Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
505


Pernah dengan kata hedonisme nggak? Kayaknya sih kata hedonisme ini bukan hal yang baru lagi. Pernah kan dengar seseorang menyebut, "Kamu hedon banget sih?"

Konotasinya sih negatif, tapi ayo kita bahas lebih dalam tentang ini dan hubungannya dengan kekristenan.

Menurut Wikipedia, Hedonisme adalah pandangan hidup yang menganggap bahwa orang akan menjadi bahagia dengan mencari kebahagiaan sebanyak mungkin dan sedapat mungkin menghindari perasaan-perasaan yang menyakitkan. Nah, hedonisme ini berasal dari ajaran atau pandangan yang menyebutkan bahwa kesenangan atau kenikmatan merupakan tujuan hidup atau tindakan manusia.

Sebenarnya hedonisme ini berasal dari kata Yunani kuno dan filosofinya hedonisme diyakini pertama kali diajarkan oleh Aristippus dari Kirene, seorang siswa Socrates.

Nggak cuma Aristippus yang mengajarkan, ternyata sekitar waktu yang bersamaan, filsuf Cina Yang Zhu juga mengajarkan hal yang sama bahwa karena nggak ada kehidupan setelah kematian dan nggak ada dewa sama sekali, semua orang mengejar kesenangannya bahkan sampai saat ini.

Lebih menariknya lagi, ternyata Aristippus juga digantika oleh Epicurus dan dia juga mengajarkan hal yang ama bahwa nggak ada kehidupan setelah kematian dan tujuan utamanya adalah sebuah kesenangan, meskipun dia mengakui bahwa kadang-kadang rasa sakit atau pengekangan bisa baik asal mereka mengarah kepada kesenangan.

Sekarang, apakah hedonisme terjadi kepada orang Kristen? Jawabannya adalah iya, bahkan ada yang disebut sebagai hedonisme Kristen. Lantas apa itu?

Jadi sebenarnya, ide tentang hal ini sudah lama bekerja dan bahkan didukung oleh berbagai pemimpin gereja. Untuk pertama sekali, hedonisme Kristen ini diciptakan oleh pendeta Baptis Reformed John Piper pada tahun 1986 dalam bukunya yang berjudul Desiring God, dan Piper mendefenisikan hedonisme Kristen itu," Sebagai sebuah keyakinan bahwa tujuan utama Allah di dunia (KemuliaanNya) dan keinginan terdalam kita adalah satu dan sama, karena Allah yang paling dimuliakan di dalam kita ketika kita merasa puas dengan dia. Tujuan utama manusia adalah untuk memuliakan Tuhan dan untuk menikmatiNya selamanya."

Piper juga berpendapat bahwa hedonisme Kristen itu bertujuan untuk memuliakan Tuhan dengan menikmatiNya selamanya.

Jadi intinya, hedonisme berlaku juga bagi orang Kristen tapi dengan tujuan yang berbeda dimana dikaitkan dengan keinginan Tuhan agar semua orang Kristen mengejarNya sebagai sebuah kesenangan dan kepuasan tertinggi.

Sementara itu, hedonisme Kristen tidak berkaitan dengan seseorang yang mengejar kesenangan duniawi, justru sebaliknya bahwa hedonisme Kristen adalah pendorong untuk mencari Tuhan dan menjadikannya sebagai sumber kesenangan tertinggi.

Berbeda dengan hedonisem Yang Zhu dan Epicurus, yang mengklaim bahwa kesenangan harus menjadi tujuan akhir karena nggak ada kehidupan setelah kematian atau dewa, hedonisme Kristen justru mengusulkan untuk mengejar kesenangan Tuhan karena ada Tuhan dan kehidupan setelah kematian, dan berdiam bersama Tuhan adalah kesenangan terbesar yang harus dikejar.

BACA JUGA  : Meski Dampaknya Mengerikan, Tapi Kehilangan Adalah Bagian Dari Hidup dan Pasti Terjadi!

Sekarang, apakah hedonisme Kristen sesuatu yang Alkitabiah?

Hedonisme Kristen tentu saja bukan sebuah istilah yang bisa kita temukan di dalam Alkitab. Tapi gagasan menikmati Tuhan tampaknya sangat alkitabiah. Misalnya di Mazmur 37:4 : "Dan bergembiralah karena TUHAN; maka Ia akan memberikan kepadamu apa yang diinginkan hatimu," dan dalam Filipi 3:8 Pauluas juga menyebutkan bahwa, "Malahan segala sesuatu kuanggap rugi, karena pengenalan akan Kristus Yesus, Tuhanku, lebih mulia dari pada semuanya. Oleh karena Dialah aku telah melepaskan semuanya itu dan menganggapnya sampah, supaya aku memperoleh Kristus,"

Jadi, mencari kemuliaan Allah adalah sesuatu yang Alkitabiah. Kamu bisa membaca Alkitab di Matius 5:14-16; Yohanes 15:8 dan 1 Korintus 10:31.

Kesenangan bukan sesuatu yang dikutuk oleh Alkitab melainkan sesuatu yang digambarkan positif apalagi ketika kesenangan itu datangnya dari Allah (Mazmur 16:11).

Tapi pertanyaan yang selanjutnya muncul adalah, apakah Tuhan dipermuliakan oleh uamtNya jika menemukan kesenangan di dalamNya? Banyak bagian yang tampaknya mengatakan bahwa hal ini memang memuliakan Allah, karena kebenarannya Alkitab pun mencatat teriakan, tarian atau kegiatan yang menggembirakan lainnya yang dilakukan dengan maksud untuk memuliakan Allah.

Misalnya Yesaya 24:14-15 yang berbunyi,

"Dengan suara nyaring mereka bersorak-sorai, demi kemegahan TUHAN, mereka memekik dari sebelah barat: "Sebab itu permuliakanlah TUHAN di negeri-negeri timur, nama TUHAN, Allah Israel, di tanah-tanah pesisir laut!""

Dengan demikian, hedonisme Kristen adalah Alkitabiah, tapi bukan hedonisme yang dikatakan atau yang dimaksud oleh John Piper, karena hedonisme itu dikutuk dalam Alkitab, sebagaimana dikatakan dalam 1 Yohanes 2:15-17 :

"Janganlah kamu mengasihi dunia dan apa yang ada di dalamnya. Jikalau orang mengasihi dunia, maka kasih akan Bapa tidak ada di dalam orang itu. Sebab semua yang ada di dalam dunia, yaitu keinginan daging dan keinginan mata serta keangkuhan hidup, bukanlah berasal dari Bapa, melainkan dari dunia. Dan dunia ini sedang lenyap dengan keinginannya, tetapi orang yang melakukan kehendak Allah tetap hidup selama-lamanya."

Jadi intinya, hedonise Kristen itu berlaku bagi kita asal tujuannya untuk mendapatkan kesenangan tertinggi dalam Allah dan pada akhirnya hedonisme Kristen adalah sebuah gagasan yang mengingatkan kita akan kesenangan besar dalam pencarian dan memuliakan Tuhan.


Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Reni Agustin 17 October 2019 - 23:18:07

Kata sia-sia

0 Answer

Haikal saputra 17 October 2019 - 20:06:54

Virus Bersifat......?yang Tidak Memiliki oragel or.. more..

0 Answer

Dede Mm14 16 October 2019 - 21:18:10

Tulislah satu dalil naqli yang berkaitan dengan wa.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7269

Banner Mitra Oktober Week 3