Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
785


Nggak cuma cowok yang deg-degan pas nembak gebetan,cewek yang menerima momen itu juga merasakan hal yang sama. Bener nggak? Apakah kamu juga gitu?

Meskipun cuma tinggal bilang, "mau" atau "maaf nggak bisa" aja, jantung kita rasanya berdetak nggak beraturan, serasa mau copot gitu. Bukan apa-apa, soalnya kan ini menyangkut hubungan yang melibatkan pasangan hidup, ya mesti hati-hati.

Lagian, sebagai orang Kristen, kita juga pasti berpikir kan bahwa pacaran itu bukan soal makan, minum, dan berkencan bareng tapi tentang hubungan jangka panjang dan tujuannya menikah. Kalau sembarangan memilih, kita juga yang repot.

Selain itu, kita juga harus memikirkan, bahwa Tuhan sangat menyukai hubungan pacaran yang kudus, hubungan yang membuat kita penuh tawa dan membantu kita untuk melihat Tuhan lebih dalam.

Itu sebabnya, sebelum kita menerima dia menjadi pacar, bahkan sudah menerimanya sebagai kekasih sekalipun, ada beberapa hal yang perlu kita ingat loh. Misalnya :

1. Teruslah memeriksa motif kamu, bahkan sebelum menerima dia atau pun sudah berpacaran dengannya

Memeriksa motif kita secara pribadi adalah prioritas utama bahwa kamu benar-benar berpikir mengapa kamu menerima dia menjadi kekasihmu dan mengapa kamu harus terus mempertahankan hubunganmu saat ini.

Apakah tujuanmu supaya ada teman saja, atau sekedar memenuhi fisik dan emosionalmu, atau apakah tujuanmu supaya diakui oleh teman-temanmu bahwa kamu nggak jones alias jomblo ngenes lagi, atau tujuanmu untuk melayani Tuhan?

 BACA JUGA :

6 Nasihat Penting Sebelum Memutuskan Sebuah Pernikahan. Yakin Sanggup Melakukannya?

Orang Kristen yang sedang berpacaran atau ingin berpacaran harus lebih dulu mempertimbangkan kedua alasan ini.

Kalau misalnya tujuan kamu supaya bisa menghabiskan waktu dengan kebutuhan fisik dan emosionalmu, ingatlah bahwa itu bukan cara yang terbaik untuk menghormati Tuhan bahkan melalui hubungan ini.

Belajarlah menganalisa kembali hatimu dan memeriksa kenapa kamu dan dia ingin berkencan. Kalau misalnya gebetanmu memacarimu demi memenuhi kebutuhan sosial dan emosional kamu, mending jangan terima deh. Karena nggak ada orang yang bisa memenuhi hati kita selain Tuhan.

Jadi, pastikan dirimu atau  pun dia menjadikan Tuhan sebagai prioritas utama dan terpenting dalam hidup ya.

2. Pastikan iman kamu dan dia sama-sama seimbang alias sepadan

"Janganlah kamu merupakan pasangan yang tidak seimbang dengan orang-orang yang tak percaya. Sebab persamaan apakah terdapat antara kebenaran dan kedurhakaan? Atau bagaimanakah terang dapat bersatu dengan gelap?" (2 Korintus 6:14)

Sekalipun ayat ini bicara tentang orang yang tidak beriman, tapi jika dua orang Kristen yang memiliki gereja yang berbeda dari dominasi yang berbeda juga bisa mengakibatkan aliran pemikiran yang berbeda juga loh, dan hal ini bukanlah sesuatu yang seimbang.

Jika ingin memulai sebuah hubungan, pastikan keduanya benar-benar teguh dalam keyakinan dan interpretasi yang sama dalam Kitab Suci sehingga akan terhindar dari masalah besar ketika sudah menikah nanti.

Kalau keduanya mengabaikan masalah ini, hanya karena merasa bisa menyelesaikannya nanti di masa pertunangan nanti, maka hati-hatilah karena butuh membayar harga yang mahal untuk ini.

Alangkah lebih baik jika kamu dan dia berasal dari gereja yang sama yang mengajarkan Firman Allah dan teologis yang selaras dengan kepercayaan kalian.

Nah, kalau kamu sudah pacaran dan berniat untuk menikah, sebaiknya bicarakanlah kembali hal ini, apalagi kalian berasal dari gereja yang berbeda dan amatilah apa yang dia yakini tentang Allah.

Ini akan menarik karena kamu akan menemukan bagaimana kepercayaan pasangan kamu. Selain itu, kalian bisa belatih dan bicara membahas topik-topik yang sulit.

3. Ingat, kejarlah hubungan yang menuntun kamu lebih dekat kepada Allah

Kejadian 2:18 berkata, "Selanjutnya TUHAN Allah membuat taman di Eden, di sebelah timur; disitulah ditempatkan-Nya manusia yang dibentuk-Nya itu."

Tuhan nggak pernah menginginkan kita berjalan sendirian dalam perjalan kerohanian. Bahkan Tuhan sendiri aja, ada dalam 3 pribadi yaitu Bapa, Anak dan Roh Kudus. Semua sama tapi memiliki peran yang berbeda.

Peran yang paling penting adalah kalian berada dalam komunitas yang sama. Sama seperti pernikahan yang baik, dimana laki-laki nggak boleh sendirian, karena Adam dan Hawa pasti saling membutuhkan.

Jadi, dengan cara yang sama, pria dan wanita saling membutuhkan. Setiap orang memainkan peran yang berbeda dalam hubungan, keduanya harus saling memanfaatkan kekuatan mereka dan mengimbangi kelemahan satu sama lain untuk melengkapi dengan cara terbaik.

Sekalipun orang yang kamu kencani ternyata nggak cocok untuk komunitasmu, setidaknya manfaatkan mereka untuk mempertajam satu sama lain dan memacu satu sama lain dalam iman yang lebih besar dari pada kelemahan yang mencoba untuk menavigasi kehidupan Kristen tapi sendirian.

Tapi ingat ya, bahwa tujuan berkencan bukan untuk bersenang-senang menghabiskan waktu melainkan untuk memacu satu sama lain dan memimpin satu sama lain kepada Tuhan.

Efesus 6:13 mengatakan, "Sebab itu ambillah seluruh perlengkapan senjata Allah, supaya kamu dapat mengadakan perlawanan pada hari yang jahat itu dan tetap berdiri, sesudah kamu menyelesaikan segala sesuatu."

Hari-hari ini semakin jahat, dan setan semakin berkeliaran menunggu mengancurkan setiap orang Kristen yang bergairah di dalam Tuhan. Ketika orang Kristen sudah mulai terisolasi, maka lebih mudah bagi iblis untuk menipu sehingga dia menyembahnya dari pada Tuhan.

Tapi ketika kalian berada dalam komunitas Kristen bersama, maka ini akan membuat kalian menjadi lebih kuat  dan emmbuat kalian terus bertumbuh dalam kebenaran sehingga berdampak bagi Kerajaan.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Pransisca Ivana 22 November 2019 - 09:03:00

Mohon bantuan doanya untuk saya kiranya Tuhan berk.. more..

0 Answer

Anggun Nur amali 21 November 2019 - 13:56:17

Dampak jika tidak melayani pelanggan dengan baik

0 Answer

Jupry 21 November 2019 - 13:54:45

Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk berju.. more..

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 3


7268

Banner Mitra November Week 3