Lori

Official Writer
577


Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kementerian Agama (Kemenag) masih terus memantau pemerintah daerah (Pemda) yang berhasil menciptakan kerukunan beragama di tengah wilayah yang pimpinannya.

Kepala Pusat Kerukunan Umat Beragama (PKUB) Kementerian Agama Nifasri pun dengan tegas menyampaikan bahwa Menag akan menghadiahi penghargaan terhadap para pemda yang berhasil menciptakan kerukunan.

“Dalam waktu dekat, kami akan melakukan survei ke lapangan. Jika ada pemda yang  benar-benar menaruh perhatian terhadap kerukunan umat beragama, utamanya FKUB, maka akan kita berikan penghargaan bernama Harmony Award yang rencananya diserahkan langsung oleh Menteri Agama,” kata Nifasri saat menghadiri kegiatan Peningkatan Kerukunan Umat Beragama di Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (9/10).

Penghargaan yang diberi nama Harmony Award ini dibuat sebagai salah satu fokus pemerintah dalam memperkuat kerukunan di tengah kehidupan berbangsa.

Meski belum merata, Nafisri berjanji untuk menggandeng pemerintah pusat, pemda, dan masyarakat di berbagai daerah di Indonesia untuk menggalakkan kerukunan. Salah satunya adalah dengan membentuk Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB) di setiap tempat.

Baca Juga : Umat Beragamanya Hidup Rukun, Walikota Tomohon Raih Harmony Award

Dia menjelaskan Kemenag sendiri akan menjalankan fungsinya sebagai fasilitator dan regulator. Dan yang menciptakan kerukunan di tengah masyarakat adalah Pemda sendiri.

“Tahun depan kami akan melakukan pendekatan kepada Badan Kesbangpol di daerah-daerah yang pemerintah daerah setempat belum memberikan perhatian kepada FKUB. Sehingga kerukunan umat beragama menjadi kesadaran bersama antara pemerintah pusat, pemda, dan masyarakat,” jelasnya.

Seperti diketahui, di awal tahun 2019 ini Kemenag sudah memberikan Harmony Award kepada enam Pemda dan enam pimpinan FKUB. Peraih penghargaan ini terdiri dari tiga gubernur yaitu Kalimantan Utara, Kalimantan Timur dan Sulawesi Barat. Serta tiga bupati yaitu kabupaten Bulungan, kota Ambon, Yogyakarta. Penghargaan kinerja FKUB terbaik diraih oleh FKUB Provinsi Aceh, Provinsi DKI Jakarta, dan Provinsi Kalimantan Barat. Dan di tingkat kabupaten/kota diraih oleh FKUB Bekasi, Kabupaten Gunung Kidul dan Kabupaten Tasikmalaya.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

2 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

Natalia Christian 9 June 2020 - 10:03:12
Saya ingin sekali dibantu doa oleh teman2 seiman s... more..

IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Banner Mitra Juli 1-2


7245

Banner Mitra Juli 1-2