Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
414


Jika kamu ingin membangun pernikahan yang harmonis dan memberkati banyak orang maka kamu harus saling menghargai terlebih dahulu.  Kamu harus bisa melihat dirimu sendiri dan pasangan kamu sebagai tim dan harus bisa menjadi orang yang mampu bertenggang rasa, jujur dan penuh kasih sayang.

Akan tetapi tidak satupun orang yang sempurna, dan kamu harus bersedia minta maag dengan tulus jika kamu punya salah. Jika pasangan dan kamu berusaha, maka kalian berdua sangat bisa memiliki hubungan yang bahagia dan saling menghargai loh.

Nah, untuk memelihara keharmonisan itu, inilah beberapa cara yang bisa kamu lakukan :

1. Mulailah untuk nggak berkata kasar dalam situasi apapun

Kebiasaan berkata kasar mungkin datang dari latar belakang pribadi dan lingkungan masing-masing. Namun sebaiknya kalian berkomitmen sejak awal untuk saling tidak melontarkan kata-kata kasar sebagai bahasa harian, terlebih jika sedang bertengkar. Kebiasaan suka berkata kasar ini akan semakin sulit dihilangkan jika hubungan kalian sudah berjalan lama. Jangan sampai sifat itu kamu pelihara sampai kamu punya anak nanti ya!

Lagian kan kamu anak Tuhan, tentu sudah belajar banyak tentang bagaimana kasih itu lemah lembut kan? Tentang hormat dan kesabaran.

2. Hindari memanggil pasangan kamu dengan panggilan yang nggak pantas.

Yang namanya sayang, mau dipanggil apa saja kadang tidak masalah. Mungkin kamu sudah sering lihat in di sosial media baik itu selebgram, vlogger, dan lain sebagainya, yang dimana mereka gemar sekali mempertontonkan pacaran mereka atau pernikahan mereka dengan panggilan yang nggak sopan cuma mereka anggap sayang.

Misalnya panggilan binatang, dan kata kotor.

Bayangkan jikalau hal itu di dengar anak-anakmu kelak, bisa jadi mereka akan memanggilmu dengan nama yang serupa. Selain itu, pernikahan yang dibangun dengan gaya seperti ini akan menjadi batu sandungan. Orang-orang tak begitu respect lagi sama kamu atau pasangan. Apalagi ini negara Indonesia.

Loh, gimana mau jadi berkat kalau begini?

3. Saling menghormati itu nggak mesti kaku, cukup saling mendengarkan dan memahami satu sama lain ya.

Konsep saling menghormati dalam suatu hubungan sebenarnya sederhana kok. Kamu hanya perlu merelakan waktumu untuk mendengarkan dan belajar memahami keinginan pasanganmu. Kalau nyatanya keinginan itu bertolak belakang dengan hati nurani, carilah jalan keluarnya bersama-sama. Tentunya dengan alasan yang realistis dong. Tapi nggak ada salahnya kok kamu mengalah asalkan masih dalam batas wajar.

Kasih itu kan saling mendukung, memaafkan bukan malah saling egois apalagi menghancurkan satu sama lain.

Kalian bukan saingan atau musuh tapi kalian adalah sahabat yang seharusnya mencari jalan keluar bersama.

4. Terbuka satu sama lain, namun tetap menjaga privasi satu sama lain

Kalian sudah bukan orang lain lagi, tapi kalian adalah dua menjadi satu, jadi jangan saling rahasia-rahasiaan lah. Itu nggak baik baik pernikahan kalian lho, guys!

Tapi kalau pasangan kamu lagi nggak pengen cerita, jangan dipaksa ya. Doaikan saja, karena kadang ada sesuatu yang belum saatnya dibicarakan oleh dia. Berdoa saja, biar Tuhan yang berurusan dengan dia secara pribadi.

5. Kalau pengen hubungan sampai kakek nenek, coba deh hargai apapun itu dari pasangan kamu, bahkan sekecil apapun itu

Kalau kamu mengimpikan hubungan yang bertahan lama, kamu juga harus bersedia menerima kekurangan pasangan. Biar nggak jadi beban, yuk mulai sekarang hargai sekecil apapun usaha maupun hal yang ada dalam diri pasanganmu sebagaimana kamu ingin dihargai oleh si dia. Ketika sudah saling menghargai, kamu serta merta meminimalisir pertengkaran dalam hubungan lho.

6. Hormati juga keluarga dari pasangan kamu, kan mereka sudah menjadi keluargamu juga

Pernikahan bukan menyatukan kamu dan dia juga, tapi keluargamu dan keluarganya. Jadi, keluargamu adalah keluarganya dan begitu juga sebaliknya.

So, hormati ya keluarganya dan perlakukan sebagai keluarga kandung kamu. Jalin silaturahmi yang baik supaya tetap jadi mantu yang membawa berkat bagi mereka.

7. Jangan pelit memberikan pujian sama pasangan kamu.

Ketika dia mengalami kesulitan, dan membutuhkan motivasi, disinilah tugas kamu untuk semangati dia dengan kata-kata yang positif. Hibur hatinya dengan candaan dan pujian yang tulus. Tapi ketika hubungan kalian sedang baik-baik saja, minimal berikan ungkapan sayang sekali sehari ya, biar makin adem.

Sebagai istri atau suami, hal yang paling penting adalah jangan lupa untuk berdoa kepada pasangan kamu ya. Tetap bawa dia ke dalam doa kamu, apapun itu kondisinya, meksipun dia tampak menyebalkan dan lain sebagainya.

Jadi, itulah 7 hal yang bisa kamu lakukan supaya pernikahan kamu tetap baik-baik saja dan harmonis sampai kakek nenek serta memberkati banyak jiwa diluaran sana. Tetap berjuang, jangan sampai bercerai!

 

 

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Baby Medellu 17 November 2019 - 21:45:56

Sejarah kejatuhannya bangsa israel

0 Answer

Serly Setiawan 17 November 2019 - 13:17:28

selamat siang

0 Answer

Tonny 17 November 2019 - 00:19:03

Anak muda

0 Answer


surya 10 November 2019 - 18:37:53
Hi teman teman JC, nama saya surya, saya mengalami... more..

marisca benedicta 9 November 2019 - 10:23:48
tolong bantu doa, agar saya terlepas dri jeratan h... more..

Joice Merry 6 November 2019 - 13:22:01
Mohon topangan doa agar Supaya tidak khawatir akan... more..

Aneke Ane 5 November 2019 - 05:23:34
Saya ane. Saat ini saya merasa berada dititik ter... more..

Banner Mitra November Week 2


7269

Banner Mitra November Week 2