Viral, Seorang Anak Meninggal Akibat Makan Sebelum Berenang. Hati-hati Guys!
Sumber: BPK PENABUR

Health / 11 November 2019

Kalangan Sendiri

Viral, Seorang Anak Meninggal Akibat Makan Sebelum Berenang. Hati-hati Guys!

Naomii Simbolon Official Writer
2281

Pernah nggak sih kamu berenang sesaat setelah makan? Dari pengalamannya, apakah kamu mengalami sakit perut atau kram?

Menurut  ahli gizi dari English Institute of Sport,  yaitu Kathryn Brown, berenang setelah makan bisa mengakibatkan mual, meningkatnya asam lambung hingga perut terasa mulas saat berenang.

Jadi, ketika kamu mengalami ini segeralah naik ke atas kolam dan israhat sejenak. Atau lebih baiknya lagi, jangan berenang setelah makan ya, Kathryn menyarankan untuk istrahat setidaknya 2-4 jam setelah makan.

Ngobrolin berenang sehabis makan. Beberapa bulan yang lalu (18/8/19). viral sebuah video yang menunjukkan seorang anak (7tahun) meninggal mendadak setelah selesai berenang di Jakarta Barat.

Menurut penjelasan dalam unggahan, anak yang berinisial MRS ini disuapi makan sesaat sebelum berenang. Unggahan ini mendapatkan respon yang cukup banyak dan dibagikan sebanyak 11.335 kali oleh pengguna Facebook lainnya.

Berikut keterangan yang di unggah di Facebook tersebut :

"Nih anak lagi berenang, pas naik dikasih makan sushi, terus tuh anak berenang lagi, tapi sambil makan, makanan masuk ke paru-paru, pas dia naik lagi, dia lemas tiduran di kursi. Dikirain tuh anak kecapean, enggak tahunya sudah tidak bernafas. Jadi jangan memberikan makanan saat anak belum selesai berenang. Kalau mau makan 1 jam sebelum berenang atau setelah selesai berenang".

Tentu saja situasi ini membuat kita bertanya-tanya, apakah benar berenang setelah makan itu nggak cuma bikin kram perut tapi juga menyebabkan kematian?

Dikutip dari Kompas.com, seorang dokter spesialis olaharga, yaitu dr. Michael Triangto, SpKO mengungkapkan bahwa kematian MRS terjadi karena tersendak sehingga makanan tersangkut di paru-paru.

Sementara itu, tersendak biasanya terjadi ketika kita makan dan belum selesai sambil melakukan kegiatan lainnya.

"Secara logika itu (tersendak) bisa terjadi di mana pun juga dan siapa pun juga, enggak cuma anak-anak," ujar Michael.

Secara rinci, dr. Michael juga menjelaskan bahwa ketika kita berenang dan makan, peranan saluran pernafasan dan saluran makanan itu sangat berperan penting dan jarak kedua saluran itu sangat dekat di dalam Tubuh.

"Pada saat kita makan, dengan sendirinya saluran pernafasan itu akan tertutup, sehingga jalur makanan akan masuk ke esofagus (saluran makanan), ke lambung, dan sebagainya. Tetapi dalam keadaan tidak siap, bisa saja penutupan dari saluran pernapasan menjadi tidak sempurna atau mungkin tidak tertutup dengan baik, sehingga makanan masuk dalam saluran pernapasan yang tidak lain adalah paru-paru," jelas Michael.

BACA JUGA : 4 Tipikal Perut Buncit dan Cara Menguruskan-nya. Kalau Perutmu, Urutan Yang Mana Nih?

Sehingga itulah yang mengakibatkan kita tersendak.

Jadi, teruntuk kamu semua, sebelum berenang pastikan untuk melakukan hal dibawah ini ya :

1. Kalau sedang  makan,selesaikan dulu dan istrahat beberapa menit setidaknya  45-60 menitan ya.

2. Kemudian lakukan pemanasan, supaya otot kamu nggak kejang ketika berenang

3. Mandi air pancuran dulu, sebelum nyebur. Biar tubuh kamu bisa menyesuaikan dengan suhu air kolam renang

Nah itu hal penting yang wajib kamu perhatikan tapi sering dilupakan oleh orang lain. Pastikan membagikan kepada orang lain dan melakukannya ya!

Sumber : berbagai sumber
Halaman :
1

Ikuti Kami