang Israel hidup menyimpang dari kehendak Tuhan, termasuk para nabi palsunya yang mengenakan jimat.

“Celakalah dukun-dukun perempuan, yang mengikatkan tali-tali azimat pada semua pergelangan dan mengenakan selubung pada kepala semua orang, tua atau muda, untuk menangkap jiwa orang. Apakah kamu hendak menangkap jiwa orang yang termasuk umat-Ku dan membiarkan orang-orang lain hidup untuk kepentinganmu?... Aku akan menentang tali-tali azimatmu, dengan mana kamu menangkap jiwa orang dan Aku akan mengoyakkannya dari tanganmu dan melepaskan seperti burung-burung, orang-orang yang kamu tangkap… Aku akan mengoyakkan selubungmu dan akan melepaskan umat-Ku dari tanganmu dan mereka tidak lagi menjadi mangsa di dalam tanganmu. Dan kamu akan mengetahui bahwa Akulah TUHAN.” (Yehezkiel 13: 18, 20-21)

Selain mengenakan jimat, orang Israel juga punya jimat yang lebih besar yang disebut ‘terafim’ atau berhala rumah tangga. Biasanya mereka menyimpan terafim di rumah dan juga saat melakukan perjalanan. Penggunaan patung-patung ini menyusup ke Israel, dan Tuhan menentang mereka.

“Para pemanggil arwah, dan para pemanggil roh peramal, juga terafim, berhala-berhala dan segala dewa kejijikan yang terlihat di tanah Yehuda dan di Yerusalem, dihapuskan oleh Yosia dengan maksud menepati perkataan Taurat yang tertulis dalam kitab yang telah didapati oleh imam Hilkia di rumah TUHAN.” (2 Raja-raja 23: 24)

Tuhan menentang orang-orang yang memakai jimat dan ilmu-ilmu sihir. Karena perlindungan yang kita butuhkan hanya berasal dari Tuhan, bukan jimat atau ilmu sihir.

Daud sendiri menyampaikan hal ini dengan jelas dalam Mazmur 91: 2-6. Bahwa Tuhan adalah tempat perlindungan dan benteng pertahanan. “Engkau tak usah takut terhadap kedahsyatan malam, terhadap panah yang terbang di waktu siang, terhadap penyakit sampar yang berjalan di dalam gelap, terhadap penyakit menular yang mengamuk di waktu petang.” (ayat 5-6)

Kalau kita merasa perlu perlindungan dari kuasa gelap, Tuhan punya sesuatu yang jauh lebih baik daripada jimat dan patung-patung yang tidak berguna yaitu perlengkapan senjata Allah, perisai iman, ketopang keselamatan dan pedang Roh yaitu firman Allah (Efesus 6: 11-17).

Tuhan gak pernah kompromi dengan kuasa gelap, karena itulah Dia akan melenyapkan semuanya itu pada waktunya. Dia sendiri bahkan akan menyerahkan siapapun yang mengandalkan jimat dan ilmu sihir ke dalam maut, sehingga hidup mereka dibelenggu selamanya. Akibatnya, dosa ini hanya akan membuat mereka jauh dari kehendak Tuhan.

Mari menjaga hidup kita dari semua hal yang berhubungan dengan benda-benda yang dipercaya memberikanmu perlindungan dan juga kesuksesan. Karena satu-satunya sumber dari semua yang kita butuhkan bersumber dari Tuhan.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erlan Atandima 14 December 2019 - 10:58:36

Ciri ciri lahir kemabali

0 Answer

Shanty Nurvita 13 December 2019 - 22:07:07

Tiga kali umur Airin di kurangi umur Amel lebih da.. more..

0 Answer

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Banner Mitra Desember week 2


7265

Banner Mitra Desember week 2