Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Puji Astuti

Official Writer
728


Hampir semua orang ingin punya usaha sendiri saat ini, apa lagi mereka yang sudah bosen kerja kantoran. Ada banyak ide yang muncul, apalagi kalau sudah kumpul bareng teman, dikomporin oleh mereka yang sudah berani mulai dan mengalami keberhasilan. Rasanya, keinginan itu makin membara.

Tapi apakah kamu sudah yakin untuk melakukannya? Nah, sebelum melangkah, yuk dengarkan 5 nasihat ini:

1# Siapkan diri untuk hal-hal tak terduga       

Jangan berharap bahwa usahamu langsung menghasilkan keuntungan dalam waktu cepat, kadang sesuatu yang tidak diharapkan bisa terjadi. Marla Beck, co-founder dan CEO Bluemercury  (perusahaan kosmetik – red) menceritakan bagaimana ia memulai usahanya.

“Nasdaq hancur satu tahun setelah kamu memulai Bluemercury. Selama satu setengah tahun, tidak ada cara untuk melakukan pencarian dana untuk modal dan kami harus memikirkan  bagaimana membangun bisnis kami dengan keuntungan dan cash flow. Sekarang perusahaan ini sudah melewati dua kali resesi.

Banyak pengusaha fokus pada bagaimana mereka bisa keluar dari bisnis dalam beberapa tahun. Tetapi segala sesuatu selalu berubah, dan kehidupan jarang bergulir seperti yang kamu inginkan. Jadi sebaiknya, fokuslah membangun usaha dalam jangka panjang. Ingatlah, bahwa wirausaha itu seperti lari marathon, bukan sprint.”

2# Berani gagal, jangan mudah menyerah

Jangan Cuma mengumpulkan informasi. Jika kamu Cuma mencari data dan melakukan riset, tanpa melakukan aksi nyata, maka usaha impianmu tidak akan pernah terwujud.

Jangan takut gagal, namanya juga baru mulai, pasti ada kalanya melakukan kesalahan atau mengalami kegagalan. Tapi saat hal itu terjadi, cepatlah bangkit dan melakukan analisa, setelah itu buatlah perubahan.

“Satu-satunya cara kamu benar-benar gagal adalah ketika kamu menyerah,” demikian nasihat Joshua Harris pendiri Agency Growth Secrets.

3# Miliki dana yang cukup untuk mengurangi resiko kegagalan

Setiap orang yang memulai usaha, harus bisa membuat rencana waktu baik jangka pendek dan jangka panjang serta memiliki dana yang cukup untuk bisa bertahan melewati jangka waktu itu. Tapi tidak ada yang tahu pasti  berapa lama sebuah usaha pada akhirnya akan berhasil, untuk itu kamu harus bijak dan pandai dalam mengatur cash flow.

Buatlah dana yang dibutuhkan untuk waktu yang lebih panjang dari prediksi kapan usaha itu akan menghasilkan keuntungan, selain itu pastikan pastikan kamu punya dana cadangan juga.

“Setiap startup memiliki timeline yang berbeda-beda kapan hingga mendapatkan keuntungan, dan kegagalan adalah kemungkinan yang pasti. Tetapi jika kamu punya pendanaan yang cukup, kamu bisa secara dramatis mengurangi kemungkinan gagal,” jelas Guy Sheetrit, CEO dari Over The Top SEO.

4# Jangan hanya fokus jualan, tapi fokuslah untuk menyelesaikan masalah pelanggan

Banyak pengusaha hanya fokus tentang bagaimana cara menjual produknya, tapi kurang memperhatikan sebenarnya apa masalah klien mereka dan bagaimana cara menyelesaikan masalah tersebut.

Sebuah perusahaan yang berhasil seharusnya lebih mengenal pelanggannya, daripada si pelanggan itu terhadap diri mereka sendiri. Pastikan kamu ngga hanya menjual barang atau jasa saja, tapi kamu menawarkan nilai tambah, dampak dan hasil yang diinginkan oleh klien.

“Rencanakan kampanye untuk mendengarkan apa yang menjadi masalah klien kamu dan juga mimpi-mimpi mereka,” demikian saran David Newman, penulis buku best-seller “Do It! Marketing”.

5# Bisnismu adalah sekolahmu dan tempatmu belajar hal baru

Apa yang kamu hadapi setiap hari di dunia nyata saat membangun usahamu tidak pernah diajarkan di sekolah atau kampus manapun. Setiap kali kamu melayani pelanggan, berdiskusi dengan rekan kerja atau pegawaimu, mencari ide atau melakukan riset pasar, semua itu adalah ilmu yang sangat mahal harganya.

Hargailah setiap pembelajaran yang kamu terima setiap hari, itu adalah sekolahmu pribadi. Miliki sikap terbuka, dan juga kesediaan untuk berubah. Percayalah ketika kamu menengok ke belakang beberapa tahun kemudian, maka kamu akan mensyukurinya.

Jadi usaha apa yang akan kamu mulai? Mungkin itu usaha start up teknologi, atau sebuah warung kopi, semuanya memiliki tantangan yang berbeda. Yang terpenting adalah terus semangat, berdoa dan berusaha, hingga impianmu terwujud. Selamat berjuang kawan!

Baca juga : 

5 Cara Mengatasi Serangan Pikiran Negatif Saat Mulai Usaha

Mengungkap 4 Rahasia Kesuksesan Memulai Usaha

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Pransisca Ivana 22 November 2019 - 09:03:00

Mohon bantuan doanya untuk saya kiranya Tuhan berk.. more..

0 Answer

Anggun Nur amali 21 November 2019 - 13:56:17

Dampak jika tidak melayani pelanggan dengan baik

0 Answer

Jupry 21 November 2019 - 13:54:45

Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk berju.. more..

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 3


7268

Banner Mitra November Week 3