Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
442


Jadi anak kos, jauh dari orangtua memang punya suka duka. Entah itu jadi anak kuliahan maupun pekerja, pasti sering ngalamin krisis keuangan di akhir bulan terpaksa bikin anak kos harus makan mi instan.

Beragam celetupan lucu soal penderitaan anak kosan pun seolah jadi hal yang biasa.

Pastinya hanya anak kosan yang paling tahu gimana rasanya gak punya uang mendekati akhir bulan.

Tapi pastinya sih, gak semua anak kos loh yang ngalamin hal ini. Ada aja diantaranya yang pintar ngatur uang dan tetap bisa makan nasi sama daging sampai akhir bulan.

Kalau mau pengen ngalamin hal yang sama, anak kos perlu belajar cara atur keuangan ini:

1. Bikin anggaran keuangan yang rapih

Buat anak kos yang kerja, ada baiknya untuk prioritaskan hal ini. Habis dapat gaji di awal bulan, alokasikanlah biaya-biaya yang kamu perlukan selama sebulan. Entah itu buat belanja, bayar kosan, buat jajan dan sebagainya. Pastikan kamu menyisihkan uang buat nabung ya!

Sementara buat anak kuliahan yang uang bulanannya pas-pasan perlu banget bikin pengaturan seakurat mungkin, kalau perlu kurangi pengeluaran yang gak perlu.

2. Masak sendiri aja

Masak sendiri dan bawa bekal ke kantor atau kampus bisa jadi ide yang baik buat ngatur keuangan.

Biar lebih hemat, pilih belanja di pasar daripada di supermarket. Karena harganya pasti jauh beda. Nah, masak tiap hari gak cuma bikin kantong sehat tapi juga bikin kita lebih sehat loh.

3. Kurangi belanja dan jajan

Belanja online bisa jadi penyebab anak kos cepat kehabisan uang. Habis gajian, bukannya nyisihin uang buat ditabung malah belanja online.

Kalau udah kejebak bagian ini, cara terbaik buat keluar adalah mengendalikan keinginan dengan fokus sama prioritas kamu sepanjang satu bulan itu.

4. Sesuaikan gaya hidup sama kondisi keuangan

Kalau gaji kamu tinggi sih gak masalah ya buat ngikutin tren. Tapi kalau gajinya pas-pasan harusnya lebih tahu diri dong. Buat apa coba gaya ya oke tapi ternyata makannya tiap hari mi instan. Sama aja bohong kan ya?

Hiduplah untuk tujuan yang jauh lebih tinggi. Misal punya tabungan dan bikin investasi.

5. Cari penghasilan sampingan

Kasus ini khusus buat yang beneran punya penghasilan pas-pasan ya.

Kalau memang setelah diakumulasi duit kamu itu ya cukupnya buat makan tahu tempe. Berarti ada peluang besar buat kamu untuk cari penghasilan tambahan kan ya? Gak usah mikir terlalu berat soal kerjaan gimana dapat penghasilan sampingan? Cukup kamu punya keahlian ngelola sosial media juga bisa kok dapat tambahan penghasilan. Atau nulis blog berbayar juga bisa kok.

Sebagai sesama anak kos, penulis juga mau kasih satu tips terakhir nih buat kalian. Berdasarkan pengalaman pribadi nih ya, kalau aku sendiri sih setiap bulannya bisa dibilang gak pernah sampai krisis dan harus makan mi instan ya. Karena setiap bulannya, setiap baru gajian, aku biasanya gak langsung ngutak-atik rekening. Aku bakal sengaja sisihkan duit cukup di dompet untuk seminggu ke depan setelah gajian. Jadi, satu minggu setelah gajian, uangnya masih utuh.

Baru setelah itu, aku mulai alokasi uang, entah bayar perpuluhan, persembahan, belanja dan sebagainya. Dan ternyata cara ini berhasil loh bikin gak boros dan tetap bisa punya tabungan.

Buat kamu yang mungkin sedang ngalamin masalah keuangan belakangan ini. Jangan takut ya, coba tarik napas dan rilekskan pikiran kamu. Kalau kamu merasa butuh dukungan, jangan sungkan buat hubungi konseling center Sahabat24 kami di SMS/WA 081703005566 atau telp di 1-500-224 dan 0811 9914 240 bisa juga email ke [email protected] atau lewat  Live Chat dengan KLIK DI SINI.

Sumber : Jawaban.com


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Elisebanadya Widyatomo 24 February 2020 - 18:38:13

Cara menemukan pacar yang seiman

1 Answer

Alfan Septian 24 February 2020 - 14:33:04

Rido menabung di bank pada 3 bulan dengan nominal .. more..

1 Answer

novinus tarigan 23 February 2020 - 18:56:55

Saya sering merasa kuatir akan masa depan dan terk.. more..

0 Answer


adiek sheptina 25 February 2020 - 10:15:45
Saudara, mohon bantuan doa utk saya yang mencari p... more..

Erwin Elwuar 14 February 2020 - 02:41:47
Shaloom.... Sahabat Jawaban.com bersama semua saha... more..

sutan samosir 5 February 2020 - 05:41:05
Mohon bantuan dukungan doanya untuk saya hari seni... more..

Robs Teng 26 January 2020 - 21:15:09
Terima kasih Tuhan Yesus atas segala penyertaanMu ... more..

Banner Mitra Februari 2020 (3)


7263

Banner Mitra Februari 2020 (3)