Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
449


Jika kamu penggemar teh, pasti tahu dong ya yang namanya kantong teh. Biasanya kalau sehabis minum, kantong teh bekas ini bakalan kita buang. Bayangin deh, dalam sehari berapa kali kamu minum dan berapa banyak kantong teh yang kamu buang? Mubazir nggak sih?

Nah, asal kamu tahu saja bahwa kantong teh itu memiliki banyak fungsi setelah kamu gunakan. Jadi mulai sekarang jangan langsung buang ya.

Ini nih beberapa manfaat kantong teh yang bakalan membantu aktivitas rumah tangga kamu atau kesehatanmu sendiri :

1. Melunakkan daging

Kantong teh, memiliki kadang tanin yang sangat berfungsi banget untuk membuat daging yang sedang kamu masak menjadi lunak sempurna. Untuk hasil terbaik, buatlah teh hitam dalam jumlah yang banyak, kemudian rendam daging kamu ke dalamnya semalaman dan daging siap dipanggang esok hari dengan tekstur yang super empuk. Nggak nyangka kan?

2. Memulihkan pembengkakan pada mata

Dikutip dari Kompas.com, ternyata kantong teh itu mengandung flavonoid yaitu salah satu antioksidan dan tanin yang memiliki sifat astringen dan membuat kulit berkontraksi sehingga tetap kencang.

Selain itu, kafein yang ada dalam teh berguna untuk menyempitkan pembuluh darah sehingga bisa mengurangi pembengkakan.

Yuk coba. Caranya dengan menginstrahatkan satu kantong teh hangat yang masih basah kemudian tutup mata kamu dan taruh di atasnya selama 20 menit. 

Selain mengurangi pembengkakan, juga berguna untuk menyamarkan lingkarangan hitam pada mata loh. Jadi buat kamu yang sulit tidur dan lingkar mata kamu hitam, jangan kuatir lagi dikatain mata panda. Pakai kantong teh saja. Nggak ribet dan cukup berhasil.

Oh ya, cara penggunaannya, selain mencelupkan ke mata, kamu juga bisa melakukan cara lain. Seperti mengeluarkan isi 2 kantong teh hijau bekas dan masukkan ke dalam mangkuk kecil, lalu tambahkan 1 atau 2 sendok teh madu kemudian campurkan dengan sedikir perasan air lemon. Setelah itu, oleslah ke wajah kamu hngga ke area mata dan biarkan selama 5-10 menit lalu bilas dengan air hangat.  Kamu juga bisa memakainya untuk masker wajah sekali atau dua kali seminggu untuk hasil yang maksimal.

3. Melembabkan kulit

Selain memulihkan pembengkakan pada mata, kantong teh juga bagus untuk melembapkan kulit.  Teruntuk kamu yang kulitnya kering setelah kena sinar matahari atau bermain dari pantai, maka coba deh meletakkan kantong teh bekas yang sudah dibasahi di kulit kamu.

Dalam kantong teh, ada kandungan yang secara efektif membantu mengurangi kerusakan kulit akibat paparan sinar ultraviolet B (UVB). Nah, untuk hasil yang lebih maksimal, letakkan pada kulit 30 meit sebelum terkenal sinar matahari ya.

Seperti yang dilansir oleh Hellosehat, sebuah studi pada tahun 2003 oleh Medical College of Georgia berhasil membuktikan bhawa teh hijau bisa membantu meremajakan kulit. Selain itu, kantong teh juga bisa digunakan untuk mengobati penyakit kulit dengan mengurangi peradangan.

BACA JUGA : Depresi Karena Masalah Pekerjaan? Hati-hati, Jangan Sampai Bunuh Diri. Lakuin Hal Ini Yuk!

4. Meringankan gejala herpes

Tau herpes? Herpes itu seperti luka tapi gatal dan nyeri. Serba salah, kalau kita garuk ya sakit, tapi kalau dibiarkan malah gatal.  Ujungnya kita hanya menggaruk pas di sekitarnya saja. Pernah alami luka seperti ini bukan?

Nah, ternyata si kantong teh sisa ini punya peranan khusus loh untuk meringankan penyakit kulit herpes. Caranya cukup meletakkan kantong teh hitamnya saja di atas luka herpes. Lakukan secara rutin, nanti lama-kelamaan rasa gatal dan nyeri kamu akan semakin berkurang.

5. Menghilangkan bau pada kulkas/lemari es

Untuk menghilangkan bau pada kulkas atau lemari es, mungkin  yang kamu tahu cuma baking soda doang. Tapi ternyata, kantong teh juga bisa loh mengurangi baru bahkan menghilangkan bau pada lemari es.

Caranya, keluarkan bubuk dari kantong teh, atau kamu juga bisa memasukkan kantong teh bekas pada mangkuk atau gelas kosong tanpa di tutup, lalu letakkan deh di lemari es kamu.

Dalam waktu yang sangat singkat, bau aneh tersebut bakalan hilang. Cobain yuk!

 

Jadi, itulah 5 manfaat dari kantong teh bekas yang harus kamu tau dan lakukan. Jangan dibuang ya, mubazir!

 

 

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Blante Reynaldy Sirait 29 February 2020 - 00:05:48

Kemalasan

0 Answer

Abram is 28 February 2020 - 19:37:25

Makanan

0 Answer

Willy Caniago 28 February 2020 - 15:08:56

Contoh kasih philia

0 Answer


adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7268

Banner Mitra Februari 2020 (3)