Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Inta

Official Writer
117


Presiden pertama kita, Pak Karno pernah bilang, 'jas merah' alias jangan pernah sekali-kali melupakan sejarah. Indonesia menyimpan banyak sejarah menarik di dalamnya. Sejarah inilah yang membentuk negara kita sekarang ini.

Nah salah satu tempat yang bisa kita kunjungi dalam mempelajari sejarah adalah kota-kota tuanya. Banyak orang yang mengira kalau kota tua itu hanya ada di Jakarta. Padahal, kota tua juga tersebar di beberapa daerah di Indonesia lain, lho.

Kota tua itu menyimpan banyak sejarah sekaligus bisa kita jadikan tempat tujuan wisata yang menarik. Kita simak yuk, kota mana saja yang punya kota tua.

1.  Kota Tua Jakarta

Kota Tua Jakarta alias 'Kotu' merupakan salah satu tujuan wisata yang cukup populer untuk orang-orang di sekitaran Jakarta. Pasalnya, nggak cuma disuguhkan oleh bangunan ala kolonial aja, kita juga bisa menikmati berbagai wisata kuliner yang tersebar di sekitar kota tua.

Rasanya sangat menyenangkan saat kita berada di sebuah bangunan yang tua, sementara sekelilingnya merupakan bangunan tinggi menjulang yang modern. Di Kota Tua Jakarta juga kita bisa sekalian menikmati jembatan Kota Instan, Museum Bank Indonesia, juga Museum Fatahilah.

2.  Kota Tua Bandung

Letak kota tua ini ada di Jalan Asia Afrika dan Braga. Dua kawasan ini sudah termasuk mainstream di kalangan banyak orang. Beberapa bahkan memilih untuk menjadikan Kotu Bandung sebagai latar untuk foto pre-weddingnya.

Di balik bangunan klasiknya, Kota Tua Bandung ini punya sejarah panjang, lho. Salah satunya adalah, ditempat inilah Konferensi Asia-Afrika yang mempertemukan 29 negara diadakan, tepat pada 18-24 April 1955 silam.

3.  Kota tua Padang

Buat orang sana, Kota Tua Padang akrab dnegan sebutan Padang Lama. Kawasan ini merupakan salah satu kawasan orang rantau yang didirikan oleh para pendatang di kawasan Minangkabau dari dataran Tinggi atau disebut juga Darek.

Daya tarik Kota Tua Padang ini juga ada pada pemandangan Gunuang Padang. Bagi para pelancong, tempat ini cocok untuk menenangkan pikiran. Selain itu, ada pula pemandangan kapal yang sedang terparkir di sisi aliran Sungai Batang Harau.

4.  Kota Tua Palembang

Kota Tua Palembang terletak di Jalan Jenderal Sudirman hingga Jembatan Ampera. Menurut artikel Okezone.com, kota ini merupakan salah satu kota tertua di Indonesia yang sudah berdiri sejak 682 masehi.

Disana, kita bisa melihat Kota Palembang dari sudut pandang yang lain, sebab kota ini memang dikenal punya ratusan bangunan tua yang penuh sejarah dan ikonik. Dulunya, Kota Tua atau yang disebut sebagai Sekanak ini merupakan garus pertahanan pada zaman kesultanan Palembang Darussalam.

5.  Kota Tua Semarang

Kota tua ini nggak kalah populernya sama kotu Jakarta. Di sini, kita bisa menemukan bangunan khas yang terkenal seperti Lawang Sewu dan Gereja Blenduk.  Kawasan Kota Lama Semarang adalah daerah yang penuh dengan bangunan khas era kolonial.

Meski usianya sudah mencapai ratusan tahun, beberapa bangunan tua di Kota Semarang juga masih mempertahankan fungsinya. Kawasan Kota Lama Semarang merupakan daerah yang berada di tepi Sungai Mberok. Buat kamu yang suka jajan, Kota Lama Semarang juga bisa menjadi pilihan, sebab ada banyak jajanan khas kaki lima yang dijajakan disini.

Kira-kira, ada lagi nggak ya kota tua atau kota lama yang ada di kota atau daerahmu? Yuk tambahkan listnya di kolom komentar.

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Reni Agustin 17 October 2019 - 23:18:07

Kata sia-sia

0 Answer

Haikal saputra 17 October 2019 - 20:06:54

Virus Bersifat......?yang Tidak Memiliki oragel or.. more..

0 Answer

Dede Mm14 16 October 2019 - 21:18:10

Tulislah satu dalil naqli yang berkaitan dengan wa.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7269

Banner Mitra Oktober Week 3