Naomii Simbolon

Official Writer
993


Wakil Gubernur Sulawesi Utara memberi kritik soal sikap antara pendeta dan Jemaat, khususnya dalam lingkup pelayanan Gereja Masehi Injili di Minahasa (GMIM).

Kepada gereja-gereja, Steven Kandaouw memaparkan betapa pentingnya pendeta dan jemaat untuk saling  mengedepankan etika sopan santu dan saling menghormati.

Menurutnya, pendeta dan jemaat itu suatu kesatuan dalam sebuah pelayanan, dan dalam pantauannya selama ini, masyarakat awam masih sulit menebak hal ini dalam lingkungan gereja. Itu sebabnya, pendeta dan jemaat harus mempraktikkan dan terus meningkatkan kasih satu sama lain.

"Dalam beberapa kesempatan, saya sering bertukar pikiran soal hal itu. Justru yang perlu dikritisi dan harus diperbaiki menurut saya, bukan cuma sikap pendetanya saja. Tapi dari suasana hati saya, lebih holistik dan tidak hanya top down dari pendeta ke jemaatnya saja tapi jemaat ke pendetanya juga perlu, " ujar Wagub yang juga menjabat sebagai Majelis Pertimbangan Sinode (MPS) itu dalam acara semiloka Ketua BPMW/J GMIM di Pusat Pembinaan Warga Negara (BPWG) kota Tomohon, Rabu (18/09/19) kemarin.

 BACA JUGA : Lantaran Banyak Jemaat Yang Bercerai, Pendeta Pembantu GBI Ini Gugat Aturan UU Perkawinan

Kandaouw juga menekankan bahwa ada 2 hal yang harus diperbaiki antara hubungan pendeta dan jemaat ini. Pertama adalah sisi legaliter dan kedua sisi sopan satun.

'Tapi sekarang ini, saya temui banyak sekali Pelsus atau pelayan khusus yang tak menghormati pendeta. Untuk itu, saya berharap kepada warga GMIM dan para pelsus untuk saling hormat menghormati terhadap pendea,"lanjutnya.

Semiloka tersebut turut dihadiri oleh Ketua Badan Pekerja Majelasi Se GMIM, Sekretaris BPMS Pdt Evert Tangel, Wakil BPMS Pdt Dan Sompe, dan Kepala Dinas PWT Kaaten Tomohon Pdt Tonny Kaunang.

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kateryna 10 August 2020 - 18:36:52

Kalo pdt. Danny Krishna Soepangat (GBI TENDEAN Jak.. more..

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7231

Kanan Agustus