Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
530


Mosaik atau keping-kepingan gambar berusia 1500 tahun diyakini sebagai peninggalan peristiwa saat Yesus memberi makan lima ribu orang.

Mosaik ini sendiri ditemukan terbengkalai di Danau Galilea.

Penemuan yang disebut Gereja Burnt di Hippos, Israel utara itu, menarik perhatian para arkeolog sehingga mereka menghabiskan sepanjang musim panas untuk mebongkar bukti sejarah tersebut.

Diyakini kalau gereja peninggalan abad ke-5 di tahun 700M itu hancur karena terbakar. Sementara lantainya tetap utuh karena ditimbun oleh reruntuhan bangunan yang terbakar selama barabad-abad lamanya.

Bekas gereja ini berlokasi tepat di jantung Tanah Suci, Hippos yang menghadap ke Laut Galilea, juga dikenal sebagai Kinneret dimana dulunya adalah situs kota Yunani-Romawi.

Mosaik itu sendiri merujuk pada pengabadian salah satu peristiwa bersejarah dalam Perjanjian Baru saat Yesus melipatgandakan lima roti dan dua ikan di tangannya. Lalu makanan itupun berhasil mengenyangkan sebanyak 5000 orang yang mengikuti Dia.

Bekas gereja ini awalnya ditemukan oleh tim arkeolog dari Universitas Haifa pada tahun 2005. Penggalian lalu baru dimulai sejak musim panas yang lalu.

Kepala arkeolog Dr Michael Eisenburg menyampaikan bahwa gambaran yang ada di dalam mosaik memang memiliki perbedaan seperti yang dideskripsikan di dalam Perjanjian Baru.

“Misalnya, dari kenyataan bahwa Perjanjian Baru menggambarkan lima roti dalam keranjang atau dua ikan yang digambarkan dalam apse (kubah, red), seperti yang kita temukan di mosaik,” kata Eisenburg.

Baca Juga:

Lama Terkubur, Arkeolog Akhirnya Temukan Sisa Bangunan Gereja Tertua di Turki

Arkeolog Klaim Temukan Gerbang-gerbang Benteng Raja Salomo yang Tercatat di Alkitab Loh!

Dengan bukti baru ini, dia menyarankan supaya lokasi dimana Yesus melakukan mujizat harus dikaji ulang. Dimana selama ini, orang Kristen diberitahu bahwa lokasi mujizat lima roti dan dua ikan itu terjadi di Gereja Penggandaan di Tabgha di barat laut Danau Galilea.

“Menurut Alkitab, setelah melakukan mujizat Yesus menyeberangi Danau Galilea menuju Tabgha atau Ginosar, sehingga mujizat itu harus terjadi di tempat dimana Dia memulai penyeberangan di lokasi dimana dia menyelesaikannya,” terangnya.

Sementara dari yang tergambar di dalam mosaic, ditemukan sisa roti dan ikan sebanyak 12 bakul sama seperti yang digambarkan di dalam Perjanjian Baru.

“Gak ada keraguan kalau masyarakat setempat sangat akrab dengan mujizat pelipatgandaan roti dan ikan dan mereka pasti lebih tahu soal lokasinya daripada kita,” katanya.

 Sementara di dalam Alkitab, kisah mujizat Yesus ini dituliskan di dalam kitab Matius, Markus, Lukas dan juga Yohanes.

Berdasarkan kitab Markus 6, Yesus memberi makan 5000 orang karena mereka tidak mau meninggalkan Dia .

“Tetapi Ia berkata kepada mereka: "Berapa banyak roti yang ada padamu? Cobalah periksa!" Sesudah memeriksanya mereka berkata: "Lima roti dan dua ikan." Lalu Ia menyuruh orang-orang itu, supaya semua duduk berkelompok-kelompok di atas rumput hijau. Maka duduklah mereka berkelompok-kelompok, ada yang seratus, ada yang lima puluh orang. Dan setelah Ia mengambil lima roti dan dua ikan itu, Ia menengadah ke langit dan mengucap berkat, lalu memecah-mecahkan roti itu dan memberikannya kepada murid-murid-Nya, supaya dibagi-bagikan kepada orang-orang itu; begitu juga kedua ikan itu dibagi-bagikan-Nya kepada semua mereka. Dan mereka semuanya makan sampai kenyang.” (Markus 6:38-42)

Sumber : Theblaze.com | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Helena Hotmauli Sinaga 18 October 2019 - 07:07:58

Halo.. Saya ingin bertanya, gimana sebenarnya cara.. more..

0 Answer

Reni Agustin 17 October 2019 - 23:18:07

Kata sia-sia

0 Answer

Haikal saputra 17 October 2019 - 20:06:54

Virus Bersifat......?yang Tidak Memiliki oragel or.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7268

Banner Mitra Oktober Week 3