Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
525


Wakil Gubernur Sulawesi Utara memberi kritik soal sikap antara pendeta dan Jemaat, khususnya dalam lingkup pelayanan Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM).

Kepada gereja-gereja, Steven Kandaouw memaparkan betapa pentingnya pendeta dan jemaat untuk saling  mengedepankan etika sopan santu dan saling menghormati.

Menurutnya, pendeta dan jemaat itu suatu kesatuan dalam sebuah pelayanan, dan dalam pantauannya selama ini, masyarakat awam masih sulit menebak hal ini dalam lingkungan gereja. Itu sebabnya, pendeta dan jemaat harus mempraktikkan dan terus meningkatkan kasih satu sama lain.

"Dalam beberapa kesempatan, saya sering bertukar pikiran soal hal itu. Justru yang perlu dikritisi dan harus diperbaiki menurut saya, bukan cuma sikap pendetanya saja. Tapi dari suasana hati saya, lebih holistik dan tidak hanya top down dari pendeta ke jemaatnya saja tapi jemaat ke pendetanya juga perlu, " ujar Wagub yang juga menjabat sebagai Majelis Pertimbangan Sinode (MPS) itu dalam acara semiloka Ketua BPMW/J GMIM di Pusat Pembinaan Warga Negara (BPWG) kota Tomohon, Rabu (18/09/19) kemarin.

 BACA JUGA : Lantaran Banyak Jemaat Yang Bercerai, Pendeta Pembantu GBI Ini Gugat Aturan UU Perkawinan

Kandaouw juga menekankan bahwa ada 2 hal yang harus diperbaiki antara hubungan pendeta dan jemaat ini. Pertama adalah sisi legaliter dan kedua sisi sopan satun.

'Tapi sekarang ini, saya temui banyak sekali Pelsus atau pelayan khusus yang tak menghormati pendeta. Untuk itu, saya berharap kepada warga GMIM dan para pelsus untuk saling hormat menghormati terhadap pendea,"lanjutnya.

Semiloka tersebut turut dihadiri oleh Ketua Badan Pekerja Majelasi Se GMIM, Sekretaris BPMS Pdt Evert Tangel, Wakil BPMS Pdt Dan Sompe, dan Kepala Dinas PWT Kaaten Tomohon Pdt Tonny Kaunang.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

dian nugroho 20 October 2019 - 22:26:17

Selam

0 Answer

Dokam 20 October 2019 - 19:42:41

Apakah benar surga kecil itu ada di telapak kaki i.. more..

0 Answer

isooy channel 19 October 2019 - 15:40:46

apa perbedaan join di ownerkedasbeauty sama di pro.. more..

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 3


7269

Banner Mitra Oktober Week 3