Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
843


Di masa ini, untuk jadi sukses kita cenderung cari pakar bisnis atau motivator buat dapat wejangan soal strategi menjalankan bisnis. Tujuannya adalah supaya kita bisa sukses.

Tapi tahukah kamu kalau sebenarnya biar sukses dalam bisnis kita gak perlu jauh-jauh ketemu orang sukses atau harus mengeluarkan banyak uang loh! Dari Alkitab kita bisa belajar strategi sukses. Ada banyak pengusaha sukses yang dituliskan di sana dan yang paling mengagumkan, kesuksesannya didatangkan langsung sama Tuhan.

Kita bisa belajar dari empat pengusaha Alkitab ini.

1. Abraham

Abraham adalah pengusaha sukses di bidang peternakan di masanya. Dia punya banyak ternak dan punya banyak pekerja yang menggembalakan ternaknya (Kejadian 13: 2; Kejadian 13: 8).

Bisnis ternak yang dikerjakan Abraham bahkan memungkinkannya untuk berpindah dari satu tempat ke tempat lain sesuai dengan pimpinan Tuhan.

Suatu hati, Tuhan bahkan melipahgandakan bisnis ternak yang dibangunnya menjadi sangat besar. Karena tanah miliknya tak lagi mampu menampung semua ternak itu, Abraham terpaksa harus membagi sebagian kepada keponakannya Lot.

Siapa sangka Tuhan justru memberi pertumbuhan pesat atas bisnis ternaknya dan membuatnya jadi salah satu orang paling kaya di masa itu (Kejadian 26: 3).

“Adapun Abram sangat kaya, banyak ternak, perak dan emasnya. Ia berjalan dari tempat persinggahan ke tempat persinggahan, dari Tanah Negeb sampai dekat Betel…” (Kejadian 13: 2-3)

2. Raja Salomo

Raja Salomo diberkati dengan himat dari Tuhan. Dengan hikmat inilah dia memperluas dan melipatgandakan kekayaannya. Dia dikenal sebagai pengusaha yang aktif dalam berbagai bidang, termasuk perdagangan internasional dan kapal dagang (1 Raja-raja 10: 22-29, 2 Tawarikh 9: 13-14). Dia mengambil keuntungan dari jalur perdagangan yang melintasi kerajaannya pada waktu itu (1 Raja-raja 10: 27). Dia juga menjalin kemitraan dengan raja-raja dan ratu-ratu terdekat seperti Ratu Sheba (1 Raja-raja 10: 1-13).

3. Lidya dari Thyratira

Lydia adalah seorang wanita pengusaha kain ungu di Thyratira, dimana di masa itu kaun ungu hanya digunakan oleh orang-orang kaya dan para pejabat.

Walaupun kisah hidup Lydia tidak diceritakan secara penuh di dalam Alkitab. Tapi dari Kisah Para Rasul 16: 14-15, 40, kita bisa menyimpulkan kalau Lydia saat itu adalah seorang pengusaha kain ungu yang mapan. Dia punya rumah yang cukup besar untuk menampung Paulus dan Silas setelah mereka keluar dari penjara. Tampaknya dia juga menjadikan rumahnya sebagai tempat bagi orang Kristen untuk beribadah. Keramahan Lydia tentu saja sangat berisiko, tapi hal itulah jadi kunci baginya menjadi seorang wirausaha.

4. Rasul Paulus

Kita semua tahu bahwa Rasul Paulus sebelumnya adalah seorang pengacara Yahudi. Setelah menjadi pengikut Yesus, Paulus pun beralih profesi menjadi seorang pembuat dan penjual tenda. Profesi ini memungkinkannya untuk fokus menjalankan panggilannya sebagai rasul.

Alkitab mungkin tak menjelaskan tentang profesi Paulus lebih mendalam. Tapi dari sepanjang pelayanannya, kita bisa menyimpulkan kalau Paulus bisa menghidupi kehidupannya dan bahkan orang-orang yang ditemuinya dalam pelayanan lewat penghasilannya menjual tenda.

Baca Juga: Lagi Nganggur dan Gak Punya Penghasilan? Begini Tips Biar Hidup Tetap Survive

Dari tokoh-tokoh Alkitab ini, kita bisa belajar banyak kriteria atau teladan menjadi seorang pebisnis yang sukses. Hal ini banyak kita pelajari khususnya dari Raja Salomo.

Pertama, kerja keras. Salomo berkata bahwa tangan yang malas hanya akan membuat kita miskin (Amsal 10: 40. Tanpa kerja keras, baik Abraham, Salomo dan tokoh sukses lainnya di Alkitab tentunya tak akan pernah kaya raya. Mereka adalah contoh pebisnis yang paling rajin yang pernah ada dalam sejarah Alkitab.

Kedua, bekerja dengan kebijaksaaan dan kecerdasan. Sebagai pebisnis, kita tak hanya perlu kerja keras. Tapi kita juga harus punya strategi untuk mencapai tujuan kita. Dibutuhkan kecerdasan dan kebijaksanaan untuk mengelola uang dan melipatgandakannya.

Ketiga, gak mudah berpuas diri. Saat usaha tampak berjalan dengan baik, jangan pernah merasa cukup puas. Sebaliknya, belajar seperti Salomo yang sukses memperlebar usahanya dalam berbagai bidang.

Keempat, bangun kemitraan dan jalin hubungan baik. Salomo adalah tipe pengusaha yang pintar dalam hal membangun hubungan kerja. Lewat hubungan baik yang dibangunnyalah dia mampu menginvansi banyak bidang usaha.

Kelima, miliki motivasi yang benar. Hal ini penting karena dengan tetap punya motivasi yang benarlah hasrat seorang pengusaha bisa dikontrol. Jika motivasi awalnya adalah untuk menolong orang lain atau mensejahterakan lebih banyak orang, maka Tuhan akan berkenan untuk memberkati usaha tersebut. Sebaliknya, jika pengusaha hanya bertujuan untuk memperkaya diri sendiri, maka tak mustahil jika kita akan menghalalkan berbagai cara untuk memperoleh kekayaan.

Setiap kita tentu saja ingin dikenal sebagai pengusaha kaya. Bukan hanya sekadar kaya, tapi Tuhan mau kita kaya supaya kita bisa jadi berkat bagi banyak orang.

Sumber : Berbagai Sumber | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Anggun Nur amali 21 November 2019 - 13:56:17

Dampak jika tidak melayani pelanggan dengan baik

0 Answer

Jupry 21 November 2019 - 13:54:45

Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk berju.. more..

0 Answer

Brutal Fight 21 November 2019 - 09:37:32

Pacaran yang baik menurut alkitab

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 3


7268

Banner Mitra November Week 3