Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
449


Namanya pacaran, kadang nggak selalu mulus terus menerus ya. Pasti ada naik dan turunnya, suka dan dukanya, dan berantem kecil-kecilan.

Mulai dari urusan beda pendapat, kurangnya komunikasi hingga kurangnya kesetiaan.

Nah, kalau pacar kamu selingkuh biasanya apa sih yang kamu lakukan untuk meresponi dia? Apakah kamu langsung mutusin dia atau kamu langsung marah tanpa kira-kira?

Yang namanya pacaran kan belum menikah, yah beberapa orang tentu saja berpikiran untuk mencari yang terbaik dan meninggalkan si dia yang sekarang, karena memang kesetiaan adalah sesuatu yang penting dalam hubungan.

Cuma, sebagai orang Kristen kita kan tidak seharusnya memutuskan hubungan dengan sebelah pihak, sesaat ketika doi ketahuan selingkuh. Ada hal-hal dan tindakan bijak yang seharusnya kita lakukan, supaya kita menunjukkan kasih Tuhan lewat cara kita. Apalagi kalau kamu dan dia sudah pacaran sekian tahun.

Mengikuti ego sih pengennya langsung putus, tapi kan nggak gitu juga. Bayangkan saja jika kamu melakukan dosa dan salah yang mengecewakan hati Tuhan dan seketika Dia langsung marah dan pergi dari hidupmu. Bukankah itu bikin hatimu hancur banget dan hidup dalam rasa bersalah ?

Nah, ini dia beberapa hal yang orang Kristen bisa lakukan ketika pacar ketahuan selingkuh :

1. Temui dia, ngobrol empat mata dan coba tanyakan apa yang membuat dia berselingkuh. Apakah dia benar-benar selingkuh atau gimana?

Ini sangat penting! Redam dulu amarah kamu, dan temui dia dengan senyuman sambil bertanya, "Sayang, kamu kenapa memutuskan berselingkuh dengannya?"

Tanyakan apa yang salah, apakah mungkin waktumu kurang kepadanya, apakah mungkin dia bosan dengan hubungan yang kalian jalani atau apa?

Ketika kamu sudah bertemu sumbernya, maka coba cari jalan keluar yang benar. Misalnya, jika kurang komunikasi, maka cobalah berkomunikasi dengan baik, jika kamu yang salah, perbaiki kesalahannya atau jika dia memang bosan, maka cobalah bicara apakah masih mau melanjutkan hubungan atau nggak. Jika iya, maka cobalah mengubah gaya pacaran kalian, lebih kreatif. Misalnya, jalan bareng, nonton, ke sirkus bareng, atau ke gereja bareng.

2. Berdoalah untuk hatimu sendiri sebelum kamu mendoakannya.

Saya tahu gimana sakitnya ketika kita sudah serius dengan si doi, eh tiba-tiba dia ketahuan selingkuh. Saya tahu gimana kecewanya kamu.

Itu sebabnya,  kamu perlu berdoa dan mengampuni dia sebelum kamu benar-benar mengambil sebuah keputusan atas kesalahannya ini.

Tanyakan Tuhan tentang apa yang harus kamu lakukan kepadanya, apakah dia benar-benar seseorang yang terbaik untuk kamu atau gimana?

Ampunilah dia sebagaimana Allah pun mengampuni ketika kamu mengecewakan hati-Nya. Selain itu, cobalah berdoa untuk dirimu sendiri supaya kamu bisa lebih kuat dan penuh hikmat atas ini.

3. Jika perlu, beri waktu untuk dirimu sendiri merenung

Setelah kamu berbicara kepadanya dan berdoa, cobalah beri waktu untuk dirimu sendiri merenung dan bicaralah kepadanya soal itu. Misalnya dua atau tiga hari, merenung dan memikirkan bagaimana sebenarnya hubungan ini apakah memang dia masih bisa dijadikan pasangan atau tidak.

Ketahuilah jika kamu sendiri yg salah, maka perbaikilah. Merenung dan memberi waktu untuk diri sendiri adalah salah satu cara untuk sembuh dan bisa menerima keadaan.

4. Jika akhirnya kalian memutuskan saling mengampuni dan memperbaiki hubungan, buatlah komitmen bersama

Yeah, balikan sih balikan, berubah sih katanya, tapi kan harus komitmen juga. Nah, supaya komitmen ini ditepati oleh dia, buatlah janji untuk dirimu sendiri.

Jika dia berselingkuh lagi, maka kamu bisa mengakhiri hubungan ini dan memang dia bukan pria terbaik untukmu.

Karena kan, kalo selingkuh sekali diampuni, terus dua kali diampuni, terus dia akan melakukannya sampai empat dan lima kali. Toh masih pacaran, kalau sudah menikah gimana lagi?

Tau sendiri kan kalau urusan nikah itu komitmen seumur hidup, bukan seperti pacaran bisa putus nyambung?

Jadi, itulah 4 hal yang bisa kamu lakukan ketika pacar kamu berselingkuh. Ingat ya, jangan langsung lempar sandal atau kata-kata pahit, orang Kristen harus punya kasih dan kasih itu lemah lembut juga sabar. Pastikan untuk tetap menjadi berkat, apapun kondisi yang kamu alami. Jangan biarkan amarah menguasai kamu sehingga kamu penuh kepahitan kepada orang lain, apalagi perihal hubungan.

Jika yang selingkuh itu adalah tunangan kamu, maka nggak ada salahnya kok untuk membawanya ke dalam keluarga dan membicarakannya. Apakah hubungan pertunangan mau dilanjut atau gimana. Asal, pastikan kamu sudah berdoa dulu dan memberi kesempatan kepada tunangan kamu untuk bicara. Karena segala kesalahan atau dosa, ada sumber atau akarnya. Semangat dan semoga artikel ini bermanfaat ya!

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Erick Amleni 14 October 2019 - 19:39:37

Yesaya Yeremia

0 Answer

Sarah Pillay 14 October 2019 - 19:37:17

The pilgrim’s progress

0 Answer

Sarah Pillay 14 October 2019 - 19:36:51

The pilgrim’s progress

0 Answer


Berkat Melimpah 8 October 2019 - 05:08:21
Tolong doakan supaya Tuhan beri jalan / pekerjaan ... more..

Cristian Sipahutar 1 October 2019 - 12:41:13
Perkenalkan nama saya Cristian Sipahutar, saya sdh... more..

nafty louise 21 September 2019 - 21:18:28
Selamat malam, nama saya nafty saat ini saya mohon... more..

Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

Banner Mitra Oktober Week 2


7270

Banner Mitra Oktober Week 2