Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
122


Dalam membesarkan anak, nggak jarang orangtua memanjakan si buah hati mereka bukan, bahkan dalam berbagai cara. Nggak cuma sekedar memenuhi materi yang berlimpah, tapi juga kadang mama terlalu memanjakannya dengan selalu membantu apa yang mereka inginkan.

Jangan melulu membiarkan hal ini ya Ma, karena hal ini hanya akan bikin anak tumbuh menjadi anak manja dan tidak mandiri sejak dini.

Selain itu, inilah beberapa hal yang bikin anak kamu menjadi manja :

1. Mama sering menyerah kepada permintaan anak

Biasanya kan kalau anak mau ini itu, mereka  merengek. Apalagi jika hal yang dia inginkan itu nggak diberikan atau dibolehkan oleh Mama. Misalnya bermain ipad. Kemudian, karena mama nggak tahan dengan rengekannya, akhirnya memberikan dia ipad untuk dimainkan.

Nah, ini hanya akan mendorong mereka menjadi anak manja loh. Karena mereka selalu berhasil mendapatkan apapun yang mereka inginkan hanya dengan modal 'merengek.'

Sebaiknya, sesekali tegaslah dan tega. Kamu pasti tau kapan waktunya untuk tegas kan? Jangan memanjakan mereka hanya karena tidak tega dengan rengekan. Kemudian hari, ini hanya akan bikin malu kamu dan menyebalkan.

2. Mengancam anak, tapi tidak konsisten dengan apa yang kamu katakan

Ketika anak sudah mulai merengek dan minta sesuatu, biasanya orangtua akan melontarkan ancaman dan ancaman itu nggak benar-benar kamu realisasikan.

Hal ini sama sekali nggak bai, karena anak berpikir kalau kamu itu pembohong. Selanjutnya mereka nggak akan pernah takut kalau saja kamu ancam. Malah mereka akan merengek dan memaksa untuk mendapatkan yang mereka mau.

Sesekali berilah mereka hukuman, dan konsistenlah dengan apa yang kamu katakan.

3. Mama, selalu membantu dia dalam segala hal

Ma, mungkin kita sedikit nggak tega ya kalau si kecil marah dan sedih karena dia nggak sanggup melakukan sesuatu. Wajar sih, karena kita kan orangtuanya yang punya jiwa ingin selalu membantu.

Nggak apa-apa sih jika kita membantu mereka, tapi pastikan untuk tidak melulu membantu mereka. Yang ada mereka hanya akan mengandalkan kamu sebagai orangtua, sementara mereka lipat tangan tanpa melakukan apapun.

4. Kamu memenuhi semua materi yang dia butuhkan bahkan secara berlebihan

Semua orangtua tentu saja ingin yang terbaik bagi anak-anaknya, mulai dari pengalaman hidup mereka dan semua kebutuhan mereka haruslah yang terbaik. Mungkin mama nggak ingin anak-anak kamu ketinggalan tren dari teman-temannya, akhirnya kamu memberikan materi dan apapun yang mereka inginkan, bahkan secara berlebihan.

Memberikan materi secara berlebihan kepada anak, akan membuat mereka tidak menghargai apa yang mereka miliki. Dibalik itu, jika kita hanya memberi apa yang mereka butuhkan akan membuat mereka berlatih bersyukur.

Didiklah anak kamu dengan mandiri. Penuhi kebutuhan mereka bukan keinginan mereka serta pastikan mereka bertumbuh dalam Kristus ya, dan mulai dari kamu sebagai Mama dan Papa.  

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Dimas Diang 16 September 2019 - 13:44:33

Bagian excelnyang berisi alamat suatu sel

0 Answer

Armin Maulana 15 September 2019 - 18:57:54

Sebuah kapasitor keping sejajar diudara mempunyai .. more..

0 Answer

marsel sihombing 14 September 2019 - 20:37:08

perkataan kotor

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7273

Banner Mitra September week 3