Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
355


Siapa sih yang nggak senang kalau kita memiliki banyak kesamaan baik itu karakter dan hobi dengan sahabat? Hidup jadinya lebih menyenangkan, bukan? Kamu bisa menikmati musik bersama, nonton film bersama, baca buku dan tukar-tukaran buku, traveling bersama, fashion beli bersama dan hal lainnya dengan cara yang lebih seru bersamanya.

Pada level tertentu, bagimu dia bahkan nggak cuma sahabat tapi juga lebih dari pada itu, yakni saudara.

Tapi sanking kompaknya dengan sahabat sendiri, gimana kalau kalian sampai menyukai orang yang sama? Entah karena kalian sering bersama sehingga membuat tipe pasangan kalian pun sama, gimana dengan kasus itu?

Apakah kamu pernah mengalaminya? Atau sedang mengalaminya sekarang?

Pertama-tama kamu harus tahu bahwa hal seperti itu adalah normal. Mengutip dari laman Hellosehat, Dr. Patrick Wanis, seorang yang ahli dalam perilaku dan hubungan manusia mengatakan semakin mirip karakter kamu dengan sahabat, maka selera pun bisa semakin serupa. Apalagi perihal cowok.

Nah, kalau sudah begini, maka inilah hal-hal yang bisa kamu lakukan :

1. Kamu harus memastikan perasaan orang yang kamu sukai itu dulu. Doakan dan lihat, apakah hatinya berpihak kepadamu atau sahahatmu.

Penting banget untuk memastikan ini dulu loh. Kalo ternyata dia lebih suka kepadamu, maka kamu bisa lebih mantap untuk menimbang langkah berikutnya, kamu bisa ngobrol sama sahabatmu supaya nggak ada yang tersakiti.

Jika dia ternyata sukanya kepada sahabat kamu, ya nggak apa-apa. Kamu jangan memberi tanggapan atas isyarat cintamu kepada pria itu,melainkan lapangkanlah dadamu karena pria nggak cuma dia saja.

Lagian ini baik buat persahabatan kalian. Dibanding pria yang kamu sukai, kayaknya pentingan sahabat deh. Kan kamu sama temanmu sudah sahabatan lama, masa gegara cowok kamu merelakan persahabatan kalian hancur?

Jadi, diam-diam moveon lah dan doakan sahabatmu dengan pria yang kamu sukai itu. Biar kebahagiaan dia adalah kebahagiaanmu. Percayalah, Tuhan akan memberikan pasangan yang lebih baik dari dia.

2.  Kan, hidup ini adalah pilihan. Jadi tentukan sikap kami dari awal, apakah kamu akan jujur kepada sahabat kamu soal ini atau nggak.

Mungkin nggak mudah untuk jujur kepada sahabat kamu perihal ini ya. Tapi dari pada kamu pendam terus menerus, mending ungkapin saja dan kalian bisa sepakat mencari jalan keluar.

Mungkin sih sahabatmu akan kesal kepadamu, tapi mendingan begitu dari pada ketahuan bahwa kamu jalan bersama pria itu dibelakangnya.

Tapi kalo  pria yang kamu sukai itu lebih menyukai sahabatmu, mending kamu bungkam saja, dan nggak udah bicara, itu adalah cara terbaik. Karena kalau kamu bicara kepadanya sementara pria itu lebih menyukainya dan mereka saling menyukai, itu akan membuat sahabatmu terluka.

Jadi, pilihlah bungkam karena itu adalah langkah kedewasaan demi menyelamatkan hubungan baik kepada semua pihak.

Kalau kamu benar-benar terluka dengan itu, minta ampunlah kepada Tuhan dan berdoa minta penghiburan dari-Nya. Minta tolong supaya hatimu disembuhkan dan persahabatan kalian tidak dipengaruhi oleh perasaanmu.

BACA JUGA :

Alih-alih Membawa Nama Tuhan, Malah Berujung Memuliakan Diri Sendiri. Hati-hati Anak Muda!

3. Berdamailah dengan perasaanmu

Kadang, perasaan cenderung memaksa kita untuk nggak berhenti menyukai si dia, sementara otak kita memilih untuk berhenti dan mengalah demi persahabatan. Aku tau sulitnya untuk hal ini.

Itu sebabnya, disinilah kamu harus bijak dan lebih bersikap dewasa. Pikirkanlah kalo kalian bersahabat sudah sangat lama, maka masakan kalian terputus hanya karena cowok itu saja?

Pilihlah berdamai dengan dirimu dan perasaanmu sendiri tanpa harus menunggu sahabatmu yang melakukannya. Nggak ada salahnya kok, jadi semangat ya!

4. Kalau pria itu menyukaimu, sebaiknya majulah.

Jangan malah menyerahkan pria itu kepada sahabatmu, sementara pria itu tidak suka sama dia.

Pastikan ngobrol dengan sahabatmu tentang ini, dan tanyakan bagaimana dengan perasaannya.

Jika dia adalah sahabat yang baik, maka dia akan mengerti dan mundur dari persaingan ini dan membiarkan kamu maju. Tapi jika dia egois, dia mungkin akan menyuruhmu mundur dan dia yang maju.

Jika sudah begitu, berdoalah buat hati sahabatmu dan mintalah kekuatan dan jalan terbuka dari Tuhan mengenai situasi ini. Jika memang harus kehilangan cowok itu demi persahabatan, mungkin tidak masalah.

Tapi jika kehilangan cowok itu karena sahabatmu yang egois maka bertanyalah kepada Tuhan, apakah persahabatan kalian sehat atau tidak, apakah sudah saatnya mengakhiri atau gimana.

Karena persahabatan itu bicara soal berkorban, mendorong ke hal yang benar dan saling membangun bukan malah menjatuhkan dan bersaing tidak sehat.

Bagaimana pun, cowok nggak si dia saja. Masih banyak pria di komunitas gereja dan di dunia ini yang bisa kamu doakan untuk menjadi pasangan hidup. Serahkan perasaanmu dan situasimu kepada Tuhan, dan jangan sampai kehilangan persahabatan yang membangun demi satu cowok ya!

 

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Inovi Isdiyantoro 18 November 2019 - 21:01:35

Di phk

0 Answer

Aris Anto 18 November 2019 - 17:31:20

Is that...................(you)house?

0 Answer

Roi Tarihoran 18 November 2019 - 03:09:04

Apakah yang saya lakukan. Dengan situasi saya ini,.. more..

1 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7267

Banner Mitra November Week 2