Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Lori Mora

Official Writer
602


Ada masa setiap orang akan berada di posisi masa transisi dan stress berat, entah secara pribadi maupun dalam kerjaan. Dalam hidup, itu adalah sesuatu yang biasa. Saat masa-masa itu membuatmu mulai merasa ragu atau kecewa, saat itulah kita akan mulai mengalami krisis kehidupan.

Krisis ini bisa jadi fase yang paling berat untuk kita lalui. Karena kita berhadapan dengan sesuatu yang gak pasti di depan. Tapi dengan respon yang benar, kita bisa mengatasinya dengan baik.

Bagi yang merasa sedang berada di posisi ini, cari tahulah tanda-tanda krisis hidupmu lewat 12 hal ini:

1. Ngerasa sulit untuk melangkah

Apa kamu merasa kehilangan gairah atau semangat menjalani hari-harimu?

Mungkin kamu adalah sosok yang kreatif dan punya banyak ide pada awalnya, cuma makin ke sini kamu ngerasa kehilangan semuanya.

Hati-hati kalau udah ngalamin ini ya. Jangan biarkan masa-masa ini berlarut. Cari tahu apa penyebabnya lebih dulu lalu cari tahu solusinya.

2. Merasa jalani rutinitas yang mmebosankan

Kamu ngerasa hari-harimu hanya terasa kayak rutinitas? Itu artinya kamu sedang dalam masa krisis.

Kalau kamu ngerasa apa yang kamu kerjakan udah gak lagi menantang, maka carilah tantangan baru, renggangkan otak, cari pengalaman baru, lakukan hal baru dan belajar. Jangan biarkan dirimu tenggelam di tengah jalan buntu.

3. Ngerasa sedih dan sendirian

Apa kamu mendapati dirimu bertanya ke diri sendiri, “Apa sih yang aku lakuin?” Kenapa aku gak bahagia atau gak bisa bersyukur seperti orang lain? Bisa jadi kamu lagi ngalamin krisis paruh baya yang membuatmu mulai bosan sama hal yang biasa-biasa aja.

Solusi yang bisa kamu lakukan untuk keluar dari perasaan membosankan ini adalah dengan bertanya sama dirimu sendiri, “Apa sih yang aku butuhkan?” Dengan itu kita bisa mencari sesuatu yang kita memang ingin lakukan.

4. Ngerasa gak aman dan ragu

Krisis ini adalah waktu dimana kita merasa ragu dan seolah kecewa sama hidup kita yang sekarang. Bertanyalah dan berani menanggapi apa yang kamu alami.

Mulailah dengan menulis setiap keraguanmu dan jawabannya. Berani mencari sebanyak mungkin solusi.

5. Mulai gak disiplin

Kita semua punya schedule setiap harinya. Diantara schedule itu pasti ada jadwal yang harus diprioritaskan. Nah, kalau misalnya kamu adalah tipe orang yang disiplin dan mematuhi schedule, maka di masa-masa krisis ini kamu malah jadi sosok yang berbeda.

Solusi paling tepat yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini adalah dengan kembali fokus ke daftar proritasmu. Jangan biarkan kebiasaan buruk ini malah mengacaukan sesuatu yang udah baik.

Baca Juga:

Volunteer Gerejamu Ajukan Resign? Begini Cara Tepat Hargai Keputusannya

5 Pandangan Salah Soal Uang yang Banyak Dipercaya Orang Kristen, Nomor 3 Paling Bahaya!

6. Kamu mulai berubah

Bisa jadi kamu yang awalnya ceria berubah jadi pendiam dan pemurung. Biasanya seseorang yang mengalami ini sedang menghadapi sesuatu dalam dirinya. Dan perubahan ini bahkan bukan hanya kamu saja yang menyadarinya, tapi juga orang lain.

Jadi, perhatikanlah pola perilakumu dan kenali fase yang kamu sedang hadapi. Lalu ambil tindakan untuk mengeluarkan dirimu keterpurukan yang kamu sedang hadapi.

