Lori Mora

Official Writer
884


Waktu jatuh sakit atau divonis alami penyakit yang cukup parah, biasanya kita bukan langsung berpikir soal sembuh atau gaknya.

Tapi kita malah diserang pikiran apa kondisi keuangan mencukupi untuk menjalani pengobatan?

Jatuh sakit dalam kondisi gak punya uang memang cukup bikin stress. Persoalan makin kompleks terutama kalau kondisi ini terjadi kepada keluarga dari kalangan berpenghasilan menengah ke bawah.

Ada banyak dari mereka yang minim keuangan memilih berutang kesana kemari demi supaya anggota keluarganya bisa sembuh dari penyakit yang dialaminya. Akibatnya, utang pun menumpuk dan gak tahu cara bagaimaan melunasinya.

Nah, sebagai masyarakat yang cerdas kita sudah seharusnya menyadari bahwa datangnya sakit penyakit sama sekali gak bisa diprediksi dan gak bisa kita cegah. Siapapun bisa sakit, termasuk saat kita merasa sehatpun sewaktu-waktu juga bisa divonis dengan penyakit tertentu.

Itu sebabnya penting untuk mulai mengalokasikan biaya kesehatan secara rutin setiap bulannya atau dengan menanam investasi tertentu untuk jaminan kesehatan kita.

Ada beberapa tips yang bisa kamu ikuti untuk menghindari masalah keuangan jika suatu waktu kamu atau salah satu anggota keluargamu jatuh sakit.

1. Ikut asuransi kesehatan

Di masa ini kita semakin diberi kemudahan oleh pemerintah. Tingginya jumlah penduduk yang masih hidup dalam strata menengah ke bawah mendorong pemerintah meluncurkan bantuan kesehatan berupa Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Ini adalah salah satu alternatif bantuan kesehatan yang paling murah dan mudah. Bagi yang belum punya asuransi kesehatan, jadi salah satu anggota BPJS Kesehatan bisa sangat membantu biaya pengobatan saat sakit.

Tapi selain itu, ada juga beragam jasa pelayanan asuransi kesehatan yang tersedia. Cobalah mempelajarinya satu persatu dan pilihlah sesuai dengan kondisi keuangan dan kebutuhanmu.

2. Sisihkan dana darurat tiap bulan

Selain ikut asuransi kesehatan, menyisihkan dana darurat untuk kesehatan tiap bulannya juga akan sangat membantu kita saat jatuh sakit.

Dengan adanya dana darurat ini, masalah pembayaran pengobatan medis setidaknya bisa teratasi. Sehingga gak perlu harus berutang atau bahkan menggadaikan semua harta benda.

Baca Juga:

Belum Fix Udah Protes, Ketahuilah Kenaikan Iuran BPJS Masih Dibicarakan Loh!

Kepahitan Sama Seseorang Bisa Jadi Sumber Penyakit Loh! Yuk Cek Kondisi Hati Kamu…

3. Minta pinjaman dari keluarga terdekat

Dalam kondisi gak punya uang dan terdesak harus berobat, akan lebih baik untuk membagikan kondisi yang kamu alami kepada orang-orang terdekat lebih dulu daripada harus meminta uang dari tempat lain. Sekalipun kamu meminjam dari tempat yang resmi, tapi tetap juga bunga yang akan ditanggungkan akan cukup tinggi.

Sementara jika kamu meminjam dari keluarga atau teman terdekat, menyaksikan kondisi yang kamu alami pun pasti akan membuat mereka rela meminjamkannya tanpa bunga.

Tapi perlu diingat untuk bisa mendapatkan respon yang baik dari keluarga atau teman terdekat, kamu perlu membangun hubungan yang dekat dan akrab dengan mereka. Sebisa mungkin jalinlah hubungan yang baik kepada semua orang. Karena kita gak tahu kalau suatu saat nanti kita pasti akan membutuhkan mereka.

Tips terakhir yang paling penting dari semua poin di atas adalah tetaplah menjaga kesehatan. Karena kebiasaan dan pola hidup kita sangat menentukan seberapa sehat tubuh kita. Jangan sampai kita harus berhutang karena harus membiayai pengobatan dari penyakit yang kita buat sendiri.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

0 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

1 Answer

tolala 2 May 2020 - 03:25:35

Covid 19

1 Answer


IMA SAMOSIR 29 May 2020 - 14:22:54
'Terimkasih Tuhan Yesus untuk Semua yg Terjadi did... more..

Dian Parluhutan 7 May 2020 - 23:12:30
shalom Saudara-saudari yang terkasih, mohon doan... more..

anre vin 21 April 2020 - 13:19:08
Nama saya Ernawati, saya minta tolong saya jatuh d... more..

Reginald Rambing 14 April 2020 - 14:28:50
Saya minta dukungan melalui bantuan doa dari sauda... more..

Banner Mitra April Week 3


7253

Banner Mitra April Week 2