Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
675


Melayani anak muda merupakan panggilan terbesar dalam sebuah gereja, tapi meksi demikian, ada beberapa dosa yang mematikan dari pendeta atau kita yang melayani anak muda dan ini harus kita ketahui dan hindari.

Yap, bahwa ada beberapa jebakan yang harus kita ketahui dan ini sangat nggak efektif dalam panggilan kita.

Memang, setiap orang atau gembala youth pastilah menginginkan pelayanan yang efektif dan keefektifan itu nggak selalu datang dari kerja keras yang kita lakukan dalam melayani tapi dari keputusan yang tepat yang kita lakukan.

Coba saya tanya, apakah kamu pernah melakukan dosa sebagai gembala Youth? Kalau kamu nggak tahu dosa mana yang dimaksud, maka coba cek dibawah ini dan kembalilah ke jalur misi Tuhan.

1. Kamu sibuk tapi nggak efektif

Sebagian besar, gembala youth atau pelayan anak muda nggak ada yang malas. Semua sangat semangat dalam melayani, bahkan saking semangatnya beberapa diantara mereka jadi sibuk tak menentu sampai para isterinya atau pasangannya komplain.

Inilah dosa terbesar yang dilakukan rata-rata pelayan anak muda, yakni sibuk dengan bidang yang nggak penting sehingga mereka nggak efektif lagi dalam panggilan hidup mereka untuk melayani anak muda ataupun orangtua mereka.

Jadi, berhentilah untuk membuang waktu begitu saja untuk sebuah logo, nama pelayanan tertentu, kaos atau area lain yang biasanya kamu gunakan untuk outsourcing, tapi mulailah menjadi efektif dalam apa yang Tuhan bicarakan kepadamu mengenai pelayanan anak muda.

Produktivitas nggak sama dengan efektivitas.

2. Kamu gagal membentuk pemimpin baru dalam pengembalaanmu.

Ada batas waktu dalam memimpin sebuah pengembalaan, dan nggak mungkin kan kamu menghabiskan semua waktu kamu untuk melayani sendirian, kamu perlu memberikan  tongkat estafet kepada orang lain untuk melanjutkan pelayanan kamu ini , bukan begitu?

Karena ada saat dimana kamu berhenti dan ingin menikmati masa tua kami dengan memimpin cucu dan rumahmu, itu sebabnya kamu harus mempersiapkan pemimpin baru.

Cuma salah satu kesalahan atau dosa yang dilakukan oleh para pemimpin adalah gagal membentuk pemimpin baru.

3. Gagal dalam berbagi kasih Tuhan kepada gereja

Jangan hanya melayani tapi bagikan apa yang Tuhan lakukan untuk dirimu dan hidupmu kepada para pemimpin senior dan komunitas di gerejamu.

Gereja alias jiwa-jiwa sangat perlu di dorong dengan kisah-kisah nyata bagaimana Tuhan bicara dan mengubah kehidupan seseorang dalam sebuah pelayanan, termasuk pelayananmu.

Bicaralah dengan pemimpin senior kamu, dan curhatlah jika kamu memiliki  masalah dan kegelisahan dalam pelayananmu, sehingga dia pun akan mendoakan dan berdiskusi tentang jalan apa yang terbaik untuk selanjutnya.

BACA JUGA :

4 Intimidasi Yang Tak Harus Kamu Percaya Ketika Gereja Mengecewakanmu!

4. Cenderung spiritual terhadap orang lain tapi mengabaikan pertumbuhan diri sendiri

Menurut saya secara pribadi, hal inilah yang mengakibatkan banyak pendeta terkenal gugur dari pelayanannya , keluar dari gereja bahkan bunuh diri karena stres, seperti yang dialami Jarrid Willson.

Yap, mereka exited dalam melayani tapi lupa akan pertumbuhan rohani mereka sendiri.

Ibarat gelas berisi air, kita juga perlu diisi kembali setelah menuangkan air atau injil kepada anak muda, kita perlu diisi kembali dengan roh dan pengenalan yang baru akan Kristus setelah kita melayani orang lain.

Kita nggak bisa melayani orang lain dan menyalakan kerohanian anak-anak muda kita tapi kita mengabaikan pertumbuhan rohani kita sendiri.

Kamu nggak bisa menyalakan api rohanimu sendirian dan memimpin gairahmu sendiri untuk Yesus.

Kamu harus membaca buku, setidaknya punya kakak rohani untuk mementor dan menjadi temanmu sharing dan yang paling penting memiliki ruang doa alias hubungan yang terus menerus kepada Allah.

5. Hanya melayani di depan altar saja, tapi nggak menjadi pemimpin yang menghormati pelayan lainnya atau jemaatnya

Setelah melayani di atas mimbar, sekarang seberapa sering dan seberapa dekat kamu berinteraksi dengan pelayan kamu atau jemaat kamu?

Menjadi gembala atau pemimpin itu membutuhkan energi dan juga usaha. Jadi, sangat penting bagi kita untuk hadir dalam setiap persiapan rapat para jemaat, mengajukan pertanyaan yang sulit dan mengundang orang lain untuk bicara atau berkotbah dalam pelayanan di gereja kamu.

Kamu juga sesekali open house dan duduk bersama dengan para pelayan di gerejamu juga duduk ditengah-tengah anak muda. Itu bagus loh untuk pendekatan dengan mereka loh!

Jadi itulah 5 dosa yang harus kamu hindari supaya pelayanan kamu tetap efektif dan memuliakan nama Tuhan. Jangan berhenti untuk melayani anak muda ini ya, kerahkan semua yang kamu bisa dan teruslah memiliki hubungan denganNya.

 

Sumber : crosswalk | Jawaban

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Baby Medellu 17 November 2019 - 21:45:56

Sejarah kejatuhannya bangsa israel

0 Answer

Serly Setiawan 17 November 2019 - 13:17:28

selamat siang

0 Answer

Tonny 17 November 2019 - 00:19:03

Anak muda

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7269

Banner Mitra November Week 2