Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
363


Kita sering diperhadapkan dengan sebuah peluang yang tampaknya menjanjikan, atau juga pintu keluar yang bisa membantu kita menghadapi kondisi yang sedang kita hadapi.

Semuanya terasa mudah hanya dengan menerima dan menjalaninya. Tapi benarkah jalan mudah itu membuat kita lebih baik?

Di 1 Samuel 24: 1-22, Alkitab menceritakan waktu Raja Saul membawa 3000 orang pasukannya untuk memburu Daud. Alih-alih berhasil membunuhnya, Daud sendirilah yang menemukan Saul dan pasukannya.

Alkitab berkata bahwa saat itu pengikut Daud bersukacita. Mereka mengakui kalau Tuhan sendirilah yang menyerahkan Saul dan pasukannya ke tangan Daud. Pengikutnya sendiri menyerahkan Saul dan pasukannya untuk melakukan apapun yang dia mau kepada mereka.

Tapi Daud mempertimbangkan pilihannya, dia diam-diam memotong jumbai jubah Saul saat dia sedang tidur.

Dalam kondisi itu, Daud sebenarnya puya peluang yang beasar untuk membunuh Saul. Tapi dia merasa terganggu dengan suara hatinya sendiri.

Dia diingatkan bahwa Saul adalah raja yang diurapi Tuhan. Bagaimanapun dia juga adalah rajanya. Suara yang didengar Daud tentu saja adalah hasil dari hubungan karibnya dengan Tuhan. Sehingga tanpa berpikir panjang, Daud pun menyerahkan Saul sepenuhnya kepada Tuhan.

Dia tahu betul bahwa jika dia membunuh Saul, berarti dia membunuh salah satu raja yang diurapi Tuhan dan itu adalah suatu kejahatan di mata Tuhan.

“…lalu berkatalah ia kepada orang-orangnya: "Dijauhkan Tuhanlah kiranya dari padaku untuk melakukan hal yang demikian kepada tuanku, kepada orang yang diurapi TUHAN, yakni menjamah dia, sebab dialah orang yang diurapi TUHAN.” (1 Samuel 24: 6)

Apa kamu bisa mengalami apa yang dialami Daud? Apakah kamu pernah ditawari kesempatan besar tapi kamu justru tidak merasakan kedamaian saat menerimanya? Barangkali Roh Kudus lah yang bekerja untuk mengingatkanmu bahwa kesmepatan itu bukanlah kesempatan yang terbaik dari Tuhan untukmu. Bisa jadi kesempatan itu melanggar perintah Tuhan dan Dia menolaknya.

Seorang teman belakangan ini bercerita kalau dia dan suaminya sedang mengalami masa sulit dalam pernikahan mereka. Tiba-tiba, dia bertemu pria lain. Pria inipun tampaknya memiliki semua hal yang tidak dimiliki suaminya. Dia meyakinkan dirinya kalau Tuhanlah yang mengirim pria itu.

Di satu sisi, kita sangat mudah membenarkan keputusan kita sebagai jawaban dari Tuhan saat sebuah kesempatan muncul di saat yang tepat. Jelas hal ini sangat manusiawi dan kita jadi lemah tanpa mengandalkan Roh Kudus atas pilihan kita.

Baca Juga:

Waktunya Tuhan Gak Bisa Ditebak, Pahami Lewat Percakapan Anjing dan Gajah Ini

Biar Imanmu Gak Goncang, Alami Tuhan Karena FirmanNya Bukan Karena Perasaanmu

Gak mengherankan kalau Alkitab memperingatkan kita supaya selalu ‘waspada dan berjaga-jaga’ karena musuh kita si iblis akan selalu berkeliaran seperti singa yang mengaum dan mencari mangsanya untuk ditelan (1 Petrus 5: 8).

Karena itulah, waktu kita membiarkan diri kita dituntun oleh Roh Kudus dan kebenaran firman Tuhan, kita akan dituntun untuk mengambil pilihan yang benar. Kita akan jauh lebih mudah menaati Tuhan dan menghindari rasa sakit karena keputusan yang salah.

Seperti temanku di atas, kita semua kadang-kadang tergoda dengan pilihan yang salah. Dia baru akan sadar saat mendengar kata-kata Rasul Paulus, “Pencobaan-pencobaan yang kamu alami ialah pencobaan-pencobaan biasa, yang tidak melebihi kekuatan manusia. Sebab Allah setia dan karena itu Ia tidak akan membiarkan kamu dicobai melampaui kekuatanmu. Pada waktu kamu dicobai Ia akan memberikan kepadamu jalan ke luar, sehingga kamu dapat menanggungnya.” (1 Korintus 10: 13)

Saat ini, kita mungkin diperhadapkan dengan peluang atau kesempatan yang menarik atau jalan keluar yang mudah. Tapi adalah penting bagi kita untuk menyaring setiap peluang itu melalui Ulangan 30: 15, “Ingatlah, aku menghadapkan kepadamu pada hari ini kehidupan dan keberuntungan, kematian dan kecelakaan..”.

Jadi, mari mengambil langkah sama seperti Daud. Andalkan Roh Kudus untuk menuntunmu memilih pilihan yang terbaik sesuai dengan kebenaran firman Tuhan.

Sumber : Cbn.com | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wiadnyana Legawa 20 September 2019 - 06:51:50

Tuhan penolongku

0 Answer

Nur Ramadhani 18 September 2019 - 19:28:33

Tuliskan apa saja yg ada didalam diri anda?

0 Answer

Wang barry 18 September 2019 - 18:09:25

Bagaimana ketika kita menyerahkan persoalan kepada.. more..

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7275

Banner Mitra September week 3