Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
523


Saat ini kamu lagi nganggur dan sama sekali gak punya penghasilan sampingan lain? Rasa kuatir soal keuangan memang wajar.

Tapi kita tahu bahwa Tuhan berjanji menolong kita mengatasi segala perkara, bahkan saat kita sama sekali gak punya pekerjaan.

Di masa pelayanan Yesus, Dia pernah bilang ke orang-orang yang mengikutNya, yang notabene kebanyakan diantara mereka adalah pengangguran, “Sebab itu janganlah kamu kuatir akan hari besok, karena hari besok mempunyai kesusahannya sendiri. Kesusahan sehari cukuplah untuk sehari.” (Matius 6: 34)

Ayat ini memang cukup memotivasi. Tapi pastinya gak mudah bagi banyak orang untuk hanya percaya aja. Gimana mungkin tetap nyantai waktu lagi gak punya uang? Gimana sama tagihan-tagihan kebutuhan sehari-hari?

Berikut tips tetap survive meski sedang nganggur.

1. Berdoalah untuk kondisimu

Doa memang gak selalu membuat kita mendapatkan apa yang kita mau. Kadang kita bahkan gak pernah dapat apa yang sudah kita doakan sejak sekian lamanya.

Meski begitu, doa adalah faktor penting dalam kehidupan orang Kristen. Kita dipanggil untuk berdoa bahkan saat doa tampak gak membuka jalan keluar atas masalah kita.

Kita mungkin berdoa supaya kita gak kehilangan pekerjaan. Tentu saja, doa itu gak akan dijawab Tuhan. Lalu apakah berdoa penting?

Allah menyampaikan kepada pengikut-Nya supaya mereka hidup oleh iman. Hal ini disampaikan kepada nabi Habakuk di jaman Perjanjian Lama karena sang nabi mempertanyakan kuasa Tuhan.

Dia merasa di masa itu Tuhan sama sekali tidak adil kepada umatnya. Tuhan bahkan gak menjawab pertanyaan Habakuk dengan jawaban yang jelas. Sebaliknya, Tuhan hanya mengatakan bahwa ‘orang benar akan hidup oleh imannya’ (Habakuk 2: 4). Dengan kata lain, pengikut Tuhan harus mempercayai Tuhan. Tak peduli apapun keadaannya. Sekalipun sepertinya Tuhan gak menjawab doa-doa orang percaya.

Tapi bagaimanapun, doa akan selalu meningkatkan aktivitas Roh Kudus dalam hidup kita. Sehingga ketika kita benar-benar menyerahkan sepenuhnya hidup kita kepada Tuhan, Dia akan bergerak untuk menolong dengan caraNya yang ajaib.

Baca Juga : 5 Pandangan Salah Soal Uang yang Banyak Dipercaya Orang Kristen, Nomor 3 Paling Bahaya!


2. Berhematlah

Saat kamu jadi pengangguran, itu artinya kita diingatkan untuk memperhatikan gaya hidup. Mau gak mau kita harus mengurangi pengeluaran. Pastinya gak mudah untuk menurunkan standar kehidupan kita yang sebelumnya mewah. Tapi selama masa-masa yang belum pasti, tetaplah sesuaikan kondisi keuanganmu dengan kebutuhan yang harus dipenuhi.

3. Pinjamlah jika memungkinkan

Walaupun rasanya memalukan, tapi kalau kamu memang butuh uang untuk memenuhi kebutuhanmu segeralah meminjamkannya dari orang terdekat.

Meminjam karena alasan kebutuhan yang penting akan sah-sah saja. Asalkan, tetap mematuhi perjanjian peminjaman. Bayarlah pinjaman sesuai dengan tenggat waktunya.

Yesus memberi tahu orang-orang yang menginginkan Allah untuk membantu mereka dengan kebutuhan keuangan mereka untuk ‘mencari kerajaan Allah dan kebenaran-Nya’ lebih dulu (Matius 6: 33).

Mencari kerajaan-Nya mencari pengaruh-Nya, mencari kebenaran-Nya berarti bekerja keras untuk melakukan apa yang benar.

4. Jangan berhenti memberi

Memberi disaat sedang butuh uang memang sesuatu yang paling sulit dilakukan. Tapi Tuhan memanggil kita untuk memberi bahkan saat kita hanya punya satu hal yang paling berharga.

Kebenaran ini terbukti lewat kisah nabi Elia saat memberkati seorang janda yang ditulis dalam 1 Raja-raja 17.

Dengan penuh ketaatan, janda itu mematuhi apa yang diperintahkan nabi Elia. Sehingga Tuhan memberkati dia melalui pemberiannya. Dalam hal ini, bukan nilai pemberian kita yang dinilai oleh Tuhan tapi iman yang kita taruhkan kepada-Nya.

5. Aktiflah untuk mencari

Setelah kehilangan pekerjaan, bukan berarti harus menyerah untuk menemukan pekerjaan baru.

Jangan hanya menunggu tanpa melakukan apa-apa. Kalau memang ingin pekerjaan baru, buatlah lamaran baru dan minta Tuhan untuk memberkatimu.

Ingatlah bahwa Tuhan adalah pencipta, karena itu bukan hal yang mustahil untuk Dia membuka pintu pekerjaan baru untukmu. Dia bahkan bisa memberinya khusus untukmu. Beranilah untuk percaya.

“Katamu: jika Engkau dapat? Tidak ada yang mustahil bagi orang yang percaya!" (Markus 9: 23)

6. Mintalah bantuan

Banyak orang yang akan enggan untuk meminta bantuan. Entah itu dari keluarga lain, teman atau pihak lain. Ya, kita semua tahu kalau meminta bantuan apalagi dari keluarga sendiri itu memang sangat tidak menyenangkan. Tapi kadang-kadang kita membutuhkan orang lain. Kita mungkin perlu meminta seseorang yang dekat dengan kita untuk meminjam uang selama krisis yang kita hadapi. Dan pastikan mereka tetap akan mendapat kepercayaan dari kit ajika sudah mendapat pekerjaan atau penghasilan maka bantuan tersebut akan segera dikembalikan.

Dalam hidup, setiap orang pasti akan mengalami musim-musim yang berbeda. Ada masa kita berada di atas dan ada masa kita di bawah. Ada masa berlebih dan masa kekurangan. Tapi tetaplah bertahan dalam situasi apapun yang kita hadapi. Miliki iman seperti janda sarfat yang diberkati Tuhan secara melimpah. Percayalah bahwa Tuhan sanggup memelihara hidupmu bahkan jauh dari yang pernah kamu pikirkan.

“Tetapi kami ingin, supaya kamu masing-masing menunjukkan kesungguhan yang sama untuk menjadikan pengharapanmu suatu milik yang pasti, sampai pada akhirnya, agar kamu jangan menjadi lamban, tetapi menjadi penurut-penurut mereka yang oleh iman dan kesabaran mendapat bagian dalam apa yang dijanjikan Allah.” (Ibrani 6: 11-12)

Sumber : Cbn.com | Jawaban.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Angelika Yenny 20 November 2019 - 20:45:53

Bagaimana kita memperkenalka n adanya aneka pelaya.. more..

0 Answer

Nur Isra 20 November 2019 - 02:46:08

Laporan arus kas Nesreen Co

0 Answer

Inovi Isdiyantoro 18 November 2019 - 21:01:35

Di phk

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 3


7268

Banner Mitra November Week 3