Naomii Simbolon

Official Writer
1045


Mencari pekerjaan itu nggak gampang. Kadang, ada orang yang sudah punya banyak pengalaman kerja pun tetap saja masih belum beruntung untuk mendapatkan pekerjaan yang diinginkan. Memang sih, pengalaman kerja biasanya menjadi faktor utama yang kerap dipertimbangkan oleh perekrut dalam memilih karyawannya.

Namun, nggak berarti kamu yang belum berpengalaman lantas nggak punya peluang untuk bersaing juga ya.

Dari pada kamu minder dengan minimnya pengalaman, mending persiapkan dirimu supaya bisa mendapatkan kesempatan untuk dipanggil oleh perusahaan. Nih, beberapa cara yang bisa kamu lakukan :

1. Pertimbangkan dulu sebelum kamu melamar kerja ya

Jangan mentang-mentang kamu belum punya pengalaman akhirnya kamu melamar sembarang pekerjaan. Kamu harus memahami bahwa setiap pekerjaan itu memiliki kualifikasi mendasar. Kalau kamu nggak  ingin  gagal ketika memasukkan lamaran ke sebuah perusahaan, maka pastikan kamu sudah punya kualifikasi dasar mengenai persyaratannya ya, sekalipun mungkin kamu minim secara pengalaman.

2.  Nggak apa-apa, tulis aja pengalaman organisasi atau relawanmu

Nggak harus punya pengalaman kerja dulu baru menulis pengalaman di CV kamu. Kalau kamu punya pengalaman menjadi relawan disebuah organisasi atau magang dan kerja meski hanya membantu papamu, yah tulis saja. Hal itu bisa menjadi sebuah pertimbangan bagi perusahaan yang kamu lama.

Jadi, jangan lupa untuk mencantumkan pengalaman organisasimu dan relawanmu agar surat lamaranmu nggak dipandang sebelah mata ya.

BACA JUGA :

Dipilih Tuhan Jadi Pemimpin, Sudahkah Kamu Pantas Disebut Sebagai Terang Bagi Bawahanmu?

3. Jangan takut, tunjukkan saja keahlian atau kemampuan khususmu

Yap, ini bisa menarik perhatian dan memikat hati perekrutmu. Jadi, kalau kamu punya kemampuan khusus atau keahlian khusus, sebaiknya tunjukkan saja. Misalnya kamu pintar soal program tapi kamu nggak menulisnya di CV, kamu pintar nge-MC, atau pintar edit video dan bikin applikasi dan lain sebagainya, maka katakan saja.

Nggak perlu disebutkan presentase pemahaman kamu tentang ha itu ya, cukup sebutkan saja bahwa kamu pernah menggunakan keahlianmu ini untuk mengerjakan sebuah proyek tertentu.

Siapa tahu mereka tertarik menaruhmu atau merekomendasikan ke perusahaan temannya yang mungkin sesuai dengan kemampuan khususmu. Nothing is imposible kan?

4. Belajarlah lebih lagi untuk bidang yang kamu minati sebelum kamu benar-benar melamar kerja

Yap, cobalah untuk pergi magang dan menjadi relawan disebuah perusahaan untuk memperkaya kemampuan yang kamu minati. Misalnya nih, kamu ingin menjadi penulis di sebuah media, maka rajin-rajinlah mengirimkan tulisanmu ke blog, ke situs-situs yang membuka peluang untuk kontributor, atau media lainnya.

Selain mengasah kemampuanmu, hal ini juga akan membuat portfoliomu semakin lengkap dan menarik.

5. Kumpulkan dan tata ulang kembali sertifikatmu dan berikan ke perekrut ketika melamar kerja

Sertifikat baik itu magang, mengikuti seminar apapun, bisa menjadi nilai plus di mata perekrut. Ini akan menunjukkan bahwa kamu punya skill atau kemampuan yang bisa menjadi pertimbangan mereka, juga membuat mereka mengerti bahwa kamu memiliki rasa antusias yang tinggi terhadap bidang tertentu.

Nah, kemampuan untuk terus belajar itu justru akan membantu kamu bisa diterima loh. Karena perusahaan itu cenderung suka dengan orang-orang yang mau belajar dan dibentuk.

Jadi sekalipun kamu minim pengalaman, jangan sedih ya. Lamar aja, dan pastikan mengikuti dan memikirkan 5 hal yang kita sarankan di atas.

Selain itu, berdoalah untuk setiap perusahaan dimana kamu mengirimkan lamaran, agar rencana Tuhan yang jadi dan kamu menjadi berkat disana. Jadi, terus berharap dan semangat ya. Ingat, nothing is imposible!

 

Sumber : berbagai sumber


Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Kateryna 10 August 2020 - 18:36:52

Kalo pdt. Danny Krishna Soepangat (GBI TENDEAN Jak.. more..

0 Answer

Erik Siahaan 27 May 2020 - 08:13:10

Karena Anak Manusia adalah Tuhan atas hari Sabat.".. more..

3 Answer

Margaretha Ltor 15 May 2020 - 11:07:59

Apa yg kita harus lakukan,,untuk tau ada atau tida.. more..

2 Answer


Lawrence Fabian Jerangku 19 July 2020 - 23:26:45
Saya meminta doa kalian berserta isteri saya menga... more..

Varris Sitio 15 July 2020 - 10:09:27
Saya Varris dan merupakan salah satu karyawan swas... more..

purnama 1002 2 July 2020 - 23:48:31
Tolong doakan anak perempuan saya yg terkena penya... more..

Anju Frans Siregar 15 June 2020 - 15:07:02
Shalom semuanya. Saya mohon doa untuk kesembuhan d... more..

advertise with us


7233

Kanan Agustus