Silahkan login terlebih dahulu sebelum
memasukkan pertanyaan Anda.

Register Login

Naomii Simbolon

Official Writer
377


Mengelola keuangan adalah sebuah kemampuan yang harus dimiliki oleh setiap orang. Mampu atau nggaknya seseorang dalam mengelola keuangan akan mempengaruhi kesejahteraan hidup mereka, baik di kehidupan sekarang bahkan di masa depan, baik buat kehidupan mereka secara pribadi juga anak-anak mereka.

Kan, jaman semakin berkembang dan secara otomatis kita di dorong untuk memiliki keuangan yang tidak lagi dibawah rata-rata melainkan memiliki kemampuan mengelola keuangan yang bisa menyeimbangi jaman. Bayangkan jika jaman semakin maju sementara kita sama sekali tidak bisa mengatur keuangan dan mempersiapkan tabungan atau investasi di masa depan, maka yang terjadi masa depan bisa berantakan. 

Kita hanya akan memperbanyak hutang demi mempertahankan gaya hidup. Kan sebagai orang Kristen, hal ini harusnya tidak terjadi kepada kita. Tuhan sudah memberikan kita ide dan pikiran yang kreatif untuk bisa mengatur keuangan dengan baik.

Lantas, gimana sih caranya mengelola dan meningkatkan keuangan?

1. Buatlah rencana pengeluaran

Ini bukanlah hal sepele yang selalu diabaikan. Kita harus benar-benar taat terhadap hal ini.

Biasanya, kita akan mengeluarkan 2/3 dari gaji atau pendapatan kita untuk pengeluaran, seperti makanan, rumah dan transportasi.

Selain itu, biasanya kita juga akan mengalokasikan uang untuk membayar hutang, cicilan dan tabungan.

Agar kondisi keuangan kita bisa meningkat, maka bikinlah rencana keuangan kamu secara jelas dan juga tepat. Pastikan setiap pendapatan kamu dibagi untuk hal-hal yang benar-benar penting.

Setelah kamu membuat rencana pengeluaran kamu, maka saatnya untuk berkomitmen untuk itu. Jangan sedikitpun kompromi terhadap pengeluaran yang sudah kamu alokasikan.

2. Jangan langsung berpikir, mau beli apa!

Ketika kita punya uang banyak atau dapat rejeki nomplok seperti bonus dari kantor, maka kita cenderung berpikir untuk membeli sebuah barang atau sesuatu yang sudah lama ingin dibeli tapi belum kesampaian.

Jika itu sesuatu untuk investasi sih nggak apa-apa, tapi jika itu hanya untuk memuaskan keinginan kamu, sebaiknya berpikir lagi deh.

Pikiran semacam ini jika di peliharan hanya akan membuat pengelolaan keuangan kamu menjadi berantakan alias tidak sehat.

Bukannya salah untuk membeli sesuatu yang diinginkan, tapi coba lihat sekitarmu, apakah masih ada yang lebih penting dari pada itu?

Misalnya, dari pada kamu mengganti handphone demi trend mending membeli emas sebagai investasi.

3. Seperti yang sudah saya sebutkan di atas, berinvestasilah pada program yang tepat

Ketika saya mengikuti seminar Merry Riana beberapa waktu yang lalu, suami Ashraf Sinclair menceritakan kisah sulitnya hingga bisa berhasil hanya dengan berinvestasi. Ini keren banget, karena bisa mendorong kita untuk melakukan investasi.

Investasi saat ini sudah sangat tren untuk memperbaiki kondisi keuangan. Bahkan ada banyak program yang memudahkan kita untuk ikut berinvestasi tanpa mengeluarkan budget yang tinggi.

Salah satunya adalah investasi property. Mungkin kamu pikir,investasi properti adalah investasi yang cukup sulit untuk dilakukan karena harus mengeluarkan budget yang tinggi.

Selain investasi properti, kamu juga bisa investasi emas atau kuliner. Tidak harus membuat restoran sendiri, tapi mulailah dengan kerjasama, dan menanamkan modal di usaha orang lain. Lumayan kan persenannya. Untungnya bisa kamu pakai untuk menutupi hutang.

4. Jangan pernah menghindari hutang

Sebagai orang Kristen sekalipun, nggak bisa dipungkiri kalau kita pun kadang-kadang berhutang. Jika kamu sudah terlanjur punya hutang, maka berusahalah untuk melunasi hutang-hutang tersebut. Karena akibatnya bisa buruk kalau melulu tidak dibayar, bahkan akan mempengaruhi kehormatan kita dan hidup kita sebagai orang Kristen.

Usahakan untuk bayar hutang dulu sebelum melakukan investasi  atau pembelian barang-barang yang nggak penting ya.

Ketika hutang kamu sudah lunas, maka secara otomatis kondisi keuangan kamu juga akan meningkat jadi lebih baik.

5. Mulai bisnis sendiri

Untuk meningkatkan keuangan kamu, maka kamu harus berani membuka sebuah hal baru seperti membangun usaha sendiri. Saya nggak suruh kamu untuk pindah dari pekerjaanmu sekarang ya.

Tapi mulailah berpikir untuk membangun usaha sendiri dan jalankan.

Pelan-pelan tapi pasti, daripada tidak sama sekali? Entah itu bisnis kuliner, bisnis startup atau jualan online dan lain sebagainya , yang penting sesuai dengan minat kamu. Mungkin awalnya tidak begitu menguntungkan, tapi dengan kegigihan pasti akan berhasil. Mulai saja dulu ya.

Jadi, itulah 5 hal yang bisa kamu lakukan untuk membuat keuangan kamu jauh lebih baik.

Sumber : berbagai sumber

Share this article :

Setiap Persoalan selalu ada Harapan dan Jawaban. Hubungi kami sekarang !

Wiadnyana Legawa 20 September 2019 - 06:51:50

Tuhan penolongku

0 Answer

Nur Ramadhani 18 September 2019 - 19:28:33

Tuliskan apa saja yg ada didalam diri anda?

0 Answer

Wang barry 18 September 2019 - 18:09:25

Bagaimana ketika kita menyerahkan persoalan kepada.. more..

0 Answer


Merry Sine 28 August 2019 - 14:42:33
Salom sahabat.. peekenalkan saya merry

The Kicker Ellex 26 August 2019 - 18:40:31
Salam sejahtera para sahabat... Perkenalkan, nama ... more..

Suhidi Yosua 2 August 2019 - 00:01:16
Shalom, Nama saya Suhidi Yosua, 30thn. Saya butuh ... more..

andrew 1 August 2019 - 02:12:17
saya Andrew 21thn saya mau meminta suport dan duku... more..

Banner Mitra September week 3


7275

advertise with us