7. Gak bisa fokus kerja atau ngelakuin apa-apa

Satulah satu tanda kamu sedang dalam krisis adalah sulit untuk melakukan pekerjaan dengan fokus atau bahkan menyelesaikannya dengan baik. Perasaan ini biasanya akan diikuti dengan rasa malas, lelah dan gak bergairah.

Kalau kamu sadar sedang dalam masa ini, jangan sungkan untuk membaginya ke rekan sekitar atau juga keluarga terdekatmu. Hal ini bisa membuat beban pikiranmu jauh lebih ringan.

8. Kehilangan tujuan hidup

Kau tahu kamu sedang berada dalam krisis saat kamu kehilagan tujuan hidup. Kamu mungkin ngerasa seperti terjebak di tengah pekerjaan yang kamu gak suka atau gak membuatmu merasa puas.

Ada pikiran-pikiran sekelibat yang mendorongmu untuk resign dan pergi ke suatu tempat yang kamu inginkan.

Solusi untuk mengatasinya adalah meluangkan waktu untuk kembali mendefinisikan dan mengevaluasi lagi tujuan hidupmu. Kadang kala tujuan yang kita buat di masa muda kita bisa berubah seiring bertambahnya usia dan itu pasti akan dialami hampir semua orang.

9. Kamu ngerasagak berguna  

Ada masa waktu kamu mulai membandingkan hasil kerjamu dengan rekan-rekan yang lain. Kamu merasa kurang produktif dibanding mereka dan bahkan mungkin merasa kurang dihargai atas hasil kerjamu.

Saat sedang mengalami fase ini, jangan biarkan dirimu semakin dikonsumsi oleh pikiran-pikiran buruk ini. Kamu butuh orang-orang positif untuk mendukungmu bangkit lagi. Tapi kalau kamu gak punya orang-orang seperti ini, cobalah untuk mencari komunitas yang tepat di luar.

10. Ngerasa kehabisan tenaga

Perubahan itu konstan dan membantu kita untuk bertumbuh. Krisis Tapi di tengah pertumbuhan ini, kamu justru bisa diperhadapkan sama masa-masa sulit yang gak bisa kamu pahami.

Karena itu, cobalah untuk mengevaluasi kembali pola kerja dan cara hidupmu. Bisa saja tanpa sadar strategi yang salahlah yang membuat tenagamu habis dan mulai merasa kelelahan.

11. Cemas berlebihan

Kecemasan adalah indikator besar kamu mengalami masa krisis. Kalau kamu merasa cemas sampai pada titik dimana hal itu secara negatif mempengaruhi kedamaian hatimu, inilah waktunya untuk mengalui masalah yang kamu alami.

Cari tahu akarnya, lalu buat rencana ke depan supaya perasaan itu gak berkuasa atas dirimu.

12. Bingung dan merasa stagnan

Kamu ngerasa yang mengalami progress yang berarti atas pekerjaan dan karirmu? Hal ini berimbas pada kondisi spiritual, emosi, mental dan fisikmu?

Orang-orang sukses pernah berada di posisi ini.

Jadi, ambillah waktu untuk kembali mengisi bahan bakarnya yaitu semangat yang tanpa sadar sudah menghilang. Berinovasilah dengan dirimu sendiri dan temukan ide-ide baru yang akan mendorong minatmu untuk mengejar sesuatu yang baru. Jangan sia-siakan potensi yang ada di dalam dirimu.

Kalau kamu sedang ada dalam salah satu atau beberapa posisi di atas, jangan biarkan berlarut-larut. Berhentilah sebelum semakin tersesat. Bila perlu, beristirahatlah dan lakukan hal-hal yang kamu sukai sepuasnya. 

Sumber : Forbes.com

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

yeni farida 12 November 2019 - 18:02:54

Apa bisa bantu saya

1 Answer

Farhan nuzul 11 November 2019 - 21:37:46

Pada percobaan tersebut digunakan 2 tanaman yang t.. more..

0 Answer

Medina Simbolon 11 November 2019 - 14:18:02

Jln keluar. Sudah 1 thn saya menderita miom sudah .. more..

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7273

Banner Mitra November Week 2