Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
473


Siapa sih orangtua yang mau melihat anak-anaknya bertumbuh menjadi anak yang nakal? Kayaknya sih nggak ada ya. Semua orangtua pastinya mau melihat anak-anak mereka bertumbuh di dalam Kristus dan bertumbuh dalam pengenalan yang benar akan Tuhan serta hidup kudus, memberkati banyak orang dan menjadi berkat dalam keluarga. Betul atau betul?

Nah, selain mendidik mereka di rumah, orangtua Kristen juga mengirim anak-anak mereka ke gereja dan bergabung ke sebuah komunitas gereja. Yap, karena memang di jaman sekarang ini, gereja dan komunitasnya adalah tempat yang dinantikan dan di harapkan orangtua untuk membantu mereka dalam mendidik anak-anaknya untuk terus bertumbuh dalam gereja.

Selain itu, inilah beberapa hal lainnya yang orangtua inginkan dari  gereja mengenai anak-anak mereka :

1. Orangtua ingin banget gereja bisa membantu anak mereka memahami lebih banyak tentang Yesus dan bertumbuh secara rohani

Yap, menaruh anak-anak di gereja adalah cara yang efektif yang ornagtua yakini untuk mendukung kerohanian anak mereka. Meskipun di rumah mereka sudah di didik untuk bertumbuh dalam pengenalan akan Tuhan, kehadiran gereja juga diharapkan untuk membuat mereka semakin bertumbuh, karena belajar bersama teman-teman yang lain itu jauh lebih asik. Selain itu, mereka juga bisa memiliki komunitas dan pergaulan, bisa mengenal karakter yang berbeda dan bisa meniru yang baik dari teman-teman yang lain.

2. Orangtua berharap gereja bisa menciptakan lingkungan yang mengikat anak-anak mereka

Nggak cuma membantu anak-anak bertumbuh dalam Tuhan. Orangtua juga berharap anak-anak mereka bisa terus menerus bertumbuh dan ada di komunitas. Itu sebabnya, gereja harus mencari cara baik secara teknik dan doa bagaimana caranya membuat anak-anak muda terus berada dalam komunitas dan tidak lari ke komunitas yang nggak sehat di luaran sana.

Salah satu cara membuat anak-anak bisa lengket dalam sebuah komunitas adalah dengan menghargai serta mengakui kehadiran mereka.

Ya, menjadikan mereka sahabat dan teman, tidak membeda-bedakan satu sama lain hanya karena ras atau masa lalunya baik itu di dalam gereja ataupun diluar gedung gereja dan komunitas.

Dengan begini, maka timbullah sebuah persahabatan yang dekat antara gereja dan juga anak-anak muda. Percaya atau tidak, hal ini akan membuat mereka bertumbuh menjadi anak-anak muda yang penuh kasih dan menghargai orang lain, bahkan orangtuanya sekalipun.

3.  Orangtua ingin anak-anaknya berada di lingkungan yang aman

Setelah anak-anak lengket dalam sebuah komunitas gereja, dan mereka bertumbuh dalam gereja, orangtua juga berharap bahwa anak-anak mereka di lindungi dan dijagai.

Misalnya anak-anak sekolah minggu, tentu saja orangtua berharap anak-anak mereka dijaga dengan aman, sehingga orangtua bisa beribadah dengan baik. Selain itu, mereka juga diajar dengan kasih dan lemah lembut.

Karena ketika orangtua mengizinkan anak-anak pergi ke gereja, itu berarti mereka benar-benar mempercayai kita bisa mendidik mereka, baik dalam pertumbuhan, dan juga keamanan mereka.

4. Orangtua ingin gereja dan komunitasnya menghormati waktu dan didikan yang kamu berikan kepada anak-anaknya

Seperti yang sudah kita lihat, jaman sekarang ada banyak komunitas gereja yang pulang malem sehabis ibadah.

Dulu, sebelum saya pindah ke kota Cikarang, saya bergabung dalam sebuah komunitas gereja dan biasanya akan ada ibadah setiap malam minggu, dari jam 7 hingga jam 9 malam.

Nah, setelah ibadah, biasanya kita akan diajak oleh pemimpin komsel atau pemimpin komunitas makan bersama. Sayangnya, sering sekali yang terjadi kita akan pulang jam 12 malam.

Mungkin tidak semua gereja yang demikian, tapi ini adalah catatan buat para gembala komsel atau komunitas, untuk memperhatikan jam nongkrong bareng ini. Karena, beberapa orangtua memiliki jam tidur sendiri untuk anak-anaknya, jadi hal-hal seperti ini harus diperhatikan.

Setelah makan, setidaknya jam 10 malam, anak-anak sudah di suruh pulang dan dipastikan sampai di rumah dengan aman.

Dengan memfollow up apakah anak-anak sudah sampai dirumah atau belum, akan membuat mereka merasa diperhatikan dan orangtua juga menjadi jauh lebih percaya kepada kamu.

Dulu, pernah loh orangtua temanku yang agamanya berbeda memarahi anaknya hanya karena setiap ke gereja, selalu pulang larut malam.

Jadi batu sandungan kan?

 

Nah, itu dia 4 hal yang orangtua inginkan dari gereja. Sudah pada tahu kan? Teruntuk orangtua, terus mendoakan anak-anakmu dan gereja dimana anakmu bertumbuh ya. Mempercayakan anak-anak bertumbuh dalam gereja adalah hal yang baik sekali, tapi kamu tetap harus menopang gereja dalam doamu, menopang anak-anakmu dalam doa dan mempraktikkan kasih Tuhan dalam mendidik mereka. Saya percaya, anak-anakmu akan bertumbuh dalam kasih dan menjadi berkat buat bangsa dan generasinya. AMEN.

 

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erlan Atandima 14 December 2019 - 10:58:36

Ciri ciri lahir kemabali

0 Answer

Shanty Nurvita 13 December 2019 - 22:07:07

Tiga kali umur Airin di kurangi umur Amel lebih da.. more..

0 Answer

Anang Dwi 12 December 2019 - 16:02:35

Cara bertobat

0 Answer


JustinDI 22 November 2019 - 16:40:34
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

JustinDI 22 November 2019 - 16:40:25
Bapa kami yang di Surga, Dikuduskanlah namaMu Data... more..

surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

advertise with us


7266

Banner Mitra Desember week 2