Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
122


Selain memiliki pesona yang indah melalui pemandangan alamnya, Indonesia juga punya beragam sisi sejarah melalui kota-kota tua di beberapa kota yang penuh dengan cerita menarik pada masanya loh. Nggak cuma di kota besar Jakarta, tapi di kota tua di beberapa daerah juga.

Nah, untuk kamu yang mungkin suka jalan-jalan dan berburu lokasi rasa vintage dan ingin berpose serta membagikannya ke sosial media, ini nih deretan kota tua yang menarik untuk kamu singgahi :

1. Jalan Braga, Bandung

Nggak seperti kota tua lainnya di Indonesia, Jalan Braga yang sering disebut sebagai Kota Tua di Bandung ini memiliki nuansa yang benar-benar jadul banget. Jalanan ini masih mempertahankan kon blok dan bukan aspal loh, bahkan trotoarnya juga luas banget dan ada banyak pejalanan kaki disana.

Kawasan ini selalu rame banget da menjadi tujuan wisata utama di ibu kota Jawa Barat dengan mempertahankan bangunan-banguan lamanya. Nggak jauh dari Braga, ada pula jalan Asia Afrika disini, yang punya memiliki banyak peristiwa sejarah yaitu Konferensi Asia Afrika.

Kalau ke Bandung, wajib kesini deh. Sangat menyenangkan banget.

2. Kota Tua, Jakarta

Sampai sekarang, kota ini masih terus di penuhi dengan banyak wisatawan loh dan macetnya pakai 'banget.'

Yah, wajar sih. Sebagai kota terbesar di Indonesia, dan sejak lama menjadi pusat kegiatan bisnis dan pemerintahan, nggak heran banget kalau Jakarta juga punya wisata kota tua ini. Sisa-sisa Batavia bisa dilihat dengan jelas di beberapa bangunan antik tua, tapi tetap indah seperti Jembatan Kota Intan, Museum Bank Indonesia dan Fatahilah yang kini semakin eksotis setelah beberapa diperbaiki gitu.

Daerah ini terus menerus menjadi salah satu tujuan yang andalan banget di Jakarta, karena nuansanya oldies dan retro banget. Disini juga banyak kebutuhan foto dan film dengan rasa tua yang kental banget. Selain itu, wisata ini juga dikelilingi makanan yang enak disekitarnya. Jadi, setelah foto-foto dan jalan-jalan, lalu kelaperan kamu bisa langsung kesini dan menyantap makanan yang enak disini.

3. Kota Tua, Semarang

Semarang merupakan salah satu kota tertua di Indonesia yang sudah berdiri sejak 2 Juni 1547 Masehi.  Jadi, sangat jelas bahwa kota ini memiliki paket lengkap untuk wisata, mulai dari wisata untuk fotogenik, sejarah, budaya, kuliner bahkan alam. Keren banget ya!

Untuk wisata, di sini ada beberapa wisata lain yang bisa kamu coba seperti Kuil Sam Po Kong dan Lawang Sewu.

Lawang Sewu itu kalau diterjemahkan dari Bahasa Jawa, artinya menjadi Seribu Pintu, karena memang dia memiliki pintu yang banyak, dan jendela yang tinggi, besar sehingga menyerupai pintu.

Sejarah Lawang sewu mencatat bahwa bangunan ini merupakan bekas kantor Nederlands Indische Spoorweg Maatschappij (NIS) atau perusahaan kereta api Belanda.  Sampai saat ini, semua ornamen bangunan diisni masih asli banget loh, termasuk hiasan kaca patri yang terdapat di salah satu bagian dari bangunan ini.

Asal kamu tahu, bahwa kota ini banyak dijuluki sebagai kota Little Netherland, berkat kanal - kanal kecil di pinggir jalannya.  Bangunan yang paling terkenal dan sering dikunjungi di Kota Lama adalah Gereja Blenduk yang dibangun pada tahun 1757 dan masih digunakan sebagai tempat ibadah sampai sekarang loh. Kuy, pergi kesana.

4. Padang Lama, di Lahat

Selain pemanangannya indah dan adat budayanya masih kental, di Sumatera Barat juga terdapat kawasan wisata kota tua yang oleh penduduk disana disebut sebagai Padang Lama. Ada banyak yang bisa di dapatkan disini, mulai dari gedung kolonial tua hingga kafe dengan nuansa retro yang legendaris.

Mengunjungi kawasan ini dijamin memberi kesan mendalam tentang masa lalu. Sementara kalau mau mencoba menggunakan baju adat dan ingin tahu rumah gadang khas Minang,  maka kamu bisa pergi berkunjung ke Istana Pagaruyung yang mempesona walaupun sudah tua tapi tetap kokoh berdiri.

5.  Kota Tua, Palembang

Nggak banyak orang yang tau kalau Palembang adalah kota tertua di Indonesia sejak 682 Masehi. Selain itu, Palembang juga dikenal dengan jembatan Ampera dan pempeknya.

Siapa yang sangka bahwa masih banyak bangunan yang penuh sejarah dan ikonik di kota ini loh. Kesan kota tua di Palembang akan sangat terasa ketika kita mengunjungi daerah Sekanak atau mungkin menelusuri setiap bangunan di Jl. Jenderal Sudirman sampai jembatan Amperanya.

Jadi, sudah tau kan objek wisata kota tua mana yang ingin kamu kunjungi ketika liburan berikutnya nanti?  Selamat menikmati liburanmu ya, dan tetap terkoneksi dengan Tuhan, supaya dimana dan kemana pun kamu berlibur tetap memuliakan nama Tuhan.

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wiadnyana Legawa 20 September 2019 - 06:51:50

Tuhan penolongku

0 Answer

Nur Ramadhani 18 September 2019 - 19:28:33

Tuliskan apa saja yg ada didalam diri anda?

0 Answer

Wang barry 18 September 2019 - 18:09:25

Bagaimana ketika kita menyerahkan persoalan kepada.. more..

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7275

advertise with us