Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
299


Bukan rahasia umum lagi kalau uang adalah salah satu dari sekian banyak penyebab dari rusaknya sebuah pernikahan.

Dikutip dari Liputan6,  sebuah data dari biro statistik nasional di Inggris menunjukkan kalau 107 ribu pasangan bercerai pada tahun 2016, dan data ini naik  5.6 persen dari tahun sebelumnya.

"Uang menjadi masalah umum, jika seseorang merasa kalau pasangan mereka tidak menarik secara finansial, hal itu dapat memicu kemarahan," ujar Harvey, Pengacara di Firma Slater dan Gordon, yang dikutip dari lama the independent.

Jadi sudah jelas bukan bahwa uang adalah alasan nomor satu kenapa orang bisa bercerai.

Nah, supaya itu nggak terjadi dalam pernikahan kamu, maka cobalah pikirkan 5 alasan dibawah ini kenapa uang menjadi penyebab perceraian dan solusinya :

1.  Kamu membuat sebuah keputusan tentang uang setiap hari

Ketika kamu berurusan dengan uang dalam pernikahan kamu dan itu berulang kali, itu artinya kamu memiliki peluang lebih besar untuk mengalami konflik atas uang. Sebenarnya nggak cuma uang, tapi apa saja.

Mungkin, nggak banyak orang yang bertengkar dengan pasangannya tentang siapa yang bisa mengemudi kapal persiar atau tentang debat siapa yang banyak menggunakan uang setiap hari.

Tapi gimana pun menyatukan dua orang dengan pikiran yang berbeda tentang uang itu cukup sulit. Dia mungkin berpikir bahwa anggaran akan lebih murah jika makan dirumah dari pada makan di tempat kerja, atau mungkin berpikir lebih baik mengaduk kopi dan membawanya dari rumah setiap pagi dibanding harus membeli kopi. Nah, hal ini bisa menjadi masalah dalam pernikahan, serta bisa menjadi sebuah perdebatan.

Solusinya, atasilah masalah ini seketika ketika muncul. Jangan membiarkan masalah itu terus menerus semakin besar dan membusuk. Jika pasangan kamu tidak merasa perbuatannya adalah sebuah masalah dan kamu merasa terganggu, sebaiknya didiskusikan dengan rendah hati dan lemah lembut.

2. Kamu mungkin nggak menyadarinya, tapi mengkritik cara pasanganmu menggunakan uang itu sangatlah pribadi

Kamu mungkin berpikir bahwa uang hanyalah 'nilai tukar' atau dollar dan sesuatu yang sangat nyata nggak emosional, tapi belum tentu demikian loh.

Ketika seeorang mengkritik cara kamu menggunakan uang, rasanya pasti sangat pribadi banget kan? Tampaknya kayak ada serangan atau intimidasi tentang kita dalam menggunakan uang, entah itu soal kartu kredit atau kwitansi.

Sebaiknya, berhentilah mempertimbangan perbedaan seperti itu. Ingatlah bahwa perbedaan kamu adalah bagian dari ketertarikan awal satu sama lain. Ingat bahwa mengucapkan kata-kata yang menyakitkan itu ibarat meremas pasta gigi, dan itu sangat berantakan sekali, dan setelah keluar semuanya, maka kamu nggak akan bisa memasukkan lagi ke dalam.

3. Hindarilah siklus pertengkaran karena uang, yang itu-itu saja

Kita tahu bahwa banyak orang yang berpikir bahwa membahas uang hanya akan membuat kamu dan pasangan mengarah kepada hal yang berurusan dengan pertengkaran. Akhirnya, karena itu pasangan mulai menghindari diskusi soal keuangan, padahal kan nggak boleh begitu. Karena kalau melulu ditumpuk dan tak dibicarakan, maka masalah yang kerap terjadi dalam pernikahan kalian hanya soal itu dan itu saja. Jadi alangkah baiknya dibicarakan  dan jangan membiarkan masalah uang menjadi sebuah hal yang besar ya.

 

Jadi, itu saja 3 hal yang bisa kamu renungkan dan penting banget diperhatikan sehingga uang tidak lagi menjadi masalah yang besar dan merusak pernikahan kamu.

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Reni Agustin 17 October 2019 - 23:18:07

Kata sia-sia

0 Answer

Haikal saputra 17 October 2019 - 20:06:54

Virus Bersifat......?yang Tidak Memiliki oragel or.. more..

0 Answer

Dede Mm14 16 October 2019 - 21:18:10

Tulislah satu dalil naqli yang berkaitan dengan wa.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7269

Banner Mitra Oktober Week 3