Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
304


Dalam pertemanan, setiap hari kita pasti bakalan ngobrol dengan orang lain dan teman-teman kita bukan? Entah itu cuma sekedar bercanda, ngobrolin hal-hal yang ringan bhakan saling curhat alias ngomngin hal yang berat.

Ngobrol atau berkomunikasi merupakan kunci utama untuk kita bisa bertahan di kehidupan ini. Tanpa ngobrol sama orang lain, maka kita akan merasa kesepian, atau mungkin merasa stres. Apalagi jika kita punya masalah, kayaknya kita ingin banget mengutarakannya kepada orang lain dan menunggu feedback dari mereka atau saran dari mereka.

Selain itu, ngobrol atau berkomunikasi dengan orang lain juga bisa menambah ilmu kita. Dalam sebuah obrolan dengan orang lain, kita bisa belajar mengenai karakter orang lain, kita bisa belajar tentang pengalaman mereka, belajar tentang bahasa gaul atau bahasa yang mereka keluarkan bahkan belajar sesuatu yang baru dari apa yang mereka bicarakan, seperti informasi baru dan lain sebagainya. Seru ya!

Karena canggihnya teknologi sekarang, memang sih kita bisa menemukan informasi lewat apa saja. Malah kalau lagi sedih, juga kita bisa menulis atau merekam suara kita dan lain sebagainya. Tapi kan nggak puas jika kita nggak ngobrol dengan sesama manusia. Itulah yang disebutkan bahwa manusia itu adalah mahluk sosial yang saling membutuhkan satu sama lain.

Tapi, ada beberapa hal yang harus kamu hindari jika sedang ngobrol dengan orang lain loh.

Kalau kamu nggak mau suasana jadi akward atau komunikasi jadi nggak nyambung terus kamu nggak diajak ngobrol lagi, malahan nggak ditemenin lagi, kamu harus banget hindari ini.

Apalagi kita orang Kristen, kalau kita nggak sopan dan bikin akward, gimana mau masuk dalam penginjilan ketika bicara sama orang lain?

1. Jangan menyela omongan orang lain ya, please!

Pernah nggak sih kamu lagi ngomong serius banget dan menceritakan sesuatu atau memberi pendapat kepada orang lain terus tiba-tiba omongan kamu di sela. Aduh, nyebelin banget bukan?

Yang tadinya kita semangat untuk menjelaskan jadi males, yang tadinya kita sudah ingat semua yang mau dijelasin menjadi lupa.

Nah, begitu juga yang orang lain rasakan ketika kamu menyela omongan mereka. Selain dikira nggak sopan, kamu juga membuat mereka benar-benar bete. Mungkin nggak kelihatan dari wajahnya, tapi hatinya pengen banget komplain.

Kalau memang pas dia lagi ngobrol terus ada yang kamu pikirkan, dan mau dikeluarin, mending tahan dulu. Tunggu sampai mereka selesai bercerita, baru deh keluarin yang dipikiran kamu. Kalau memang mendesak mau ngomong, coba bilang, "Maaf aku potong sebentar," supaya dia nggak terluka gitu.

2. Stop dulu pegang hp sebentar, gapapa kan?

Pastinya nggak enak kan ketika kamu sedang bicara, terus orang - orang pada asik pegang hape. Meski sebenarnya mereka mendengarmu tapi kesannya kayak nggak dihargai bukan?

Nah, itulah  yang kamu harus juga pikirkan. Jangan sama dengan yang lain, tapi coba deh simpan hapemu dan dengarkan mereka dengan baik dan fokus.

Hindari juga melakukan aktivitas lain seperti ngetik komputer atau labtob dan menonton.

Kamu kan ngobrol sama dia, bukan ngobrol sama handphone kamu. Bila penting, pas mereka ngomong, tatap matanya.

Mungkin beberapa dari kamu ada yang sedikit insecure atau tidak tahan melihat mata orang lama-lama, ketika ngobrol. Tipsnya, coba lihat ke arah lain seperti jidatnya, atau mungkin bibir dan dagunya. Pokoknya lihatnya ke arah dia deh, bukan ke arah yang lain atau ke arah tangan kamu.

3. Selfish sih, jadinya ngomongin diri melulu. Lama-lama orang lain juga sebel dengernya.

Nah, ini nih yang sering terjadi dalam obrolan anak muda sekarang.

"Aku juga pernah kaya kamu," atau "Duh, pengalamanku paling parah kayaknya deh,"

Duh, jangan narsis dong. Kita juga harus peduli kepada orang lain.

Sebagai anak muda Kristen apalagi, kia harus tahu bahwa menghargai pengalaman oranglain dan mengapresiasinya itu, penting banget. Sama kayak perasaan dan pengalaman kita.

Bayangin aja kalau pengalaman yang kamu ceritakan dan menurutmu begitu keren banget tiba-tiba di sepelekan ketika teman lain berkata, "Kamu mah belum seberapa, gue..."  Sakit dan sedih kan?

Selain itu, memonopoli pembicaraan supaya berkaitan dengan diri kita hanya akan bikin orang lain bosan. Besok-besok mereka ogah ngobrol sama kamu, karena dikira nggak enak diajak ngobrol.

BACA JUGA  :
Pacar Selingkuh Jangan Langsung Putusin! Lakukan Dulu Ini Biar Nggak Nyesel!

4. Mendengar memang perlu tapi nggak diam juga kan tanpa respon?

Hey, kamu itu manusia bukan robot. Kalau dia diam menunggu pendapat, ya ngobrol dong. Kalau dia bertanya, ya di jawab.

Ketika kamu asik ngobrol tiba-tiba nggak ada respon juga sedih kan? Jadi, cobalah mendengar, merespon dan berbicaralah sesuai dengan keadaan. Kamu harus pintar melihat situasi dan jadikan lawan bicaramu seseorang yang penting.

Selain itu, pastikan memberikan masukan dan respon yang baik ya dan sopan. Kalau memang kamu gatau harus ngomong apa, kamu bisa minta maaf dan bilang, "Oh iya, aku mengerti kondisimu tapi aku benar-benar nggak tahu harus bicara apa." Nah, dalam kesempatan itu kamu bisa ajak dia berdoa.

 

Jadi, itulah 4 hal yang harus kamu ingat agar nggak  kehilangan kesempatan menjadi teman dan sahabat orang lain, pas ngobrol. Semangat ya!

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Yolanda Sinaga 14 November 2019 - 17:57:36

kisah joyce meyer

0 Answer

Kristanto 14 November 2019 - 04:07:05

Apakah yang harus sy lakukan. Istri berkata kasar .. more..

1 Answer

Ety loe 13 November 2019 - 09:33:33

Bagaimana cara saya keluar dari utang yang banyak?.. more..

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7270

Banner Mitra November Week 2